Pendidikan karakter, Benteng Siswa Hadapi Ancaman dan Bahaya Narkoba.

TEGAL – Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak siswa siswi SMA/SMK se Kota Tegal untuk selalu membentengi diri dari berbagai ancaman dan bahaya yang ditimbulkan Narkoba.

Hal itu disampaikan Walikota saat menjadi keynote speakear dalam seminar Pendidikan Karakter Pancasila yang diselenggarakan oleh DPD Gerakan Bela Negara (GBN) Kota Tegal di Gedung Eks Samsat. Rabu. (17/5).

Seminar yang diikitu oleh 200 orang siswa serta 100 orang guru se Kota Tegal ini mengambil tema “Pancasila sebagai Norma Etik Berbangsa dan Bernegara”.

Walikota mengatakan pendidikan karakter merupakan bagian terpenting untuk memajukan kesempurnaan hidup anak sebagai generasi penerus bangsa guna memunculkan karakter kuat, jujur serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus menjadi bagian dari norma etik berbangsa dan bernegara dalam kehidupan generasi muda.

Sebagai generasi penerus bangsa yang masih menuntut ilmu, seorang siswa dikatakan Walikota tidak perlu memikirkan hal-hal lain selain pendidikannya. “Jangan sampai pengorbanan orang tua untuk memiliki  anak yang berhasil dalam pendidikanya menjadi sia-sia”, ucapnya.

Seorang anak juga harus dapat membentengi diri dari jeratan narkoba. “Anak-anak sekolah adalah target dari peredaran narkoba, tujuannya satu mengahancurkan satu generasi bangsa indonesia”,tegas Walikota.

Karakter dikatakan Walikota merupakan cerminan pribadi, selian itu kemajuan bangsa juga tidak lepas kemajuan pendidikan, kesehatan,ekonomi serta penaman karakter bagi masyarakatnya. Peran dunia pendidikan juga harus menjadi motor fasilitas pembangunan karakter untuk menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya menanamkan karakter.

Karena itu Walikota berharap melalui seminar ini, anak-anak sekolah dapat mengerti tentang substansi yang terkandung dalam pancasila. “Harapannya dengan karakter yang kuat, siswa mampu mampu membentengi dari berbagai tantangan serta gangguan baik dari dalam maupun dari luar”pungkas Walikota.

Sementara itu Ketua DPD GBN Kota Tegal Drs.Rismono, MM mengungkapkan apresiasi serta dukunganya kepada Walikota yang telah begitu peduli terhadap pendidikan di Kota Tegal. Dalam seminar tersebut pihaknya bahkan menunjukan video ketika Walikota melakukan blusukan ke SMP N 17 Kota Tegal . “Inilah salah bentuk perhatian Walikota, sering melakukan blusukan ke sekolah melihat langsung kondisi dilapangan”,ucapnya.

Tidak hanya itu, dalam berbagai kesempatan Walikota juga selalu mengajak anak-anak sekolah agar menjauhi segela bentuk kekerasan narkoba. “Hal ini sangat positif dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak”, pungkasnya.

Berita Lainnya

Janda Miskin Hidup di Gubuk Tanah Tetangga
Berita 28 Feb, 2018

Janda Miskin Hidup di Gubuk Tanah Tetangga

TEGAL - Janda miskin Tarkamah (65) hidup sebatang kara di gubuk ukuran 2 x 3 meter di tanah tetangga yang…

Lanal Tegal Gelar Bakti Sosial Kesehatan Berupa Donor Darah.
Berita 30 Nov, 2017

Lanal Tegal Gelar Bakti Sosial Kesehatan Berupa Donor Darah.

TEGAL - Dalam rangka memperingati Hari Armada Tahun 2107 Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bekerja sama dengan pihak PMI Kota…

Peringati Idul Adha, Pemerintah Kota Tegal Kurban 1 Ekor Sapi dan 20 Ekor Kambing
Berita 04 Sep, 2017

Peringati Idul Adha, Pemerintah Kota Tegal Kurban 1 Ekor Sapi dan 20 Ekor Kambing

TEGAL – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada hari Jumat 1 September 2017, Pemerintah…

Produksi Terasi Tegal Meningkat
Berita 18 Mar, 2017

Produksi Terasi Tegal Meningkat

TEGAL – Tidak sedikit orang yang gemar dengan terasi, bau khas mampu menyedot indra penciuman kita. Mungkin banyak mengenal terasi…

Wakili Tegal Timur, Kelurahan Slerok Siap Lomba KB Kes Tingkat Kota
Berita 10 Apr, 2018

Wakili Tegal Timur, Kelurahan Slerok Siap Lomba KB Kes Tingkat Kota

TEGAL - Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Senin (9/4) masuk dalam penilaian Lomba KB Kes tingkat Kota Tegal. Karena Slerok …

Overload, Orang Luar Dilarang Membuang Sampah di Pasar Bandung
Berita 22 Jan, 2018

Overload, Orang Luar Dilarang Membuang Sampah di Pasar Bandung

TEGAL - Tempat sampah yang ada di Pasar Bandung, Kota Tegal, hampir setiap hari kelebihan sampah. Karena sampah yang ada…

Most from this category