Pos Yankes Akan Disebar Di Wilayah Jateng

TEGAL- Menyambut arus mudik dan arus balik lebaran 2017, 92 pos pelayanan kesehatan akan disebar diseluruh wilayah Jawa Tengah baik di jalur pantura, jalur tengah maupun jalur selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto, saar rapat koordinasi  penyelenggraan kesehatan pada situasi khusus mudik lebaran tahun 2017, kemarin (9/6) di ruang rapat BP4 Kota Tegal.

Di Jawa Tengah sendiri, terdapat 875 puskesmas, RSU pemerintah 54, RS khusus pemerintah 8, RSU Swasta 162 dan RS khusus swasta 43, yang akan siap siaga melayani para pemudik selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Yulianto meminta kepada semua pos pelayanan kesehatan supaya merespon dengan cepat < 24 jam setiap kejadian krisis kesehatan untuk koordinasi upaya penanggulangan disetiap pos pelayanan kesehatan secara berjenjang.

Disetiap posko, lanjut Yulianto disetiap posko lebaran disiap siagakan satu tim kesehatan selama 24 jam yang terdiri dari 1 dokter, 1 perawat, 1 pengemudi dan 1 unit ambulance.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Suharjo melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Dasar, Rujukan dan Tradisional Sukma Dewi mengatakan bahwa di Kota Tegal sendiri membuka lima titik posko kesehatan saat arus mudik dan balik lebaran tahun 2017, yakni di Kaligangsa, puskesmas Margadana, PPIB dan Stasiun.

Posko kesehatan akan dibuka sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran yang akan dibuka selama 24 jam. “Para pemudik juga bisa memanggil sewaktu-waktu melalui No. HP 082211555119,” ucapnya.

No. HP tersebut imbuhnya, bisa digunakan untuk mengetahui keadaan RS di Kota Tegal dan persediaan darah di PMI Kota Tegal.

Sementara itu, hadir dalam Rakor tersebut, Dirjen pelayanan kesehatan dr. Bambang wibowo, Sp.OG(K), MARS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan se-Jateng dan instansi terkait.

Berita Lainnya

Bersama Habib Thohir, Walikota Tegal Tunaikan Subuh Berjamaah di PAI.
Berita 28 Sep, 2018

Bersama Habib Thohir, Walikota Tegal Tunaikan Subuh Berjamaah di PAI.

TEGAL- Bersama Habib Thohir Al Kaff dan Jamaah Rotibayn, Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.Mpd tunaikan Sholat Subuh berjamaah di…

Lima Pasangan Calon Daftar ke KPU Kota Tegal
Berita 11 Jan, 2018

Lima Pasangan Calon Daftar ke KPU Kota Tegal

TEGAL-Sampai batas akhir pendaftaran bakal pasangan calon, 10 Januari 2018 pukul 24.00, terdapat lima pasangan yang akan mengikuti Pilkada Kota…

Lahan Pertanian Masih Terendam, Warga Manfaatkan Untuk Memancing.
Berita 26 Feb, 2018

Lahan Pertanian Masih Terendam, Warga Manfaatkan Untuk Memancing.

TEGAL - Ribuan hektar lahan pertanian siap panen masih terendam. Sehingga membuat petani gagal panen, karena air terus membanjiri persawahan…

Pengembangan Kampung KB Akan Terus Ditingkatkan
Berita 03 Mar, 2018

Pengembangan Kampung KB Akan Terus Ditingkatkan

TEGAL - Keberadaan Kampung Keluarga Berencana (KB) yang ada disetiap kecamatan akan terus dikembangkan. Sehingga untuk ke depanya target setiap…

Dishub Telah Siapkan Sarana dan Prasarana Jalur Mudik
Berita 18 Jun, 2017

Dishub Telah Siapkan Sarana dan Prasarana Jalur Mudik

TEGAL-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung sepanjang jalur mudik. Dari pintu keluar Brexit sampai dengan…

Peningkatan Hasil Pengumpulan Bulan Dana PMI Kota Tegal
Berita 08 Mar, 2017

Peningkatan Hasil Pengumpulan Bulan Dana PMI Kota Tegal

TEGAL – Pada Kamis (2/3) malam nampak Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal di Ruang Adipura untuk melaksanakan kegitan…

Most from this category