Dinkes Kota Tegal Periksa Gizi Anemia Remaja Putri

TEGAL- Dalam rangka penanggulangan anemia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia kepada remaja putri kelas XII SMA/SMK di Kota Tegal, Selasa (18/7) di Ruang Kelas SMA N 1 Tegal.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Dr. Suharjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Wiwin. A mengatakan masih ada remaja putri yang terkena anemia  di Kota Tegal. Berdasarkan data pemantauan anemia pada remaja putri atau siswi SMA/SMK/MAN di 8 sekolah se Kota Tegal tahun 2016 sebesar 56%, sedangkan anemia pada remaja putri di Indonesia masih tinggi yaitu 22,7%.

“Tahun lalu masih banyak ditemukan kasus anemia yaitu kurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah”, kata Wiwin.

Menurut Wiwin, akibat anemia pada remaja putri dapat menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal, menurunkan kemampuan fisik dan mengakibatkan muka pucat.

Untuk itu, Imbuh Wiwin, Dinkes Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia remaja putri yang bertujuan untuk menurunkan anemia sejak dini.”Remaja putri dianggap lebih banyak berisiko. Selain itu, putri akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan sehingga pemeriksaan diprioritaskan kepada remaja putri”, imbun Dia.

Pemeriksaan gizi anemia meliputi pengukuran lila (lingkar lengan atas), berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan hemoglobin. Secara laboratorium, anak dikatan terkena anemia yaitu apabila setelah dilakukan tes Hb jumlahnya dibawah 12 mm Hg.

Kemudian, secara fisik yaitu lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L), sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang dan gejala lebih lanjut adalah kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat.

Setelah dilakukan pemerikaan dan mengetahui hasilnya, Kata Wiwin, Dinkes Kota Tegal juga memberikan nutrisi kepada anak yang positif anemia. “Pemberian nutrisi kami lakukan selama tiga bulan dari tanggal 8 Agustus sampai dengan 25 Oktober 2017 yang akan diberikan seminggu dua kali yaitu hari Selasa dan Rabu dengan memberikan telur, susu, buah dan pemberian suplemen tablet tambah darah,” ungkapnya.

Wiwin berharap, dengan adanya penanggunalangan anemia sejak dini, di tahun 2017 kasus anemia pada remaja putri bisa berkurang.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Orang Cerdas Dan Pintar Adalah Penyuka Budaya Literasi.
Berita 28 Dec, 2017

Orang Cerdas Dan Pintar Adalah Penyuka Budaya Literasi.

Tegal – Penyerahan atau hibah buku perpustakaan tahun anggaran 2017 kepada lembaga pemasyarakatan kelas II-B Kota Tegal beserta taman-taman bacaan…

Hasil Kejuaraan Pencak Silat dalam POPDA Kota Tegal
Berita 28 Feb, 2017

Hasil Kejuaraan Pencak Silat dalam POPDA Kota Tegal

TEGAL – Cabang olahraga Pencak Silat dalam Popda tingkat Kota Tegal adalah cabang olahraga yang menyediakan kelas yang paling banyak,…

Siswa TK Hangtuah 16 Tegal Kunjungi Daerah Banjir Kota Tegal.
Berita 16 Feb, 2018

Siswa TK Hangtuah 16 Tegal Kunjungi Daerah Banjir Kota Tegal.

TEGAL-Bertempat di Pos Komando (Posko) Dapur Umum RT 03 RW II Kelurahan Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal, ketua Yayasan Hangtuah…

Aplikasi “Smart City Tegal” Harum di Tingkat Nasional
Berita 08 Aug, 2018

Aplikasi “Smart City Tegal” Harum di Tingkat Nasional

TEGAL - Mahasiswa program studi (prodi) DIV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali raih prestasi di tingkat nasional.…

Peringati Hari Guru, TBM Sakila Kerti Nobatkan Kang Nur Sebagai Guru Sabar
Berita 27 Nov, 2017

Peringati Hari Guru, TBM Sakila Kerti Nobatkan Kang Nur Sebagai Guru Sabar

TEGAL- Peringatan Hari Guru tahun 2017 di Kota Tegal berlangsung unik. Selain upacara bendera peringatan hari guru yang diadakan Pemerintah…

Pengantin Baru Akan Mendapatkan Kartu Nikah
Berita 12 Nov, 2018

Pengantin Baru Akan Mendapatkan Kartu Nikah

TEGAL – Kemenag secara resmi meluncurkan Kartu Nikah pada Kamis, 8 November 2018 lalu. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota…

Most from this category