Pos Yankes Akan Disebar Di Wilayah Jateng

TEGAL- Menyambut arus mudik dan arus balik lebaran 2017, 92 pos pelayanan kesehatan akan disebar diseluruh wilayah Jawa Tengah baik di jalur pantura, jalur tengah maupun jalur selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto, saar rapat koordinasi  penyelenggraan kesehatan pada situasi khusus mudik lebaran tahun 2017, kemarin (9/6) di ruang rapat BP4 Kota Tegal.

Di Jawa Tengah sendiri, terdapat 875 puskesmas, RSU pemerintah 54, RS khusus pemerintah 8, RSU Swasta 162 dan RS khusus swasta 43, yang akan siap siaga melayani para pemudik selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Yulianto meminta kepada semua pos pelayanan kesehatan supaya merespon dengan cepat < 24 jam setiap kejadian krisis kesehatan untuk koordinasi upaya penanggulangan disetiap pos pelayanan kesehatan secara berjenjang.

Disetiap posko, lanjut Yulianto disetiap posko lebaran disiap siagakan satu tim kesehatan selama 24 jam yang terdiri dari 1 dokter, 1 perawat, 1 pengemudi dan 1 unit ambulance.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Suharjo melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Dasar, Rujukan dan Tradisional Sukma Dewi mengatakan bahwa di Kota Tegal sendiri membuka lima titik posko kesehatan saat arus mudik dan balik lebaran tahun 2017, yakni di Kaligangsa, puskesmas Margadana, PPIB dan Stasiun.

Posko kesehatan akan dibuka sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran yang akan dibuka selama 24 jam. “Para pemudik juga bisa memanggil sewaktu-waktu melalui No. HP 082211555119,” ucapnya.

No. HP tersebut imbuhnya, bisa digunakan untuk mengetahui keadaan RS di Kota Tegal dan persediaan darah di PMI Kota Tegal.

Sementara itu, hadir dalam Rakor tersebut, Dirjen pelayanan kesehatan dr. Bambang wibowo, Sp.OG(K), MARS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan se-Jateng dan instansi terkait.

Berita Lainnya

Komunitas Paser Mania Tegal Rayakan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018
Berita 26 Aug, 2018

Komunitas Paser Mania Tegal Rayakan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018

Tegal –Tidak hanya sekedar hobi mencari ikan, Komunitas Paser Ikan Tegal juga peduli dengan kelestarian alam dan habitatnya, dalam rangka…

Koramil Lakukan Komsos dengan Warga
Berita 24 Feb, 2018

Koramil Lakukan Komsos dengan Warga

TEGAL - Koramil bantu pemulihan psikis warga, melakukan komunikasi sosial (komsos) berkeliling kw wilayah Kecamatan Margadana. Jum'at (23/2). Danramil Sumurpanggang…

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan
Berita 08 Apr, 2019

Wali Kota Serahkan Santunan Kematian Alm. Andi Kurniawan

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Andi Kurniawan salah seorang Pegawai Negeri Sipil…

Koramil Tegal Timur Komsos Dengan Warga
Berita 26 Mar, 2019

Koramil Tegal Timur Komsos Dengan Warga

Tegal - KORAMIl 02/Tegal Timur melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga di wilayah Kecamatan Tegal Timur. Komsos dilakukan dengan mengadakan…

Lomba Krenova Kembali Digelar
Berita 02 Feb, 2017

Lomba Krenova Kembali Digelar

TEGAL- Pengembangan kreativitas dan kemampuan inovasi terbukti dapat menghasilkan berbagai produk industri/rekayasa yang potensial sehingga sangat berguna untuk masyarakat. Oleh…

Tangis Haru Warnai Pelepasan Wisuda UPS Tegal
Berita 06 Sep, 2017

Tangis Haru Warnai Pelepasan Wisuda UPS Tegal

TEGAL-Berbagai prosesi digelar saat pelepasan calon wisudawan Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Prosesi yang membuat terharu, saat seluruh mahasiswa mengucapkan…

Most from this category