Pendidikan karakter, Benteng Siswa Hadapi Ancaman dan Bahaya Narkoba.

TEGAL – Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak siswa siswi SMA/SMK se Kota Tegal untuk selalu membentengi diri dari berbagai ancaman dan bahaya yang ditimbulkan Narkoba.

Hal itu disampaikan Walikota saat menjadi keynote speakear dalam seminar Pendidikan Karakter Pancasila yang diselenggarakan oleh DPD Gerakan Bela Negara (GBN) Kota Tegal di Gedung Eks Samsat. Rabu. (17/5).

Seminar yang diikitu oleh 200 orang siswa serta 100 orang guru se Kota Tegal ini mengambil tema “Pancasila sebagai Norma Etik Berbangsa dan Bernegara”.

Walikota mengatakan pendidikan karakter merupakan bagian terpenting untuk memajukan kesempurnaan hidup anak sebagai generasi penerus bangsa guna memunculkan karakter kuat, jujur serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus menjadi bagian dari norma etik berbangsa dan bernegara dalam kehidupan generasi muda.

Sebagai generasi penerus bangsa yang masih menuntut ilmu, seorang siswa dikatakan Walikota tidak perlu memikirkan hal-hal lain selain pendidikannya. “Jangan sampai pengorbanan orang tua untuk memiliki  anak yang berhasil dalam pendidikanya menjadi sia-sia”, ucapnya.

Seorang anak juga harus dapat membentengi diri dari jeratan narkoba. “Anak-anak sekolah adalah target dari peredaran narkoba, tujuannya satu mengahancurkan satu generasi bangsa indonesia”,tegas Walikota.

Karakter dikatakan Walikota merupakan cerminan pribadi, selian itu kemajuan bangsa juga tidak lepas kemajuan pendidikan, kesehatan,ekonomi serta penaman karakter bagi masyarakatnya. Peran dunia pendidikan juga harus menjadi motor fasilitas pembangunan karakter untuk menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya menanamkan karakter.

Karena itu Walikota berharap melalui seminar ini, anak-anak sekolah dapat mengerti tentang substansi yang terkandung dalam pancasila. “Harapannya dengan karakter yang kuat, siswa mampu mampu membentengi dari berbagai tantangan serta gangguan baik dari dalam maupun dari luar”pungkas Walikota.

Sementara itu Ketua DPD GBN Kota Tegal Drs.Rismono, MM mengungkapkan apresiasi serta dukunganya kepada Walikota yang telah begitu peduli terhadap pendidikan di Kota Tegal. Dalam seminar tersebut pihaknya bahkan menunjukan video ketika Walikota melakukan blusukan ke SMP N 17 Kota Tegal . “Inilah salah bentuk perhatian Walikota, sering melakukan blusukan ke sekolah melihat langsung kondisi dilapangan”,ucapnya.

Tidak hanya itu, dalam berbagai kesempatan Walikota juga selalu mengajak anak-anak sekolah agar menjauhi segela bentuk kekerasan narkoba. “Hal ini sangat positif dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak”, pungkasnya.

Berita Lainnya

KPU Ajak Pelajar Jadi Pemilih Cerdas
Berita 06 Nov, 2018

KPU Ajak Pelajar Jadi Pemilih Cerdas

TEGAL-Komisioner KPU Kota Tegal, Thomas Budiono mengajak para pelajar menjadi pemilih yang cerdas. Menurut Thomas, pemilih yang cerdas mempu menyaring…

Upacara Penurunan Bendera di Meriahkan Barongsay dan PBB Tanpa Aba-aba
Berita 24 Aug, 2017

Upacara Penurunan Bendera di Meriahkan Barongsay dan PBB Tanpa Aba-aba

TEGAL – Pelaksanaan Upacara Penutupan Bendera Merah Putih Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 berjalan lancar. Kegiatan …

Ketua Panwaslu : Pelaku Money Politik, Baik Pemberi dan Penerima Akan di Pidana
Berita 08 Nov, 2017

Ketua Panwaslu : Pelaku Money Politik, Baik Pemberi dan Penerima Akan di Pidana

TEGAL - Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto menegaskan bahwa dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 mendatang tidak…

Dahsyat! 13 Aktor Teater Akar Adu Monolog
Berita 15 Sep, 2017

Dahsyat! 13 Aktor Teater Akar Adu Monolog

TEGAL – Pelaksanaan Parade Monolog yang digelar sejak tanggal 13-14 September 2017 oleh Teater Akar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan…

Dandim Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP
Berita 10 Nov, 2018

Dandim Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP

TEGAL- Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskel Sangari memimpin Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP)…

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Golkar
Berita 17 Jul, 2018

Berikut Daftar Nama Bakal Calon Legislatif dari Partai Golkar

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 pada Selasa,…

Most from this category