Walikota Kunjungi Warga Rusunawa Kraton.

Tegal – Musibah dugaan keracunan makanan hingga mengalami diare yang menimpa sejumlah warga yang menghuni Rusunawa Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, mendapat perhatian Walikota Tegal.

Bersama sejumlah kepala organisasi perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tegal, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menyambangi langsung warga di Rusunawa tersebut, Selasa (20/6/2017) Siang.

Tak hanya menyampaikan keprihatinannya kepada warga, kedatangan Walikota dan rombongan juga untuk melihat kondisi kesehatan pasca mengalami diare dan muntah-muntah pada Senin (19/6) lalu.

Kedatangannya juga untuk memastikan bahwa upaya penanganan sudah dilakukan dengan benar oleh pihak tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Puskesmas Tegal Barat.

Dalam kedatangannya tersebut, Walikota juga menyampaikan permohonan maaf. “Laporan dokter yang menangani juga menyampaikan sudah tidak ada pasien yang mengeluh terkait dugaan keracunan makanan. Pertama kami meminta maaf atas insiden yang terdampak dari acara buka puasa bersama, “ tuturnya.

Walikota mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi mendalam mengenai kasus tersebut. Mereka yang mengalami diare adalah warga yang telah memakan nasi yang disediakan oleh panitia saat buka puasa bersama.

“Kami masih akan Dalami lebih lanjut. Dicari tahu penyebabnya. Kalau memang nanti diketahui dari makanan, maka kita akan beri pembinaan agar kasus serupa tidak terjadi lagi. Karena ada tiga pihak yang terkait yang menyajikan makanan,” kata dia.

Dari hasil kunjungannya, ia menyatakan dari 70-an warga yang tercatat mengalami diare kondisinya sudah membaik. Walikota juga berpesan jika ada warga masih mengalami gejala tersebut agar segera memeriksakan diri dan akan dilayani dengan gratis. https://www.youtube.com/watch?v=Lw4MLaH-aEo

Plt Dinas Kesehatan Kota Tegal, DR. Dr. Suharjo, MM menambahkan, pihaknya saat ini tengah melakukan uji laboratorium sample makanan yang diduga jadi penyebab. Disampaikan dia, Pemkot Tegal melalui tenaga medis telah bereaksi cepat menangani dugaan keracunan massal tersebut.

Hal itu salah satunya dengan dimulai menerjunkan petugas medis dan melayani sebaik dan setepat mungkin. “Begitu ada kejadian kami langsung melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab hingga penanganan yang tepat. Pantauan dan layanan kesehatan masih terus dilakukan,” imbuh dia.

Sementara itu, ketua panitia acara buka bersama, Budi Priyanto yang juga Plt Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. menyampaikan, panitia menyediakan 1.200 bungkus nasi lengkap dengan lauk pauk dalam acara buka puasa pada Minggu (18/6).

Dari sejumlah itu dikonsusmsi bersama antara warga Rusunawa, 300 penyapu jalan dan bongkar muat sampah, dan panitia bersama OPD yang hadir. “Begitu saya tanya ke BM dan penyapu jalan mereka tidak mengalami mual muntah. Saya selaku panitia heran, kenapa kalau memang keracunan hanya warga Rusunawa saja,” imbuh Budi.

Berita Lainnya

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng
Berita 31 Jul, 2017

IBI Kota Tegal Inginkan Masyarakat Kota Tegal Jadi Kota MKJP se Jateng

TEGAL- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke 66 Tahun, IBI Kota Tegal memberikan pelayanan…

UPS Gelar Pasar Murah
Berita 20 Jun, 2017

UPS Gelar Pasar Murah

TEGAL-Siang itu kampus Universitas Pancasakti Tegal menggelar pasar murah, berjajar tenda-tenda kecil ukuran 3x3 meter yang menbentuk sudut U, Senin…

PDAM Melayani Masyarakat
Berita 15 Jan, 2018

PDAM Melayani Masyarakat

Tegal – Puncak acara HUT PDAM Kota Tegal yang ke 42 di tutup dengan malam resepsi yang kali ini mengambil…

Lomba Poster Peringati Hari TB
Berita 09 Apr, 2017

Lomba Poster Peringati Hari TB

TEGAL-Dalam rangka memperingati hari  Tuberculosis (TB) sedunia, Sub Sub Recipient (SSR) TB Aisyiyah Kota Tegal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan…

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I  T.A. 2017
Berita 05 Apr, 2017

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I T.A. 2017

TEGAL – Upacara Pembukaaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Dan TMMD Sengkuyung Tahap I Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017…

Harmonis Barbershop Tegal Terima Penghargaan
Berita 03 May, 2019

Harmonis Barbershop Tegal Terima Penghargaan

TEGAL-Buah kepeduliannya terhadap anak jalanan dan pasien rehabilitasi gangguan jiwa, para Relawan Harmonis Barbershop Tegal mendapatkan penghargaan dari Dinas Sosial…

Most from this category