Dinkes Kota Tegal Periksa Gizi Anemia Remaja Putri

TEGAL- Dalam rangka penanggulangan anemia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia kepada remaja putri kelas XII SMA/SMK di Kota Tegal, Selasa (18/7) di Ruang Kelas SMA N 1 Tegal.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Dr. Suharjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Wiwin. A mengatakan masih ada remaja putri yang terkena anemia  di Kota Tegal. Berdasarkan data pemantauan anemia pada remaja putri atau siswi SMA/SMK/MAN di 8 sekolah se Kota Tegal tahun 2016 sebesar 56%, sedangkan anemia pada remaja putri di Indonesia masih tinggi yaitu 22,7%.

“Tahun lalu masih banyak ditemukan kasus anemia yaitu kurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah”, kata Wiwin.

Menurut Wiwin, akibat anemia pada remaja putri dapat menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal, menurunkan kemampuan fisik dan mengakibatkan muka pucat.

Untuk itu, Imbuh Wiwin, Dinkes Kota Tegal melakukan pemeriksaan gizi anemia remaja putri yang bertujuan untuk menurunkan anemia sejak dini.”Remaja putri dianggap lebih banyak berisiko. Selain itu, putri akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan sehingga pemeriksaan diprioritaskan kepada remaja putri”, imbun Dia.

Pemeriksaan gizi anemia meliputi pengukuran lila (lingkar lengan atas), berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan hemoglobin. Secara laboratorium, anak dikatan terkena anemia yaitu apabila setelah dilakukan tes Hb jumlahnya dibawah 12 mm Hg.

Kemudian, secara fisik yaitu lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L), sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang dan gejala lebih lanjut adalah kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat.

Setelah dilakukan pemerikaan dan mengetahui hasilnya, Kata Wiwin, Dinkes Kota Tegal juga memberikan nutrisi kepada anak yang positif anemia. “Pemberian nutrisi kami lakukan selama tiga bulan dari tanggal 8 Agustus sampai dengan 25 Oktober 2017 yang akan diberikan seminggu dua kali yaitu hari Selasa dan Rabu dengan memberikan telur, susu, buah dan pemberian suplemen tablet tambah darah,” ungkapnya.

Wiwin berharap, dengan adanya penanggunalangan anemia sejak dini, di tahun 2017 kasus anemia pada remaja putri bisa berkurang.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Walikota Terima Hasil Raker Konsorsium SMP MTS Swasta
Berita 04 Apr, 2017

Walikota Terima Hasil Raker Konsorsium SMP MTS Swasta

Tegal – Ucapan terima kasih dan Apresiasi disampaikan oleh Pemerintah Kota Tegal kepada segenap pengurus yayasan pendidikan, kepala sekolah, guru…

Nostalgia bersama Lagu-lagu Karya Koes Plus
Berita 13 May, 2017

Nostalgia bersama Lagu-lagu Karya Koes Plus

TEGAL – ‘’bukan lautan hanya kolam susu, kail dan jalan cukup menghidupimu, tiada badai tiada topan kau temui, ikan dan…

Pjs. Wali Kota Achmad Rofai Ajak Seluruh Komponen Ramaikan Hari Jadi Kota Tegal ke 438
Berita 03 Apr, 2018

Pjs. Wali Kota Achmad Rofai Ajak Seluruh Komponen Ramaikan Hari Jadi Kota Tegal ke 438

TEGAL-Berbagai agenda telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi Kota Tegal ke 438 Tahun 2018.…

Pemkot akan Siapkan  Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko
Berita 06 Dec, 2017

Pemkot akan Siapkan Tim Pengkaji Sengketa Tanah Senko

Plt. Walikota, M. Nursholeh siap memback Up Warga di wilayah RT 7 dan RT 8 RW 3 Kelurahan Panggung, Kecamatan…

Dinas Pendidikan Kota Tegal Jamin Tak Ada Bocoran UNBK
Berita 23 Apr, 2018

Dinas Pendidikan Kota Tegal Jamin Tak Ada Bocoran UNBK

TEGAL-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dr. Johardi memastikan tidak ada bocoran soal-soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada…

ASN Dilarang Terlibat Politik Praktis
Berita 28 Nov, 2017

ASN Dilarang Terlibat Politik Praktis

TEGAL- Asisten Deputi Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin SDM Aparatur KemenPAN-RB Bambang D Sumarsono memberikan pembekalan peraturan kepada Pegawai Negeri…

Most from this category