Pendidikan karakter, Benteng Siswa Hadapi Ancaman dan Bahaya Narkoba.

TEGAL – Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak siswa siswi SMA/SMK se Kota Tegal untuk selalu membentengi diri dari berbagai ancaman dan bahaya yang ditimbulkan Narkoba.

Hal itu disampaikan Walikota saat menjadi keynote speakear dalam seminar Pendidikan Karakter Pancasila yang diselenggarakan oleh DPD Gerakan Bela Negara (GBN) Kota Tegal di Gedung Eks Samsat. Rabu. (17/5).

Seminar yang diikitu oleh 200 orang siswa serta 100 orang guru se Kota Tegal ini mengambil tema “Pancasila sebagai Norma Etik Berbangsa dan Bernegara”.

Walikota mengatakan pendidikan karakter merupakan bagian terpenting untuk memajukan kesempurnaan hidup anak sebagai generasi penerus bangsa guna memunculkan karakter kuat, jujur serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus menjadi bagian dari norma etik berbangsa dan bernegara dalam kehidupan generasi muda.

Sebagai generasi penerus bangsa yang masih menuntut ilmu, seorang siswa dikatakan Walikota tidak perlu memikirkan hal-hal lain selain pendidikannya. “Jangan sampai pengorbanan orang tua untuk memiliki  anak yang berhasil dalam pendidikanya menjadi sia-sia”, ucapnya.

Seorang anak juga harus dapat membentengi diri dari jeratan narkoba. “Anak-anak sekolah adalah target dari peredaran narkoba, tujuannya satu mengahancurkan satu generasi bangsa indonesia”,tegas Walikota.

Karakter dikatakan Walikota merupakan cerminan pribadi, selian itu kemajuan bangsa juga tidak lepas kemajuan pendidikan, kesehatan,ekonomi serta penaman karakter bagi masyarakatnya. Peran dunia pendidikan juga harus menjadi motor fasilitas pembangunan karakter untuk menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya menanamkan karakter.

Karena itu Walikota berharap melalui seminar ini, anak-anak sekolah dapat mengerti tentang substansi yang terkandung dalam pancasila. “Harapannya dengan karakter yang kuat, siswa mampu mampu membentengi dari berbagai tantangan serta gangguan baik dari dalam maupun dari luar”pungkas Walikota.

Sementara itu Ketua DPD GBN Kota Tegal Drs.Rismono, MM mengungkapkan apresiasi serta dukunganya kepada Walikota yang telah begitu peduli terhadap pendidikan di Kota Tegal. Dalam seminar tersebut pihaknya bahkan menunjukan video ketika Walikota melakukan blusukan ke SMP N 17 Kota Tegal . “Inilah salah bentuk perhatian Walikota, sering melakukan blusukan ke sekolah melihat langsung kondisi dilapangan”,ucapnya.

Tidak hanya itu, dalam berbagai kesempatan Walikota juga selalu mengajak anak-anak sekolah agar menjauhi segela bentuk kekerasan narkoba. “Hal ini sangat positif dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak”, pungkasnya.

Berita Lainnya

Tegal Bakal Selenggarakan Invofest 2018 : Event IT untuk Kaum Millenial
Berita 09 Oct, 2018

Tegal Bakal Selenggarakan Invofest 2018 : Event IT untuk Kaum Millenial

TEGAL - Dalam rangka mengembangkan potensi kaum millennial dalam bidang IT di wilayah Tegal pada khususnya dan di Indonesia pada…

Teladani Nabi Muhammad, Pupuk Rasa Saling Mengasihi
Berita 18 Dec, 2018

Teladani Nabi Muhammad, Pupuk Rasa Saling Mengasihi

Dalam sambutan pada Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selasa (18/12),…

Wujudkan Masyarakat Gemar Baca Tulis, FTBM Kota Tegal Adakan Kemah Literasi
Berita 30 Jan, 2018

Wujudkan Masyarakat Gemar Baca Tulis, FTBM Kota Tegal Adakan Kemah Literasi

TEGAL- Dalam upayanya menciptakan masyarakat yang gemar membaca dan menulis Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Tegal bekerjasama dengan Pemerintah…

Progres Pembangunan Pasar Kejambon Sudah 23 Persen
Berita 05 Sep, 2017

Progres Pembangunan Pasar Kejambon Sudah 23 Persen

TEGAL-Progres pembangunan Pasar Kejambon Kota Tegal menunjukkan kemajuan positif. Hingga saat ini, proyek yang didanai APBD II itu sudah rampung…

Gelar Kordinasi dan Sosialisasi, Bulog Targetkan Penyerapan Gabah/Beras Maksimal
Berita 24 Aug, 2017

Gelar Kordinasi dan Sosialisasi, Bulog Targetkan Penyerapan Gabah/Beras Maksimal

TEGAL-Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre 6 Pekalongan  menargetkan penyerapan gabah/beras di wilayah sub divre Pekalongan sampai dengan akhir tahun 2017…

Pengecer Tabung Gas Raih Hadiah Mobil Undian Tabungan Bima Bank Jateng
Berita 02 Apr, 2018

Pengecer Tabung Gas Raih Hadiah Mobil Undian Tabungan Bima Bank Jateng

TEGAL- Arghoda Gois Warga Jalan Belimbing Kelurahan Pekauman Kota Tegal  yang sehari-hari berprofesi sebagai pengecer tabung gas menjadi orang beruntung…

Most from this category