Pos Yankes Akan Disebar Di Wilayah Jateng

TEGAL- Menyambut arus mudik dan arus balik lebaran 2017, 92 pos pelayanan kesehatan akan disebar diseluruh wilayah Jawa Tengah baik di jalur pantura, jalur tengah maupun jalur selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto, saar rapat koordinasi  penyelenggraan kesehatan pada situasi khusus mudik lebaran tahun 2017, kemarin (9/6) di ruang rapat BP4 Kota Tegal.

Di Jawa Tengah sendiri, terdapat 875 puskesmas, RSU pemerintah 54, RS khusus pemerintah 8, RSU Swasta 162 dan RS khusus swasta 43, yang akan siap siaga melayani para pemudik selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Yulianto meminta kepada semua pos pelayanan kesehatan supaya merespon dengan cepat < 24 jam setiap kejadian krisis kesehatan untuk koordinasi upaya penanggulangan disetiap pos pelayanan kesehatan secara berjenjang.

Disetiap posko, lanjut Yulianto disetiap posko lebaran disiap siagakan satu tim kesehatan selama 24 jam yang terdiri dari 1 dokter, 1 perawat, 1 pengemudi dan 1 unit ambulance.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Suharjo melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Dasar, Rujukan dan Tradisional Sukma Dewi mengatakan bahwa di Kota Tegal sendiri membuka lima titik posko kesehatan saat arus mudik dan balik lebaran tahun 2017, yakni di Kaligangsa, puskesmas Margadana, PPIB dan Stasiun.

Posko kesehatan akan dibuka sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran yang akan dibuka selama 24 jam. “Para pemudik juga bisa memanggil sewaktu-waktu melalui No. HP 082211555119,” ucapnya.

No. HP tersebut imbuhnya, bisa digunakan untuk mengetahui keadaan RS di Kota Tegal dan persediaan darah di PMI Kota Tegal.

Sementara itu, hadir dalam Rakor tersebut, Dirjen pelayanan kesehatan dr. Bambang wibowo, Sp.OG(K), MARS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan se-Jateng dan instansi terkait.

Berita Lainnya

Musrembangcam Tegal Timur Usulkan 18 Usulan Fisik dan Non Fisik
Berita 25 Feb, 2019

Musrembangcam Tegal Timur Usulkan 18 Usulan Fisik dan Non Fisik

TEGAL – Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrembang) Tegal Timur digelar di Pendopo Kecamatan Tegal Timur, Senin (25/2). Sebanyak 18 usulan…

Dikeluhkan Nelayan, “Kali Bacin” Akan Dinormalisasi
Berita 07 Jan, 2020

Dikeluhkan Nelayan, “Kali Bacin” Akan Dinormalisasi

Persoalan pendangkalan Kali Bacin di Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Tegal Barat, mendapatkan titik terang, pendangkalan Kali bacin akan ditangani Pemerintah…

Stan Kota Tegal Diisi Produk-produk UMKM
Berita 04 Jul, 2019

Stan Kota Tegal Diisi Produk-produk UMKM

Stan Kota Tegal di Indonesia City Ekspo yang merupakann rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia…

Kembali Lagi, Kota Tegal Raih Dua Penghargaan
Berita 30 Jul, 2018

Kembali Lagi, Kota Tegal Raih Dua Penghargaan

Kota Tegal kembali mendapatkan dua penghargaan beberapa waktu lalu, kedua penghargaan tersbeut diantanya, diberikan oleh kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…

Walikota Tegal Hadiri Perayaan HUT ke-47 PDIP
Berita 18 Jan, 2020

Walikota Tegal Hadiri Perayaan HUT ke-47 PDIP

Tegal - Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE. MM menghadiri perayaan HUT Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ke-47…

UPS Tegal Adakan PISELT
Berita 11 Dec, 2017

UPS Tegal Adakan PISELT

TEGAL – Penyelenggaraan Pancasakti Internasional Seminar on English LanguageTeaching (PISELT) yang pertama oleh Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan yang dihadiri sekitar…

Most from this category