PKTJ Gelar Kuliah Umum

TEGAL- Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) menggelar kuliah umum dengan tema Prespektif Nilai-nilai Pancasila Dalam Rangka Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jum’at (2/6) di Aula Poltran Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Slerok Kec. Tegal Timur.

Hadir pada acara tersebut antara lain Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyanto, Adc, M.Si, Pembantu Direktur dan Dosen PKTJ Tegal dan 500 peserta Seminar Taruna/Taruni.

Sebagai narasumber pada kuliah umum tersebut Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono mewakili Dandim 0712/Tegal dan Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA.

Direktur PKTJ Tegal Yudi Karyoto, Adc, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang sudah hadir memenuhi undangan kami dalam rangka mengisi acara kuliah umum.

“Kepada para peserta saya sampaikan agar kegiatan ini dapat diikuti dan disimak dengan baik sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sekalian,” kaya Yudi.

Dalam paparannya Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono, memberikan materi tentang Sejarah Penjajahan. Sugihartono menyampaikan penjajahan di Indonesia sangat lama terjadi sebelum bangsa Indonesia bisa merdeka. Sebelum di jajah oleh beberapa negara diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang.

“Bangsa barat datang ke Indonesia pada awalnya bertujuan untuk menguasai Indonesia. Karena Indonesia kaya akan hasil buminya. Termasuk rempah-rempah, bangsa barat datang ke Indonesia,” ungkap Sugihartono.

Sementara, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, MA, menyampaikan materi tentang Pendidikan Pancasila. Muhibbin menyampaikan pancasila lahir dan digali dari bumi nusantara. Bung Karno menyatakan sebagai pengemban amanat penderitaan rakyat, penyambung lidah bangsa.

“Presiden pertama RI tersebut menyampaikan hal tersebut dalam orasi peringatan hari lahirnya Pancasila, di halaman gedung Departemen Luar Negeri Jakarta tahun 1964,” ungkap Muhibbin.

Kemudian,  pancasila digali dari kebudayaan  bangsa sendiri, maksudnya adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila tersebut berasal dari pola dan prinsip kehidupan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari butir-butir pancasila,didalamnya terdapat nilai dan norma yang terkandung dalam pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Giliran Mustahik Kecamatan Margadana Mendapat Paket Sembako.
Berita 22 Jun, 2017

Giliran Mustahik Kecamatan Margadana Mendapat Paket Sembako.

Tegal – Tidak Kurang dari 200 orang Mustahik Kecamatan Margadana menerima  Penyaluran dana Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) dalam bentuk…

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan
Berita 12 Dec, 2016

Peringati Hari Nusantara Pemkot Tegal Beri Asuransi kepada 520 Nelayan

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember lalu Pemerintah Kota Tegal memberikan asuransi kepada 520…

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis
Berita 25 Apr, 2017

Rutiningsih : Tidak Disangka Saya Mendapatkan Hadiah Umroh Gratis

TEGAL – Penyelenggraan Jalan Sehat yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tegal dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tegal ke 437…

Keceriaan Para Pekerja Stasiun Besar Tegal Menerima Bingkisan Dari Walikota Tegal.
Berita 19 Jun, 2017

Keceriaan Para Pekerja Stasiun Besar Tegal Menerima Bingkisan Dari Walikota Tegal.

Tegal – Bulan suci Ramadan benar-benar membawa keberkahan bagi para pekerja di Stasiun Besar Tegal  ini mulai dari tenaga porter,…

Walikota Berbagi dengan Warga Tegalsari
Berita 20 Jun, 2017

Walikota Berbagi dengan Warga Tegalsari

TEGAL – Pelaksanaan Terawih dan Silatrurahim (Tarhim) Walikota Tegal bersama masyarakat Kota Tegal pada malam ke 25 bulan ramadhan (19/6)…

2017, Walikota Fokus Pembangunan Taman Kota
Berita 17 Jan, 2017

2017, Walikota Fokus Pembangunan Taman Kota

TEGAL- Pembenahan dan Pembangunan berbagai Taman Kota menjadi salah fokus Pemerintah Kota Tegal di Tahun 2017. Hal itu diungkapkan walikota…

Most from this category