Kemenag Kota Tegal Gelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota

TEGAL-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota untuk jemaah calon haji, Selasa (11/7) di gedung Mulya Damai, jalan Ahmad Dahlan Kota Tegal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali. Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farhan, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Abdul Ghofir, OPD Kota Tegal, Camat Tegal Barat, Lurah , Pembimbing Jemaah Calon Haji dan Calon Jemaah Haji.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farhan dalam sambutannya mengatakan dasar penyelenggaraan bimbingan manasik ini mengacu pada Undang-undang RI Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2015 tentang
Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler dan Surat Edaran Bimbingan Manasik Haji Tahun 2017 Nomor B-25163/Dj/Dt.II.1/1/Hj.01/04/ 2017 tentang Pelaksanaan Binbingan Manasik Haji Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Pembekalan Ketua Regu dan Ketua Rombongan.

“Bimbingan manasik ini untuk memberi bekal kepada para jemaah calon haji agar dalam pelaksanaan ibadah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah kelahiran mendapatkan predikat haji yang mambrur,” ungkap Farhan.

Sementara Wali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan rangkaian bimbingan manasik haji adalah sebagai pembelajaran, bimbingan kepada calon jemaah haji. Dalam bimbingan ini akan diarahkan mana yang rukun, sunah dan wajib dalam pelaksanaan ibadah di tanah suci nanti.

“Hendaknya dalam bimbingan ini jangan ada yant absen. Bimbingan ini merupakan persiapan ke tanah suci agar saat kembali ke tanah air menjadi haji mabrur,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan agar calon jemaah haji harus benar-benar mepersiapkan diri secara lahir dan batin serta fisik harus prima.
“Tamu Allah harus siap meninggalkan urusan dunia, bahkan orang yang kita cintai harus kita ikhlaskan sebab ibadah kita semata-mata untuk memperoleh ridho Allah,” imbuh Wali Kota.

Pemkot Tegal dan Kemenag Kota Tegal terus memperhatikan persiapan sarana dan prasana agar calon jemaah haji dpat berangkat dengan selamat dan dapat beribadah di tanah suci dengan khusu.

“Keutamaanya adalah kekhusuan. Ikuti arahan petunjuk dan arahan dari pimpinan kloter yang selalu ada untuk membimbing jemaah,” kata Wali Kota.

Selain itu, bilamana ada keluhan dan informasi dapat menyampaikan kepada petugas yang telah ditunjuk. Pemkot secara berkala akan berkomunikasi jarak jauh untuk mengikuti perkembangan. “Kita akan terus pantau, apabila diperlukan bantuan maka Pemkot akan selalu siap,” pungkas Wali Kota.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Minat Jadi Panwascam? Ini Syaratnya
Berita 07 Sep, 2017

Minat Jadi Panwascam? Ini Syaratnya

TEGAL-Syarat umum bagi pendaftar diantaranya adalah minimal berusia 25 tahun, berpendidikan paling rendah SLTA/sederajat, pendaftar berdomisili di kecamatan setempat, tidak…

Walikota Tegal Silaturahim dengan Keluarga Besar Wirawati Catur Panca Jakarta Selatan
Berita 06 Apr, 2017

Walikota Tegal Silaturahim dengan Keluarga Besar Wirawati Catur Panca Jakarta Selatan

TEGAL – Bertempat di ruang Adipura Balaikota Tegal hadir Keluarga Besar Wirawati Catur Panca cabang Jakarta Selatan pada Kamis (6/4).…

Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama Kota Tegal Peduli Rohingya
Berita 14 Sep, 2017

Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama Kota Tegal Peduli Rohingya

TEGAL-Dukungan dan perhatian atas krisis kemanusian di Rakhine Myanmar terus digelar di Kota Tegal melalui kegiatan Doa bersama dan Pengalangan…

Perluas Akses Permodalan Perbankan, Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan
Berita 27 Jul, 2017

Perluas Akses Permodalan Perbankan, Bekraf Gelar Kelas Manajemen Keuangan

Manado -  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyadari pelaku ekonomi kreatif (ekraf) membutuhkan akses permodalan untuk mengembangkan usaha kreatif mereka. Deputi…

Prepegan Tradisi Unik Jelang Lebaran
Berita 18 Jun, 2017

Prepegan Tradisi Unik Jelang Lebaran

TEGAL – Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan? Masyarakat Tegal tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepegan,…

Dinsos Kota Tegal Kembali Merazia PGOT
Berita 29 Aug, 2018

Dinsos Kota Tegal Kembali Merazia PGOT

TEGAL-Tim gabungan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal kembali menggelar razia Pengemis, Geladangan, dan Orang Terlantar (PGOT), Rabu (29/8) pagi. Pada…

Most from this category