Buruh Pabrik Rokok Warga Kota Tegal Terima BLT DBHCHT

TEGAL – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri secara simbolis memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh pabrik rokok warga Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kamis (06/06) pagi.

Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan kepada para buruh pabrik rokok di Kota Tegal.

‘’Bantuan tentunya dapat meringankan beban para buruh dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, bantuan dalam bentuk tabungan juga bisa memotivasi para buruh untuk menabung, jika memang memiliki dana lebih,’’ ujar Dadang.

Dadang Somantri berpesan kepada penerima bantuan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

‘’Bahwa DBHCHT juga bisa diperuntukkan bagi program pemberdayaan. Jadi para buruh juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan seperti membatik, membuat kuliner, kue dan lain sebagainya, yang dapat menjadi bekal para buruh kelak jika ingin berwirausaha,’’ tambah Dadang.

Pj. Wali Kota berharap penyaluran DBHCHT di Kota Tegal dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat. Pemerintah Kota Tegal juga terus berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Bajari dalam laporannya menyebutkan bantuan DBHCHT merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu para buruh pabrik rokok, khususnya mereka warga Kota Tegal.

‘’ Bantuan tersebut berupa tabungan sebesar Rp300 ribu per bulan. DBHCHT merupakan bagian dari dana yang dibayarkan kepada Pemerintah Daerah setiap tahunnya oleh pabrik rokok. Pada tahun ini, DBHCHT yang diterima untuk Pemerintah Kota Tegal mencapai angka yang cukup besar, yaitu sebesar Rp1 miliar,’’ papar Bajari.

Bajari juga mengutarakan ada ratusan buruh pabrik rokok yang berada di wilayah Kota Tegal menerima BLT DBHCHT. Pada tahap 1 ini yakni untuk Maret dan April diberikan bagi 224 orang. Sedangkan untuk tahap 2 dan tahap 3 akan diberikan untuk bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus 2024.

Salah satu penerima BLT DBHCHT, Ira asal Kelurahan Slerok menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diperoleh dan bantuan tersebut rencana akan digunakan untuk permodalan dan membantu kebutuhan sekolah anak.

‘’Bantuan ini bisa buat modal usaha sampingan karena beberapa waktu telah mengikuti kursus wirausaha dan ini juga bisa meringankan beban pembayaran sekolah anak,’’ ujar Ira.(*)

Berita Lainnya

Pemerintah Kota Tegal Launching Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan
Berita 21 Jan, 2022

Pemerintah Kota Tegal Launching Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal resmi melaunching Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) di Kota Tegal, Jum'at (21/01/2022) di Peringgitan…

Tahun 2020, Pemkot Tegal Berhasil Mengentaskan 1.417 Penerima PKH
Berita 16 Oct, 2020

Tahun 2020, Pemkot Tegal Berhasil Mengentaskan 1.417 Penerima PKH

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal, per Oktober 2020 telah berhasil mengentaskan 1.417 Keluarga Pemerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).…

Musrenbang Krandon Fokus Pada Kegiatan Fisik
Berita 22 Jan, 2018

Musrenbang Krandon Fokus Pada Kegiatan Fisik

TEGAL - Musyawarah Perencanaan Pembangunan kelurahan (Musrenbangkel) yang akan dilaksanakan Rabu (31/01) akan fokus membahas soal pembangunan fisik. Karena pembangunan…

Walikota Serahkan Hadiah Mobil ke Pemenang “Panen Hadiah” Bank Jateng
Berita 21 Apr, 2022

Walikota Serahkan Hadiah Mobil ke Pemenang “Panen Hadiah” Bank Jateng

TEGAL - Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menyerahkan hadiah satu unit mobil expander kepada pemenang undian “Panen Hadiah”…

Pemkot Tegal Segera Tambah Sarana Rekreasi di Polder Bayeman.
Berita 19 Jun, 2020

Pemkot Tegal Segera Tambah Sarana Rekreasi di Polder Bayeman.

Tegal- Pemerintah Kota Tegal berencana akan meningkatkan sarana rekreasi di Polder Bayeman. Hal itu diungkapkan Wali Kota Tegal H. Dedy…

Walkot Serahkan Santunan ke Ahli Waris ASN Pemkot Tegal yang Meninggal
Berita 06 Jan, 2020

Walkot Serahkan Santunan ke Ahli Waris ASN Pemkot Tegal yang Meninggal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono serahkan secara langsung santunan, kepada dua ahli waris Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota…

Most from this category