Dukung Germas, BPJS Kesehatan Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

TEGAL-BPJS Kesehatan Cabang Tegal mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang berfokus pada upaya promotif preventif kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke-49, maka BPJS Kesehatan akan menyelenggarakan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS diseluruh Indonesia mulai tanggal 13 Juli s/d 31Juli 2017.

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar, sementara di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 miliar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A. Prasetya Harry P. mengatakan pelaksanaan detteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.
“Untuk mewujudkan itu, BPJS Kesehatan menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, untuk pemeriksaan IVA Test dan Laboratorium bekerjasama dengan BPJS”, kata Prasetya, Kamis (13/7) di kantor BPJS Cabang Tegal.

Prasetya menambahkan layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
“Kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skriningkesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan”, imbuh Dia.

Kanker serviks, kata Prasetya, umumnya terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, dimana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. “Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi”, paparnya.

Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.Pemeriksaan IVA/Papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman serta nyaman bagi pasien.

Sampai dengan tahun Mei 2017 deteksi dini yang dilakukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tegal dengan metode IVA telah berhasil menjangkau 516 peserta, sementara Papsmear berhasil menjangkau 513 peserta.

Berdasarkan data per-07 Juli 2017, terdapat 2.688.258 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 219 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 75 Puskesmas, 92 Dokter Praktik Perorangan, 10 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 42 Klinik Pratama.

Kemudian BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 24 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 3 Klinik Utama), 10 Apotek, serta 9 Optik.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal
Berita 15 Jul, 2017

Dayu Dara Optimis Gojek Berkembang Di Kota Tegal

TEGAL-Vice President PT. GO-JEK Indonesia Dayu Dara Permata mengaku optimis keberadaan Gojek di Kota Tegal mampu berkembang sama halnya di…

Mahasiswa  UPS   Drama Berbahasa Inggris
Berita 24 May, 2017

Mahasiswa UPS Drama Berbahasa Inggris

TEGAL – Pagelaran Praktek Drama Performance yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti…

Sucikan Hati dan Perilaku Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan.
Berita 16 May, 2017

Sucikan Hati dan Perilaku Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Tegal – Pengajian akbar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan cipta kondisi “ membingkai umat demi keutuhan NKRI…

Kantor Pos Besar Tegal Tampilkan Koleksi Sejarah
Berita 14 May, 2017

Kantor Pos Besar Tegal Tampilkan Koleksi Sejarah

TEGAL-PT. Pos Indonesia atau Kantor Pos Besar Kota Tegal memamerkan berbagai koleksi sejarah pada Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal…

Johardi: Tidak Ada Bocoran Jawaban UNBK
Berita 09 Apr, 2017

Johardi: Tidak Ada Bocoran Jawaban UNBK

TEGAL-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA bakal digelar besok,  Senin-Kamis, 10-13 April 2017. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)…

Berikut Jadwal Imsakiyah Kota Tegal
Berita 27 May, 2017

Berikut Jadwal Imsakiyah Kota Tegal

TEGAL- Kementerian Agama Kota Tegal telah mengedarkan jadwal imsakiyah selama Ramadhan. Adanya jadwal imsakiyah tersebut dengan mudah kita mempersiapkan diri…

Most from this category