7 Hari sebelum Lebaran, Perusahaan Wajib Bayar THR

TEGAL-Para pengusaha di Kota Tegal dihimbau agar membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada  karyawan selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya idul fitri.

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal menghimbau kepada seluruh perusahaan di Kota Tegal supaya memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja atau buruh paling lambat H-7 Lebaran.

Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal Haryana melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial Umi Pramunarti, Rabu (7/6/) menyampaikan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri..

“Kami  himbau agar para pengusaha membayar THR karyawan. Termasuk karyawan yang baru bekerja selama satu bulan secara proporsional,” kata Umi.

Lebih lanjut Umi menuturkan bahwa THR wajib diberikan kepada pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih. Sesuai aturan, besaran THR ditetapkan untuk pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan sebesar satu bulan upah.

“Sedangkan untuk pekerja atau buruh yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja. Perhitungannya, masa kerja dibagi 12 bulan dikalikan dengan satu bulan upah,” ucapnya.

Di Kota Tegal sendiri terdapat 461 perusahaan yang wajib lapor ke dinas. Perusahaan tersebut dari yang berbentuk industri kecil menengah sampai perusahaan besar. Jumlah tenaga kerja yang bekerja di kota ini tercatat 19.713 orang, terdiri dari 8.297 laki-laki dan 11.416 perempuan. Saat ini, besaran Upah Minimum Kota (UMK) Kota Tegal Rp1,4 juta.

Berita Lainnya

Poltek Harapan Bersama Tegal Raih Juara 3 Nasional Lomba Aplikasi
Berita 09 Nov, 2017

Poltek Harapan Bersama Tegal Raih Juara 3 Nasional Lomba Aplikasi

TEGAL - Tower Bersama Infrastructure menggelar TBIG CreatiON 2017 yang merupakan lomba aplikasi dan IoT untuk mahasiswa. Event berskala nasional yang mengambil…

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi
Berita 04 Aug, 2017

Reni Pilih Kota Tegal Yang Pro Investasi

Tegal – Kota Tegal sebagai kota pro investasi mempunyai daya tarik tersendiri bagi para investor yang ingin melebarkan sayap usahanya…

Jangan Pernah Lupa Kepada Orang Yang Telah Menanam Kebaikan dan Jasa Kedalam Hidup Kita
Berita 06 Jul, 2017

Jangan Pernah Lupa Kepada Orang Yang Telah Menanam Kebaikan dan Jasa Kedalam Hidup Kita

Tegal – Acara pelepasan Siswa Siswi kelas 6 SD Bandung 2 Kota Tegal terasa sangat istimewa dan memberi kesan mendalam…

Berikut 20 Calon Anggota PPK Kota Tegal
Berita 31 Oct, 2017

Berikut 20 Calon Anggota PPK Kota Tegal

TEGAL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal telah mengumumkan 20 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Tegal, Kemarin (30/10/17). Divisi SDM…

Berita 16 Aug, 2017

sambutan gub detik-detik Proklamasi

[embeddoc url="http://wartabahari.com/wp-content/uploads/2017/08/attachment.pdf" download="all"]

KKP akan Gelar Wayang Golek dan Sarasehan untuk lebih dekat degan nelayan.
Berita 06 Nov, 2017

KKP akan Gelar Wayang Golek dan Sarasehan untuk lebih dekat degan nelayan.

Tegal – Rencana Kementerian Kelautan dan Perikan (KKP) Republik Indonesia pada tangal 13 November 2017 mendatang akan menggelar wayang golek…

Most from this category