BI Tegal Bekali Responden Pengembangan Usaha

TEGAL-Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw)Tegal menggelar Seminar Temu Responden dengan tema Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Transformasi Pengembangan Usaha, Sabtu (15/7/17) di Pesona Hotel Tegal.

Hadir dalam seminar tersebut Vice President PT. GO-JEK Indonesia Dayu Dara Permata, pimpinan perbankan di Kota Tegal, pimpinan perusahaan responden BI dan puluhan pengusaha peserta seminar.

Kepala Bank Indonesia KPw Tegal Joni Marsius mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin dan memelihara hubungan baik serta bentuk apresiasi BI untuk responden dan pihak yang terkait. Selain itu, kegiatan ini merupakan wadah pertemuan untuk memotivasi para responden sehingga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam pembangunan usaha.

“Responden adalah masyarakat atau pimpinan perusahaan yang dimintai data oleh BI yaitu Survey Pemantauan Harga (SPH), Survey Konsumen (SK), Survey Kegiatan Dunia Usaha (SKDU),  Survey Penjual Eceran, Survey Informasi Harga Pangan Strategis dan Liaison”, kata Joni.

Joni mengungkapkan saat ini teknologi digital memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan usaha. Banyak usaha yang tutup karena tidak bisa memanfaatkan teknologi digital. “Kami berharap responden BI dapat memberikan perhatian lebih terhadap pemanfaatan teknologi digital sehingga usaha yang dikembangkan dapat bersaing bahkan lebih unggul”, ungkap Joni.

Sementara, sebagai narasumber, Vice President PT. GO-JEK Indonesia Dayu Dara Permata mengatakan bahwa sebagai wirausaha agar bisa bersaing di era digital ada dua hal yang harus dilakukan, yang pertama berinovasi memperbaiki layanan supaya lebih mudah dijangkau, lebih baik, lebih mudah dan lebih cepat didapatkan konsumen.

Yang kedua, lanjut Dara memanfaatkan teknologi atau berkolaborasi usaha dengan pelaku usaha yang sudah memiliki teknologi yang baik. “Karena sebagai suatu usaha kita harus bertransformasi tetapi kita tidak melulu kita semua yang membuat,” ucapnya.

Karena menurut Dara, era digital merupakan era dimana pertumbuhan informasi dan proses bisnis terjadi secara luas, cepat, efisien dan efektif. Saat ini banyak orang menggunakan teknologi digital untuk pengembangan usaha seperti website, facebook, youtube dan instagram.

Potensi yang besar bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 lebih dari 120 juta orang, facebook lebih 1,5 juta orang, youtube lebih dari 1 juta orang dan instagram lebih dari 800 ribu orang.

Menurut Dara, kelebihan teknologi digital bagi pengembangan uasaha antara lain akses ke pelanggan, luas tak terbatas, imej yang bagus, akses informasi, biaya rendah dan buka 24 jam.

“Bisnis fisik pasti ada tutup, buka jam sekian dan tutup jam sekian sedangkan kalau online kapanpun dapat diakses. Selain itu, mudah dimulai, bisnis dimana saja, komunikasi pelanggan bisa dari mana saja, lintas kota, pulau bahkan negara”, pungkasnya.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

2.679 orang menerima Jasa Tenaga Keagamaan
Berita 25 Dec, 2016

2.679 orang menerima Jasa Tenaga Keagamaan

Tegal – Perhatian Pemerintah Kota Tegal untuk meningkatkan Kesejahteraan guru madrasah diniyah, guru taman pendidikan Al qur’an, Guru ngaji, Lebe/Modin,…

Pengantar Tugas Dan Perkenalan Komandan Kodim 0712 Tegal
Berita 01 Mar, 2017

Pengantar Tugas Dan Perkenalan Komandan Kodim 0712 Tegal

TEGAL – Terlihat di Ruang Adipura Balaikota Tegal pada Senin (27/2) malam. Walikota Tegal bersama Plt.Sekretaris Daerah Kota Tegal serta…

Pengabdian Petugas Kebersihan Makam Mbah Sawergi
Berita 22 May, 2017

Pengabdian Petugas Kebersihan Makam Mbah Sawergi

TEGAL – Jika berkunjung di makam Mbah Sawergi RT. 9 RW. 3 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur maka mendapati seseorang…

Operasi Patuh 2017, Polres Tegal Kota Wujudkan Kameltibcarlantas
Berita 11 May, 2017

Operasi Patuh 2017, Polres Tegal Kota Wujudkan Kameltibcarlantas

TEGAL-Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Polres Tegal Kota siap…

Walikota secara Resmi buka TMMD sengkuyung tahap 2
Berita 04 Jul, 2017

Walikota secara Resmi buka TMMD sengkuyung tahap 2

Tegal – Pelaksanaan TMMD sengkuyung tahap 2 tahun 2017 di wilayah Kodim 0712 / Tegal kembali dilaksanakan tepatnya di Kelurahan…

Saatnya Kota Tegal Menjadi Kota Kuliner.
Berita 11 Mar, 2017

Saatnya Kota Tegal Menjadi Kota Kuliner.

Jakarta – Kota Tegal sudah saatnya menjadi Kota Kulier inilah yang Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, ungkapkan ketika…

Most from this category