Pelayanan Kesehatan Peserta JKN-KIS Lancar Selama Mudik Lebaran

TEGAL-Selama masa mudik Lebaran BPJS Kesehatan telah menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur khusus. Kebijakan prosedur khusus pada pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor,  ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke  IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Niken Sawitri mengatakan dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.  Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Kebijakan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya pada saat mudik lebaran, dan sampai dengan 2 Juli 2017 peserta JKN-KIS tidak terhambat saat harus memperoleh pelayanan kesehatan,” ujar Niken, (4/7).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Tegal, jumlah peserta JKN-KIS yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sepeti Puskesmas, Klinik Utama dan Dokter Praktek Perorangan, terdapat 91.005 kunjungan/kasus yang terdiri dari 87.122 kunjungan di Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) dan 3.883 kasus di Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP).

“Sedangkan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit terdapat105.860 kunjungan/kasus, yaitu terdiri dari 60.635 kunjungan di Rawat Jalan Tingkat lanjutan (RJTL) dan 45.225 kasus di Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL),” ungkap Niken.

Niken menambahkan, adapun kasus-kasus kesehatan sebagian besar yang dialami oleh peserta JKN-KIS yang sedang mudik adalah permasalahan kesehatan radang tenggorokkan, demam, infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA dan gastro enteritis serta berbagai gangguan pencernaan seperti diare, maag, gangguan lambung, dan nyeri perut. Menurut data yang diperoleh, juga terdapat kasus-kasus penyakit kronis seperti stroke, jantung, hipertensi dan hemodialisayang ditangani dengan baik oleh rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sepanjang masa mudik lebaran, apabila peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan harus memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta.

Niken juga mengungkapkan apresiasi kepada seluruh tenaga medis baik di FKTP maupun di FKRTL yang telah melayani peserta JKN-KIS khususnya pada masa mudik lebaran, serta kepada seluruh peserta JKN-KIS yang telah menjaga kesehatannya dan bagi yang ternyata memerlukan pelayanan kesehatan telah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

“BPJS Kesehatan juga menghimbau kepada peserta JKN-KIS untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan yang baik, istirahat yang cukup, serta olah raga agar dapat kembali beraktivitas pasca mudik lebaran,” pungkas Niken.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Berita Lainnya

Siap-siap, Bantuan Penyusunan RPP dan LKP Segera Cair
Berita 01 Nov, 2018

Siap-siap, Bantuan Penyusunan RPP dan LKP Segera Cair

TEGAL-Sejumlah guru SD/SMP/SMA berkumpul di gedung Adipura, Kawasan Balai Kota Tegal, Kamis (1/11) pagi. Mereka mendapatkan sosialisasi pencairan dana Fasilitasi…

Sebanyak 4,03 T Uang Kertas di Musnahkan
Berita 28 Feb, 2017

Sebanyak 4,03 T Uang Kertas di Musnahkan

TEGAL-Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia BI Tegal memusnahkan sebanyak 4,03 triliun  uang kertas. Pemusnahan tersebut dilakukan BI merupakan uang atas…

Plt. Sekda Kota Tegal: Pemerintahan Tetap Berjalan, Tidak Boleh Ada Kendala Apapun.
Berita 30 Aug, 2017

Plt. Sekda Kota Tegal: Pemerintahan Tetap Berjalan, Tidak Boleh Ada Kendala Apapun.

TEGAL – Layanan Publik di Pemerintah Kota Tegal setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) Walikota Tegal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)…

Pesta Siaga Langkah Nyata Bina Generasi Bangsa
Berita 25 Mar, 2017

Pesta Siaga Langkah Nyata Bina Generasi Bangsa

TEGAL-Tak seperti biasanya, halaman Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Kota Tegal mulai pagi dibanjiri anak-anak dengan mengenakan seragam pramuka. Mereka…

Hujan Tak Menyurutkan Semangat Acara Dzikir Manakib
Berita 17 Feb, 2017

Hujan Tak Menyurutkan Semangat Acara Dzikir Manakib

TEGAL –  Hujan tak kunjung reda, di malam acara Dzikir Manakib dalam rangka Khaul Al Maghfullah KH. Ma’ruf Sidiq bin…

Perlu Dibentuk Paguyuban Donor Darah ASN
Berita 16 Nov, 2018

Perlu Dibentuk Paguyuban Donor Darah ASN

TEGAL – Perlu dibentuk paguyuban Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi anggota Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Kota…

Most from this category