Dinkes Kota Tegal Periksa Gizi Anemia Remaja Putri

TEGAL- Dalam rangka penanggulangan anemia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia kepada remaja putri kelas XII SMA/SMK di Kota Tegal, Selasa (18/7) di Ruang Kelas SMA N 1 Tegal.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Dr. Suharjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Wiwin. A mengatakan masih ada remaja putri yang terkena anemia  di Kota Tegal. Berdasarkan data pemantauan anemia pada remaja putri atau siswi SMA/SMK/MAN di 8 sekolah se Kota Tegal tahun 2016 sebesar 56%, sedangkan anemia pada remaja putri di Indonesia masih tinggi yaitu 22,7%.

“Tahun lalu masih banyak ditemukan kasus anemia yaitu kurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah”, kata Wiwin.

Menurut Wiwin, akibat anemia pada remaja putri dapat menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal, menurunkan kemampuan fisik dan mengakibatkan muka pucat.

Untuk itu, Imbuh Wiwin, Dinkes Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia remaja putri yang bertujuan untuk menurunkan anemia sejak dini.”Remaja putri dianggap lebih banyak berisiko. Selain itu, putri akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan sehingga pemeriksaan diprioritaskan kepada remaja putri”, imbun Dia.

Pemeriksaan gizi anemia meliputi pengukuran lila (lingkar lengan atas), berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan hemoglobin. Secara laboratorium, anak dikatan terkena anemia yaitu apabila setelah dilakukan tes Hb jumlahnya dibawah 12 mm Hg.

Kemudian, secara fisik yaitu lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L), sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang dan gejala lebih lanjut adalah kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat.

Setelah dilakukan pemerikaan dan mengetahui hasilnya, Kata Wiwin, Dinkes Kota Tegal juga memberikan nutrisi kepada anak yang positif anemia. “Pemberian nutrisi kami lakukan selama tiga bulan dari tanggal 8 Agustus sampai dengan 25 Oktober 2017 yang akan diberikan seminggu dua kali yaitu hari Selasa dan Rabu dengan memberikan telur, susu, buah dan pemberian suplemen tablet tambah darah,” ungkapnya.

Wiwin berharap, dengan adanya penanggunalangan anemia sejak dini, di tahun 2017 kasus anemia pada remaja putri bisa berkurang.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Endang Kristanti Beruntung Mendapatkan Kambing dari Plt. Wali Kota Tegal
Berita 20 Aug, 2018

Endang Kristanti Beruntung Mendapatkan Kambing dari Plt. Wali Kota Tegal

TEGAL – Pemberian kambing oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Tegal H.M Nursoleh kepada salah seorang peserta Jalan Sehat dalam rangka…

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA
Berita 25 Feb, 2018

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA

TEGAL - Penyelenggaraan Musyawarah Daerah (MUSDA) Dewan Kesenian Kota Tegal pada Minggu (25/2) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota…

PLN Mengajar di SD Negeri Keraton 03 Tegal
Berita 07 Jun, 2018

PLN Mengajar di SD Negeri Keraton 03 Tegal

TEGAL - Dalam rangka membantu peningkatan pendidikan dan partisipasi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa serta menumbuhkan minat dan kepedulian kepada masyarakat,…

PJS. Wali Kota Buka Puasa Bersama Penghuni Lapas Tegal
Berita 23 May, 2018

PJS. Wali Kota Buka Puasa Bersama Penghuni Lapas Tegal

Pejabat Sementara Wali Kota Tegal, Achmad Rofai beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tegal mengadakan buka puasa bersama dengan warga…

Cahyo Dituntut 2 Tahun Penjara
Berita 10 Jan, 2018

Cahyo Dituntut 2 Tahun Penjara

SEMARANG-Jaksa menuntut Cahyo Supardi dengan pidana selama 2 tahun dikurangi masa tahanan, dan denda sebesar 50 juta rupiah, serta subsider…

KPU Kota Tegal Sosialisasi Kampanye
Berita 08 Feb, 2018

KPU Kota Tegal Sosialisasi Kampanye

TEGAL - Sebentar lagi tahapan kampanye Pilwalkot Tegal Tahun 2018 akan dimulai. Kampanye akan dimulai setelah adanya penetapan Pasangan Calon…

Most from this category