Dinkes Kota Tegal Periksa Gizi Anemia Remaja Putri

TEGAL- Dalam rangka penanggulangan anemia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia kepada remaja putri kelas XII SMA/SMK di Kota Tegal, Selasa (18/7) di Ruang Kelas SMA N 1 Tegal.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Dr. Suharjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Wiwin. A mengatakan masih ada remaja putri yang terkena anemia  di Kota Tegal. Berdasarkan data pemantauan anemia pada remaja putri atau siswi SMA/SMK/MAN di 8 sekolah se Kota Tegal tahun 2016 sebesar 56%, sedangkan anemia pada remaja putri di Indonesia masih tinggi yaitu 22,7%.

“Tahun lalu masih banyak ditemukan kasus anemia yaitu kurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah”, kata Wiwin.

Menurut Wiwin, akibat anemia pada remaja putri dapat menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal, menurunkan kemampuan fisik dan mengakibatkan muka pucat.

Untuk itu, Imbuh Wiwin, Dinkes Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia remaja putri yang bertujuan untuk menurunkan anemia sejak dini.”Remaja putri dianggap lebih banyak berisiko. Selain itu, putri akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan sehingga pemeriksaan diprioritaskan kepada remaja putri”, imbun Dia.

Pemeriksaan gizi anemia meliputi pengukuran lila (lingkar lengan atas), berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan hemoglobin. Secara laboratorium, anak dikatan terkena anemia yaitu apabila setelah dilakukan tes Hb jumlahnya dibawah 12 mm Hg.

Kemudian, secara fisik yaitu lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L), sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang dan gejala lebih lanjut adalah kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat.

Setelah dilakukan pemerikaan dan mengetahui hasilnya, Kata Wiwin, Dinkes Kota Tegal juga memberikan nutrisi kepada anak yang positif anemia. “Pemberian nutrisi kami lakukan selama tiga bulan dari tanggal 8 Agustus sampai dengan 25 Oktober 2017 yang akan diberikan seminggu dua kali yaitu hari Selasa dan Rabu dengan memberikan telur, susu, buah dan pemberian suplemen tablet tambah darah,” ungkapnya.

Wiwin berharap, dengan adanya penanggunalangan anemia sejak dini, di tahun 2017 kasus anemia pada remaja putri bisa berkurang.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Pemkot Replikasi E-SAKIP dari Kota Bandung
Berita 10 Dec, 2017

Pemkot Replikasi E-SAKIP dari Kota Bandung

Pemerintah Kota Tegal mereplipkasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara Elektronik (E-SAKIP) dari Pemerintah Kota Bandung, “ini merupakan hasil dari…

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu  Pengendara Motor Tewas Terlindas
Berita 16 Jan, 2018

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu Pengendara Motor Tewas Terlindas

TEGAL - Pengendara motor tewas terlindas Bus Pariwisata  di Jalan Jalingkut, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Selasa (16/01) sekitar pukul…

Walikota Resmikan Pondok pesantren Daarur Rohmah
Berita 14 May, 2017

Walikota Resmikan Pondok pesantren Daarur Rohmah

Tegal – Pelaksanaan Khotmil Qur’an dan Wisuda TPQ Hidayatul Athfal kali ini benar benar berbeda, pasalnya acara kali ini dihadiri…

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek
Berita 15 Jul, 2017

Hadir di Tegal, Ini Layanan Yang Diberikan Gojek

TEGAL-Vice President PT. Go-Jek Indonesia Dayu Dara Permata mengungkapkan ada 16 layanan yang diberikan Gojek kepada pengguna. Layanan tersebut antara…

Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon
Berita 06 Dec, 2017

Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon

TEGAL –Pagi itu, Rabu (6/12) bertempat di Ladur Martoloyo Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf…

Plt. Wali Kota Jenguk Penderita Kanker
Berita 07 Jan, 2018

Plt. Wali Kota Jenguk Penderita Kanker

Plt. Wali Kota Tegal M. Nursholeh menjenguk Kanah (54), warga jalan Batam, RT 06 RW 13, kelurahan panggung yang hanya…

Most from this category