PMI Kota Tegal Lepas Kontingen Jumbara

TEGAL-Sebanyak 60 personil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal dilepas oleh Walikota Tegal yang diwakili Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR (Palang Merah Remaja) dan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Senin (17/7) di gedung Adipura Balai Kota Tegal.

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmojo menjelaskan bahwa kontingen tersebut akan mengikuti jumbara yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati , Sabtu 22/07 sampai dengan Kamis 27/07.

“Jumbara merupakan suatu bentuk kegiatan pembinaan sebagai ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilandalam suasana gembina, bersahabat dan partisipatif sesuai siklum manajemen PMR”, papar Joko.

Wali Kota Tegal KMTT. Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutan yang disampaikan Wakil Ketua I PMI Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan jumpa bhakti gembira atau akrab disebut jumbara adalah media bertemunya PMR tingkat kota/kabupaten.

“Tentu ada banyak manfaat yang akan didapat di sana. Karena dievent ini tidak hanya bertemu PMR antar kota, tetapi juga banyak pengetahuan dan pelatihan yang akan dilangsungkan. Sehingga kader-kader PMR akan lebih matang dalam melaksanakan tugas-tugasnya”, ungkap Wali Kota.

Kepada  kontingen Jumbara 2017, Wali Kota berpesan, peserta kontingen adalah orang-orang pilihan yang diberi kesempatan membaktikan diri untuk misi-misi kemanusiaan. “Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Agar nilai manfaat menjadi tinggi, dan nilai kebaikan di mata Tuhan menjadi tinggi pula”, ungkap Wali Kota.

Bagi kontingen relawan PMI yang mengikuti temu karya, Wali Kota juga berpesan agar ikutilah seluruh rangkaian acara temu karya dengan baik. Karena di dalam temu karya pada umumnya akan dihasilkan berbagai konsensus, kesepakatan dan berbagai peraturan terkait operasionalisasi organisasi.

“Dan jika dalam temu karya ada agenda pemilihan ketua baru, maka pilihlah yang terbaik dari yang terbaik. Karena organisasi kemanusiaan harus dipimpin oleh yang terbaik dan tidak memiliki kepentingan apapun selain pengabdian kepada masyarakat”, pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Kontingen PMI Kota Tegal tersebut terdiri dari PMR Mula (Setingkat SD), PMR Madya (Setingkat SMP), PMR Wira (Setingkat SMA), Pembina PMR, KSR, TSR (Tenaga Suka Rela), Pendonor Darah Sukarela (DDS), Tim Pendukung dan Pengurus PMI.

Kontingen tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan meliputi travelling kepalangmerahan, cerdas tangkas, kreasi remaja, pemanfaatan limbah lingkungan, penyuluhan kebesihan dan kesehatan, kesiapsiagaan bencana, bakti sosial, outbond, duta PMR, jurnalistik dan life skills.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

UPS Tegal Adakan Life Skills Counseling Bagi Para Difabel
Berita 31 Jul, 2019

UPS Tegal Adakan Life Skills Counseling Bagi Para Difabel

Universitas Pancasakti Tegal mengadakan Life Skills Counseling untuk meningkatkan kebahagian pada anggota Difabel Slawi Mandiri (DSM), Selasa (30/7). Kegiatan itu…

Ratusan Siswa MTs As Salafiyah Dilepas
Berita 27 May, 2017

Ratusan Siswa MTs As Salafiyah Dilepas

TEGAL- Sebanyak 100 siswa/siswi MTs As Salafiyah dilepas dalam rangkaian acara yang bertema Pelepasan dan Pentas Seni di halaman MTs…

26 Warga Ikuti Deteksi Dini Kanker Serviks
Berita 12 Jul, 2019

26 Warga Ikuti Deteksi Dini Kanker Serviks

Tegal – Bertempat di Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan sebanyak 26 warga mengikuti deteksi dini kanker serviks, Jumat (12/7). Deteksi…

Fikri: Tegal Jepangnya Indonesia
Berita 16 Mar, 2017

Fikri: Tegal Jepangnya Indonesia

TEGAL- Salah satu kota yang terletak diwilayah pesisir pantura dan memiliki berbagai macam jenis usaha ekonomi kreatif yaitu Kota Tegal.…

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD
Berita 17 Jan, 2017

Walikota Serahkan DPA TA 2017 Kepada OPD

TEGAL- Guna melaksanakan kegiatan pemerintahan di tahun 2017, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyerahkan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran)…

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran
Berita 01 Aug, 2017

BPBD Himbau Masyarakat Hindari Pemicu Kebakaran

TEGAL- Kepala Badan Penanggulangan Daerah Kota Tegal Imam Sofwan melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Andri Yudi menyampaikan masyarakat dihimbau untuk…

Most from this category