Dukung Germas, BPJS Kesehatan Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

TEGAL-BPJS Kesehatan Cabang Tegal mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang berfokus pada upaya promotif preventif kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke-49, maka BPJS Kesehatan akan menyelenggarakan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS diseluruh Indonesia mulai tanggal 13 Juli s/d 31Juli 2017.

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar, sementara di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 miliar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A. Prasetya Harry P. mengatakan pelaksanaan detteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.
“Untuk mewujudkan itu, BPJS Kesehatan menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, untuk pemeriksaan IVA Test dan Laboratorium bekerjasama dengan BPJS”, kata Prasetya, Kamis (13/7) di kantor BPJS Cabang Tegal.

Prasetya menambahkan layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
“Kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skriningkesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan”, imbuh Dia.

Kanker serviks, kata Prasetya, umumnya terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, dimana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. “Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi”, paparnya.

Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.Pemeriksaan IVA/Papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman serta nyaman bagi pasien.

Sampai dengan tahun Mei 2017 deteksi dini yang dilakukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tegal dengan metode IVA telah berhasil menjangkau 516 peserta, sementara Papsmear berhasil menjangkau 513 peserta.

Berdasarkan data per-07 Juli 2017, terdapat 2.688.258 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 219 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 75 Puskesmas, 92 Dokter Praktik Perorangan, 10 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 42 Klinik Pratama.

Kemudian BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 24 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 3 Klinik Utama), 10 Apotek, serta 9 Optik.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Jelang Arus Mudik , Polres Tegal Kota Antisipasi Lokasi Rawan Kemacetan
Berita 07 Jun, 2017

Jelang Arus Mudik , Polres Tegal Kota Antisipasi Lokasi Rawan Kemacetan

TEGAL-Meskipun jalan tol akan difungsionalkan pada saat musim mudik mendatang, namun Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jawa Tengah tetap mengatisipasi…

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak
Berita 21 Feb, 2017

Walikota Ajak Siswa Bangun Integrasi Ilmu dan Akhlak

TEGAL- Dalam pertemuannya dengan siswa dan siswi SMA N 5 Kota Tegal,  Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kembali…

Walikota Hadiri Perayaan Kirab Tao Pe Kong di Kota Tegal
Berita 13 Feb, 2017

Walikota Hadiri Perayaan Kirab Tao Pe Kong di Kota Tegal

TEGAL- Menyambut hari raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke lima…

Suwandi dan Winwin Bekali Mahasiswa UPS Tegal
Berita 16 Sep, 2017

Suwandi dan Winwin Bekali Mahasiswa UPS Tegal

TEGAL- Dalam seminar nasional yang diadakan BEM Fakultas Ekonomi UPS Tegal, ribuan mahasiswa dibekali pemahaman strategi bagaimana menghadapi Masyarakat Ekonomi…

Terapkan SOTK Baru, Wewenang Satpoll PP bertambah
Berita 16 Jan, 2017

Terapkan SOTK Baru, Wewenang Satpoll PP bertambah

TEGAL – Melalui tugas pokok dan fungsinya, Satpol PP sekarang ini dituntut untuk lebih menunjukan keberadaannya melalui bentuk sikap totalitas…

Sebanyak 3.000 Paket Daging Kurban Dibagikan
Berita 04 Sep, 2017

Sebanyak 3.000 Paket Daging Kurban Dibagikan

TEGAL-  Pembagian daging kurban di Masjid Agung Kota Tegal, Sabtu (2/9/17) berjalan lancar dan tertib. Hal itu terbukti dengan tertibnya…

Most from this category