Pj. Wali Kota Tegal Hadiri Pelepasan Akhir Tahun TK-RA Sakila Kerti

Tegal – Penjabat (PJ) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menghadiri acara Pelepasan Akhir Tahun TK-RA Sakila Kerti Angkatan 12, Kesetaraan Paket A, B dan C Angkatan 7, Pengasong (Keaksaraan) Angkatan 8 di Aula Terminal Tipe A Kota Tegal, Sabtu (8/6) pagi.

Hadir artis dan penggiat literasi dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yessy Gusman dan seorang penulis ternama, Kang Maman, membersamai wisuda TK-RA Sakila Kerti.

Dadang Somantri dalam sambutannya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Sakila Kerti. Pihaknya yang baru menjabat Pj. Wali Kota Tegal merasa terkesan karena Sakila Kerti peduli dan memberikan manfaat kepada masyarakat kurang mampu, mereka yang putus sekolah, pengasong, dan membuka pelatihan pemberdayaan bagi mereka yang ingin berwirusaha.

Bahkan menggratiskan biaya sekolah peserta didiknya. Orang tua siswa hanya menyetorkan sampah plastik yang ada di rumahnya secara rutin untuk dikelola Sakila Kerti.
Tak tanggung-tanggung tamu yang hadir merupakan tamu yang luar biasa.

Pj. Wali Kota Tegal menambahkan upaya yang dilakukan Sakila Kerti harus menjadi contoh dan motivasi lembaga pendidikan lainnya. Sehingga pendidikan sebagai hak dasar manusia dirasakan seluruh masyarakat.

“Ini merupakan kepedulian yang luar biasa yang telah dilakukan Sakila Kerti untuk masyarakat. Mau merangkul dan memberdayakan masyarakat,” ujar Pj. Wali Kota Tegal.

Pengelola Sakila Kerti, Yusqon mengatakan, bahwa acara pelepasan merupakan kegiatan setiap tahun ketika peserta didik dinyatakan lulus dan siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Sebagai lembaga pendidikan non formal, Sakila Kerti merangkul warga pesisir yang ada di sekitar Pantai Alam Indah (PAI) Tegal dan warga di Terminal seperti pengasong, pedagang dan putra-putrinya. Untuk acara pelepasan ada sebanyak 50 siswa-siswi TK-RA, 39 siswa kejar paket, dan 28 pengasong program keaksaraan,” ujar Yusqon.

Kang Maman berpesan agar apa yang telah dilakukan Sakila Kerti terus berkelanjutan dan berkembang. Sehingga masyarakat kecil, atau mereka yang kurang mampu merasakan manfaatnya.

Yessy Gusman, menambahkan, sudah ketujuh kalinya berkunjung ke Sakila Kerti dari tahun ke tahun nampak perkembangannya, baik dalam tempatnya, maupun peserta didiknya.

Sementara itu, Asdep PAUD, Dasar dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jazziray Hartoyo membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyebutkan, bahwa pendidikan non formal tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab berkaca pada Sakila Kerti mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, baik mereka yang putus sekolah, buta aksara maupun mereka yang tidak mampu.

Sakila Kerti sebagai lembaga pendidikan non formal kerap mengadakan program pelatihan dan pemberdayaan, membekali mereka kemampuan berwirausaha. Ini membuktikan bahwa pendidikan non formal dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi keterbatasan yang ada dalam pendidikan formal.

“Pendidikan formal menawarkan fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat. Mudah menyesuaikan kurikulum dan metode pembelajaran dengan kebutuhan lokal dan perkembangan zaman, mampu menjangkau masyarakat yang tidak mengakses pendidikan formal, dan juga fokus pada program-program pemberdayaan,” ujarnya.(*)

Berita Lainnya

Pemkot Tegal Terima Penghargaan Top Inovasi Terpuji TOP 45 KIPP Tahun 2021
Berita 09 Nov, 2021

Pemkot Tegal Terima Penghargaan Top Inovasi Terpuji TOP 45 KIPP Tahun 2021

TEGAL - Kota Tegal terima penghargaan Top Inovasi Terpuji (TOP 45) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Klaster Kota tahun 2021…

PKK Adalah Mitra Kerja Pemerintah
Berita 23 Nov, 2017

PKK Adalah Mitra Kerja Pemerintah

TEGAL – Tim Penggerak Kota Tegal berkumpul di Ruang Adipura pada hari Kamis (23/11) untuk melaksanakan kegiatan Rapat Konsultasi Tim…

Pasar Murah Hari Ini Ada Di Kecamatan Tegal Selatan
Berita 05 Jun, 2018

Pasar Murah Hari Ini Ada Di Kecamatan Tegal Selatan

TEGAL – Kegiatan Pasar Murah dan Penjualan Paket Bersubsidi Tahun 2018 oleh Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Koperasi, Usaha dan…

Jumadi Harap Penghuni SPSA Suko Mulyo Miliki Pengetahuan dan Keahlian Tanggap Bencana
Berita 04 Nov, 2020

Jumadi Harap Penghuni SPSA Suko Mulyo Miliki Pengetahuan dan Keahlian Tanggap Bencana

TEGAL - Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., mengajak penghuni Sasana Pelayanan Sosial Anak (SPSA) Suko Mulyo Tegal…

Baznas Kucurkan Dana Ratusan Juta Bantu Pedagang Kecil dan Anak Yatim
Berita 28 Nov, 2017

Baznas Kucurkan Dana Ratusan Juta Bantu Pedagang Kecil dan Anak Yatim

TEGAL - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal menngucurkan bantuan senilai ratusan juta rupiah kepada sejumlah pedagang kecil dan…

Bawaslu Kota Tegal Gelar Upacara HUT Kemerdekaan, Ini Pesannya
Berita 17 Aug, 2018

Bawaslu Kota Tegal Gelar Upacara HUT Kemerdekaan, Ini Pesannya

TEGAL- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal  melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Jum'at (17/8) di lapangan gedung…

Most from this category