PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara

TEGAL-Sebanyak 60 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal dilepas oleh Walikota Tegal yang diwakili Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR (Palang Merah Remaja) dan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Senin (17/7) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmojo menjelaskan bahwa kontingen tersebut akan mengikuti jumbara yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati , Sabtu 22/07 sampai dengan Kamis 27/07.

“Jumbara merupakan suatu bentuk kegiatan pembinaan sebagai ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilandalam suasana gembina, bersahabat dan partisipatif sesuai siklum manajemen PMR”, papar Joko.

Wali Kota Tegal KMTT. Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutan yang disampaikan Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan jumpa bhakti gembira atau akrab disebut jumbara adalah media bertemunya PMR tingkat kota/kabupaten.

“Tentu ada banyak manfaat yang akan didapat di sana. Karena dievent ini tidak hanya bertemu PMR antar kota, tetapi juga banyak pengetahuan dan pelatihan yang akan dilangsungkan. Sehingga kader-kader PMR akan lebih matang dalam melaksanakan tugas-tugasnya”, ungkap Wali Kota.

Kepada  kontingen Jumbara 2017, Wali Kota berpesan, peserta kontingen adalah orang-orang pilihan yang diberi kesempatan membaktikan diri untuk misi-misi kemanusiaan. “Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Agar nilai manfaat menjadi tinggi, dan nilai kebaikan di mata Tuhan menjadi tinggi pula”, ungkap Wali Kota.

Bagi kontingen relawan PMI yang mengikuti temu karya, Wali Kota juga berpesan agar ikutilah seluruh rangkaian acara temu karya dengan baik. Karena di dalam temu karya pada umumnya akan dihasilkan berbagai konsensus, kesepakatan dan berbagai peraturan terkait operasionalisasi organisasi.

“Dan jika dalam temu karya ada agenda pemilihan ketua baru, maka pilihlah yang terbaik dari yang terbaik. Karena organisasi kemanusiaan harus dipimpin oleh yang terbaik dan tidak memiliki kepentingan apapun selain pengabdian kepada masyarakat”, pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Kontingen PMI Kota Tegal tersebut terdiri dari PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Pembina PMR, KSR, TSR (Tenaga Suka Rela), Pendonor Darah Sukarela (DDS), Tim Pendukung dan Pengurus PMI.

Kontingen tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan meliputi travelling kepalangmerahan, cerdas tangkas, kreasi remaja, pemanfaatan limbah lingkungan, penyuluhan kebesihan dan kesehatan, kesiapsiagaan bencana, bakti sosial, outbond, duta PMR, jurnalistik dan life skills.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

300 unit Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) siap di Rehab
Berita 09 Dec, 2016

300 unit Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) siap di Rehab

Tegal – Bertempat di Pendopo Kelurahan Slerok, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno didampngi Asissten 1 Setda Kota Tegal,…

Berita 04 May, 2018

HMI Cabang Tegal Adakan Pelantikan Bersama

TEGAL - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tegal mengelar pelantikan bersama Badan Pengelola Latihan (BPL) dan Komisariat (Bung Hatta, Halmahera,…

Kapolres Sambangi Makodim Tegal
Berita 27 Oct, 2017

Kapolres Sambangi Makodim Tegal

TEGAL-Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos yang diwalili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Sugihartono menerima kunjungan Kapolres Tegal Kota,…

Pembuatan AK I Meningkat
Berita 07 Jul, 2017

Pembuatan AK I Meningkat

TEGAL-Pasca hari raya idul fitri 1438 H, aktifitas pembuatan kartu pencari kerja atau AK I di Dinas Tenaga Kerja dan…

Warga Binaan Lapas IIB Tegal Dites HIV/AIDS
Berita 02 Nov, 2017

Warga Binaan Lapas IIB Tegal Dites HIV/AIDS

TEGAL- Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Tegal mengikuti tes Human Immunodeficiency Virus - Acquired Immune Deficiency Syndrome…

Selamatkan Generasi Muda Kota Tegal dari Narkoba
Berita 11 May, 2017

Selamatkan Generasi Muda Kota Tegal dari Narkoba

Tegal – “Anak-anak harus hati-hati, karena mulanya dari coba-coba, di kasih gratis sampai ketergantungan, sehingga saat kita tidak bisa berfikir…

Most from this category

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 12 Jun, 2018

.

Epaper 11 Jun, 2018

.