PKTJ Gelar Kuliah Umum

TEGAL- Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) menggelar kuliah umum dengan tema Prespektif Nilai-nilai Pancasila Dalam Rangka Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jum’at (2/6) di Aula Poltran Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Slerok Kec. Tegal Timur.

Hadir pada acara tersebut antara lain Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyanto, Adc, M.Si, Pembantu Direktur dan Dosen PKTJ Tegal dan 500 peserta Seminar Taruna/Taruni.

Sebagai narasumber pada kuliah umum tersebut Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono mewakili Dandim 0712/Tegal dan Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA.

Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyoto, Adc, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang sudah hadir memenuhi undangan kami dalam rangka mengisi acara kuliah umum.

“Kepada para peserta saya sampaikan agar kegiatan ini dapat diikuti dan disimak dengan baik sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sekalian,” kaya Yudi.

Dalam paparannya Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono, memberikan materi tentang Sejarah Penjajahan. Sugihartono menyampaikan penjajahan di Indonesia sangat lama terjadi sebelum bangsa Indonesia bisa merdeka. Sebelum di jajah oleh beberapa negara diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang.

“Bangsa barat datang ke Indonesia pada awalnya bertujuan untuk menguasai Indonesia. Karena Indonesia kaya akan hasil buminya. Termasuk rempah-rempah, bangsa barat datang ke Indonesia,” ungkap Sugihartono.

Sementara, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA, menyampaikan materi tentang Pendidikan Pancasila. Muhibbin menyampaikan pancasila lahir dan digali dari bumi nusantara. Bung Karno menyatakan sebagai pengemban amanat penderitaan rakyat, penyambung lidah bangsa.

“Presiden pertama RI tersebut menyampaikan hal tersebut dalam orasi peringatan hari lahirnya Pancasila, di halaman gedung Departemen Luar Negeri Jakarta tahun 1964,” ungkap Muhibbin.

Kemudian,  pancasila digali dari kebudayaan  bangsa sendiri, maksudnya adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila tersebut berasal dari pola dan prinsip kehidupan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari butir-butir pancasila,didalamnya terdapat nilai dan norma yang terkandung dalam pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Di Usianya ke 437 Kota Tegal Terus Raih Prestasi
Berita 13 Apr, 2017

Di Usianya ke 437 Kota Tegal Terus Raih Prestasi

TEGAL – Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal dengan Acara Memperingati Hari Jadi ke-437 Kota Tegal, Selasa (11/04) di…

64 orang Tim Teknis OPD ikuti Workshop LKjIP tahun 2017
Berita 14 Feb, 2017

64 orang Tim Teknis OPD ikuti Workshop LKjIP tahun 2017

TEGAL - Dalam upayanya meningkatkan kinerja serta membekali ilmu pengetahuan bagi Tim Teknis penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2016…

Karang Taruna Tegal Selatan Adakan Lomba Mewarnai
Berita 19 Apr, 2017

Karang Taruna Tegal Selatan Adakan Lomba Mewarnai

TEGAL – Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/RA/TK dan SD/MI Se Kecamatan Tegal Selatan yang dilaksankan oleh Karang Taruna Kecamatan Tegal Selatan…

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.
Berita 01 Feb, 2017

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.

Jakarta – Prestasi demi prestasi diraih Pemerintah Kota Tegal di Era Kepemimpinan sekarang, diawal tahun 2017 sudah bertambah satu lagi,…

Niken: Sebut Kota Kuliner, Kita Harus Bangga
Berita 15 Feb, 2017

Niken: Sebut Kota Kuliner, Kita Harus Bangga

TEGAL-Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu saat Walikota Tegal tampil acara salah satu televisi swasta mengatakan bahwa selain terkenal…

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang
Berita 31 May, 2017

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang

TEGAL-Kepadatan arus kendaraan pemudik jalur pantura (pantai utara) diprediksi bakal berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dikarenakan tol pejagan-pemalang…

Most from this category