PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara

TEGAL-Sebanyak 60 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal dilepas oleh Walikota Tegal yang diwakili Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR (Palang Merah Remaja) dan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Senin (17/7) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmojo menjelaskan bahwa kontingen tersebut akan mengikuti jumbara yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati , Sabtu 22/07 sampai dengan Kamis 27/07.

“Jumbara merupakan suatu bentuk kegiatan pembinaan sebagai ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilandalam suasana gembina, bersahabat dan partisipatif sesuai siklum manajemen PMR”, papar Joko.

Wali Kota Tegal KMTT. Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutan yang disampaikan Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan jumpa bhakti gembira atau akrab disebut jumbara adalah media bertemunya PMR tingkat kota/kabupaten.

“Tentu ada banyak manfaat yang akan didapat di sana. Karena dievent ini tidak hanya bertemu PMR antar kota, tetapi juga banyak pengetahuan dan pelatihan yang akan dilangsungkan. Sehingga kader-kader PMR akan lebih matang dalam melaksanakan tugas-tugasnya”, ungkap Wali Kota.

Kepada  kontingen Jumbara 2017, Wali Kota berpesan, peserta kontingen adalah orang-orang pilihan yang diberi kesempatan membaktikan diri untuk misi-misi kemanusiaan. “Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Agar nilai manfaat menjadi tinggi, dan nilai kebaikan di mata Tuhan menjadi tinggi pula”, ungkap Wali Kota.

Bagi kontingen relawan PMI yang mengikuti temu karya, Wali Kota juga berpesan agar ikutilah seluruh rangkaian acara temu karya dengan baik. Karena di dalam temu karya pada umumnya akan dihasilkan berbagai konsensus, kesepakatan dan berbagai peraturan terkait operasionalisasi organisasi.

“Dan jika dalam temu karya ada agenda pemilihan ketua baru, maka pilihlah yang terbaik dari yang terbaik. Karena organisasi kemanusiaan harus dipimpin oleh yang terbaik dan tidak memiliki kepentingan apapun selain pengabdian kepada masyarakat”, pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Kontingen PMI Kota Tegal tersebut terdiri dari PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Pembina PMR, KSR, TSR (Tenaga Suka Rela), Pendonor Darah Sukarela (DDS), Tim Pendukung dan Pengurus PMI.

Kontingen tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan meliputi travelling kepalangmerahan, cerdas tangkas, kreasi remaja, pemanfaatan limbah lingkungan, penyuluhan kebesihan dan kesehatan, kesiapsiagaan bencana, bakti sosial, outbond, duta PMR, jurnalistik dan life skills.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Cinta Lingkungan Hidup, SMP Negeri 9 Tegal Lakukan Ini
Berita 13 Mar, 2018

Cinta Lingkungan Hidup, SMP Negeri 9 Tegal Lakukan Ini

TEGAL - Pelaksanaan Clasmeeting SMP Negeri 9 Kota Tegal dimanfaatkan dengan kegiatan melukis pot dan dinding di sekolah tersebut. Kegiatan…

Peserta Lomba Cerpen SLTP dan SLTA 2018, Membludak
Berita 04 Sep, 2018

Peserta Lomba Cerpen SLTP dan SLTA 2018, Membludak

TEGAL - Lomba mengarang cerpen bagi pelajar SLTP dan SLTA Kota Tegal yang digagas Perpusda Kota Tegal “Mr. Besar Martokoesomo”…

Tidak Ada Firasat Apapun, Nindya Bawa Pulang Sepeda Motor.
Berita 21 Apr, 2019

Tidak Ada Firasat Apapun, Nindya Bawa Pulang Sepeda Motor.

Tegal- Nindya Widya Swastika  (30 ) warga jalan Rambutan 16 Kelurahan Kraton menjadi salah satu orang beruntung karena mendapat hadiah…

Sebentar Lagi Jamaah Calon Haji Kota Tegal Terbang Ke Tanah Suci.
Berita 13 Aug, 2017

Sebentar Lagi Jamaah Calon Haji Kota Tegal Terbang Ke Tanah Suci.

Solo – Setelah melewati beberapa tahap akhirnya jamaah calon haji dari Kota Tegal  tiba di Asrama Haji Donohudan Solo Tepat…

Festival Kuliner Tegal Resmi Dibuka
Berita 25 Jan, 2019

Festival Kuliner Tegal Resmi Dibuka

Tegal – Pembukaan Festival Kuliner Tegal 2019, yang diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association Bregas di DeBe Mall Tegal dibuka oleh…

PLN Salurkan Air Bersih, Soliha: Bantuan Air Meringankan Beban
Berita 18 Sep, 2017

PLN Salurkan Air Bersih, Soliha: Bantuan Air Meringankan Beban

TEGAL-PT. PLN (Persero) Area Tegal menyalurkan bantuan air bersih kepada warga. Pagi itu, Senin (18/9) puluhan ibu berbondong-bondong membawa dirigen…

Most from this category