Walikota Kunjungi Warga Rusunawa Kraton.

Tegal – Musibah dugaan keracunan makanan hingga mengalami diare yang menimpa sejumlah warga yang menghuni Rusunawa Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, mendapat perhatian Walikota Tegal.

Bersama sejumlah kepala organisasi perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tegal, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menyambangi langsung warga di Rusunawa tersebut, Selasa (20/6/2017) Siang.

Tak hanya menyampaikan keprihatinannya kepada warga, kedatangan Walikota dan rombongan juga untuk melihat kondisi kesehatan pasca mengalami diare dan muntah-muntah pada Senin (19/6) lalu.

Kedatangannya juga untuk memastikan bahwa upaya penanganan sudah dilakukan dengan benar oleh pihak tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Puskesmas Tegal Barat.

Dalam kedatangannya tersebut, Walikota juga menyampaikan permohonan maaf. “Laporan dokter yang menangani juga menyampaikan sudah tidak ada pasien yang mengeluh terkait dugaan keracunan makanan. Pertama kami meminta maaf atas insiden yang terdampak dari acara buka puasa bersama, “ tuturnya.

Walikota mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi mendalam mengenai kasus tersebut. Mereka yang mengalami diare adalah warga yang telah memakan nasi yang disediakan oleh panitia saat buka puasa bersama.

“Kami masih akan Dalami lebih lanjut. Dicari tahu penyebabnya. Kalau memang nanti diketahui dari makanan, maka kita akan beri pembinaan agar kasus serupa tidak terjadi lagi. Karena ada tiga pihak yang terkait yang menyajikan makanan,” kata dia.

Dari hasil kunjungannya, ia menyatakan dari 70-an warga yang tercatat mengalami diare kondisinya sudah membaik. Walikota juga berpesan jika ada warga masih mengalami gejala tersebut agar segera memeriksakan diri dan akan dilayani dengan gratis. https://www.youtube.com/watch?v=Lw4MLaH-aEo

Plt Dinas Kesehatan Kota Tegal, DR. Dr. Suharjo, MM menambahkan, pihaknya saat ini tengah melakukan uji laboratorium sample makanan yang diduga jadi penyebab. Disampaikan dia, Pemkot Tegal melalui tenaga medis telah bereaksi cepat menangani dugaan keracunan massal tersebut.

Hal itu salah satunya dengan dimulai menerjunkan petugas medis dan melayani sebaik dan setepat mungkin. “Begitu ada kejadian kami langsung melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab hingga penanganan yang tepat. Pantauan dan layanan kesehatan masih terus dilakukan,” imbuh dia.

Sementara itu, ketua panitia acara buka bersama, Budi Priyanto yang juga Plt Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. menyampaikan, panitia menyediakan 1.200 bungkus nasi lengkap dengan lauk pauk dalam acara buka puasa pada Minggu (18/6).

Dari sejumlah itu dikonsusmsi bersama antara warga Rusunawa, 300 penyapu jalan dan bongkar muat sampah, dan panitia bersama OPD yang hadir. “Begitu saya tanya ke BM dan penyapu jalan mereka tidak mengalami mual muntah. Saya selaku panitia heran, kenapa kalau memang keracunan hanya warga Rusunawa saja,” imbuh Budi.

Berita Lainnya

UPS Tegal Adakan Pancasakti Job Expo Center X
Berita 05 Apr, 2017

UPS Tegal Adakan Pancasakti Job Expo Center X

TEGAL –Nampak di Auditorium Darijoen Senoatmodjo Universitas Pancasakti Tegal pada Rabu (5/4) sedang diselenggarakannya Pancasakti Job Expo Center X. Kegiatan…

Karena Cocok, Warga Kabupaten Tegal Periksa di Puskesmas Slerok
Berita 30 Jan, 2017

Karena Cocok, Warga Kabupaten Tegal Periksa di Puskesmas Slerok

TEGAL - Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) memiliki fungsi memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Upaya Kesehatan Masyarakat(UKM) dan Upaya Kesehatan…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Ulama dan Umaro Sepakat Menjaga Kondusifitas Kota Tegal
Berita 05 Dec, 2016

Ulama dan Umaro Sepakat Menjaga Kondusifitas Kota Tegal

TEGAL- Ulama dan Umaro Kota Tegal sepakat untuk tetap menjaga kondusifitas Kota Tegal. Hal itu dikemukakan para ulama dan umaro…

Dua Kapal Tongkang Berbenturan di Pantai Martoloyo
Berita 16 Jan, 2018

Dua Kapal Tongkang Berbenturan di Pantai Martoloyo

TEGAL - Setelah satu kapal tonggang yang terdampar di Muara Sungai Ketiwon sudah menjauh dari muara sungai Ketiwon, saat ini…

Peringati Hari Ibu, 22 Tokoh Perempuan di Kota Tegal Baca Puisi Tegal
Berita 16 Dec, 2017

Peringati Hari Ibu, 22 Tokoh Perempuan di Kota Tegal Baca Puisi Tegal

TEGAL-Dalam rangka memperingati hari ibu ke-89, sedikitnya 22 tokoh perempuan di Kota Tegal membaca puisi bahasa Tegal. Sebelumnya, dengan mengenakan…

Most from this category