PKTJ Gelar Kuliah Umum

TEGAL- Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) menggelar kuliah umum dengan tema Prespektif Nilai-nilai Pancasila Dalam Rangka Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jum’at (2/6) di Aula Poltran Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Slerok Kec. Tegal Timur.

Hadir pada acara tersebut antara lain Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyanto, Adc, M.Si, Pembantu Direktur dan Dosen PKTJ Tegal dan 500 peserta Seminar Taruna/Taruni.

Sebagai narasumber pada kuliah umum tersebut Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono mewakili Dandim 0712/Tegal dan Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA.

Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyoto, Adc, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang sudah hadir memenuhi undangan kami dalam rangka mengisi acara kuliah umum.

“Kepada para peserta saya sampaikan agar kegiatan ini dapat diikuti dan disimak dengan baik sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sekalian,” kaya Yudi.

Dalam paparannya Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono, memberikan materi tentang Sejarah Penjajahan. Sugihartono menyampaikan penjajahan di Indonesia sangat lama terjadi sebelum bangsa Indonesia bisa merdeka. Sebelum di jajah oleh beberapa negara diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang.

“Bangsa barat datang ke Indonesia pada awalnya bertujuan untuk menguasai Indonesia. Karena Indonesia kaya akan hasil buminya. Termasuk rempah-rempah, bangsa barat datang ke Indonesia,” ungkap Sugihartono.

Sementara, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA, menyampaikan materi tentang Pendidikan Pancasila. Muhibbin menyampaikan pancasila lahir dan digali dari bumi nusantara. Bung Karno menyatakan sebagai pengemban amanat penderitaan rakyat, penyambung lidah bangsa.

“Presiden pertama RI tersebut menyampaikan hal tersebut dalam orasi peringatan hari lahirnya Pancasila, di halaman gedung Departemen Luar Negeri Jakarta tahun 1964,” ungkap Muhibbin.

Kemudian,  pancasila digali dari kebudayaan  bangsa sendiri, maksudnya adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila tersebut berasal dari pola dan prinsip kehidupan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari butir-butir pancasila,didalamnya terdapat nilai dan norma yang terkandung dalam pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Dinkes Gelar Rakor Jelang Imunisasi Measles Rubella
Berita 25 Jul, 2017

Dinkes Gelar Rakor Jelang Imunisasi Measles Rubella

TEGAL- Untuk mensukseskan Imunisasi measles rubella (MR) yang anak serentak dilaksanakan bulan Agustus-September 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal menggelar…

HLUN, Dinkes Kota Tegal Berikan Pemeriksaan Gratis
Berita 02 Aug, 2017

HLUN, Dinkes Kota Tegal Berikan Pemeriksaan Gratis

TEGAL- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal ikut berpartisipasi dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Diinkes memberikanan pelayanan gratis kepada…

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal
Berita 04 Mar, 2018

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal

PEMALANG-Pada saat berlangsungnya Agresi Militer Belanda Ke-2 tahun 1947, bertempat di Dukuh Posongan Comal Kabupaten Pemalang telah terjadi Pertempuran Sengit…

KPU Kota Tegal Serahkan Verifikasi Berkas Administasi Parpol
Berita 16 Nov, 2017

KPU Kota Tegal Serahkan Verifikasi Berkas Administasi Parpol

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menyerahkan hasil Verifikasi Administrasi Berkas Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, Kamis…

Dua Seniman Nyentrik Hadir di Diskusi Sastra PBIna UPS Tegal
Berita 24 Mar, 2018

Dua Seniman Nyentrik Hadir di Diskusi Sastra PBIna UPS Tegal

TEGAL - Pembelajaran perkuliahan di Universitas Pancasakti Tegal khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIna) nampak berbeda seperti biasa. Perbedaan…

Jelang Ramadhan Miras di Musnahkan
Berita 26 May, 2017

Jelang Ramadhan Miras di Musnahkan

TEGAL – Menjalang ramadhan Polres Tegal Kota mengadakan pemusnahan 6.800 botol minuman keras ilegal berbagai merk pada hari Jum’at (26/5)…

Most from this category