Polres Tegal Kota Gelar Apel Kesiapan Idul Fitri dan Pemusnahan Barang Bukti Miras

TEGAL- Untuk mengecek kesiapan akhir jelang pengamanan arus mudik dan arus balik Idulfitri 1445 H, Polres Tegal Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 bertempat di Halaman Mapolres, Kamis (4/4).

Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri memimpin langsung kegiatan apel gelar pasukan didampingi Kapolres Tegal Kota dan Danlanal Tegal serta hadir Forkopimda dan instansi terkait lainnya.

Pj. Wali Kota Tegal saat membacakan amanat dari Kapolri menyampaikan, hari ini Polri secara serentak di seluruh Indonesia melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 1445 H.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata, sinergitas Polri dengan stakeholder terkait. Untuk mengamankan arus mudik dan perayaan hari raya Idulfitri 1445 H,” ujar Pj. Wali Kota membacakan amanat Kapolri.

Apresiasi disampikan Pj. Wali Kota Tegal terhadap TNI-Polri dan stakeholder terkait. Atas kesiapannya menghadapi pelaksanaan Operasi Ketupat Candi tahun 2024.

“Alhamdulilah, setelah kita lakukan pengecekan, semuanya sudah siap. Kami minta dukungan dari seluruh stakeholder untuk mensukseskan kegiatan Operasi Ketupat Tahun 2024, yang mengambil tagline “Mudik Ceria Penuh Makna,” ujar Dadang Somantri.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rully Thomas menambahkan, Operasi Ketupat Candi 2024 akan tergelar selama 13 hari. Yaitu mulai 4-16 April 2024.

“Untuk personel yang kita kerahkan adalah Polri, TNI, serta stakeholder terkait total ada 644 personel. Selain kita gelar pada lokasi keramaian masyarakat juga kita gelar pada pos-pos pengamanan. Semua ada 5 pos, mulai Pos Terpadu depan terminal, Pos Pelayanan Simpang Maya dan Pos Pelayanan Taman Pancasila. Kemudian ada Pos Pengamanan Simpang Coyo serta Pos Pengamanan Rel KA Tirus,” papar Kapolres.

Kapolres berharap, kegiatan mudik tahun ini berjalan aman dan kondusif. Sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik dapat bersuka cita menikmati lebaran Idul Fitri 1445 H bersama keluarga.

“Saya berpesan agar warga yang melaksanakan mudik untuk tetap menjaga keamanan rumahnya. Salah satunya dengan melapor kepada RT, RW, Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” ujar Kapolres

Usai melaksanakan apel gelar pasukan, Kapolres bersama Forkopimda melaksanakan pemusnahan ribuan botol minuman keras (miras) dari berbagai merek. Hal tersebut sebagai salah satu upaya menciptakan kondusifitas selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1445 H di Kota Tegal.

Pihak Kepolisian melakukan pemusnahan botol miras dengan menggunakan alat berat jenis roller roda besi, bertempat di Halaman Mapolres Tegal Kota.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas menambahkan, bahwa miras tersebut merupakan hasil dari kegiatan Operasi penyakit masyarakat dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Dalam rangka cipta kondisi selama bulan suci Ramadan.

“Hari ini kita musnahkan 1.920 botol miras berbagai merk dan 35 liter jenis brangkalan. Ribuan botol miras ini, merupakan hasil razia selama Operasi Pekat yang berlangsung selama 20 hari. Mulai dari tanggal 4 sampai dengan 25 Maret 2024. Dengan sasaran antara lain minuman keras, premanisme, prostitusi, narkoba dan bahan peledak atau petasan,” ungkap Kapolres.

Sementara pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menyampaikan, pemusnahan miras ini merupakan hasil kerja keras sekaligus wujud nyata kinerja jajaran Polres Tegal Kota. Sehingga dapat terkumpul sitaan minuman yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi secara berlebihan. Karena dampaknya dapat menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kita semua harus bisa berpartisipasi dalam menciptakan kondusifitas di Kota Tegal. Sehingga pelaksanaan ibadah puasa Ramadan dan perayaan lebaran Idulfitri 1445 H mendatang dapat berjalan lancar, aman dan nyaman,” pungkasnya.(*)

Berita Lainnya

Wasrik It Koarmatim di Lanal Tegal Tahun 2018.
Berita 10 Mar, 2018

Wasrik It Koarmatim di Lanal Tegal Tahun 2018.

TEGAL-Wasrik ( Pengawasan dan Pemeriksaan ) It Koarmartim di Lanal Tegal resmi dibuka oleh Wakatim Letkol Laut (T) Andre H.…

Balo-balo Tetap Eksis
Berita 09 Mar, 2017

Balo-balo Tetap Eksis

Lahirnya komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Dalam biografinya, Wage Rudolf Supratman…

Tingkatkan Daya Tarik Kota Tegal melalui Tari Tradisional
Berita 20 Jun, 2019

Tingkatkan Daya Tarik Kota Tegal melalui Tari Tradisional

Tegal – Untuk menggali potensi kesenian dan kebudayaan Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi dalam kesempatannya meninjau langsung…

Beberapa Hasil Tangkapan Ikan di Pelabuhan Tegalsari belum di Bongkar
Berita 08 Jul, 2017

Beberapa Hasil Tangkapan Ikan di Pelabuhan Tegalsari belum di Bongkar

TEGAL – Nampak kapal-kapal di Pelabuhan Tegalsari pada Sabtu (8/7) berjajar memadati Pelabuhan Tegalsari. Kapal tersebut merupakan kapal cantrang yang…

Pemkot Adakan Forum Konsultasi Publik
Berita 04 Feb, 2021

Pemkot Adakan Forum Konsultasi Publik

Tegal - Pemerintah Kota Tegal menggelar Forum Konsultasi Publik Kota Tegal dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kota Tegal Tahun…

BOP PAUD Siap Dicairkan
Berita 26 Mar, 2018

BOP PAUD Siap Dicairkan

TEGAL-Bantuan Operasiobal Penyelenggara(BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) siap dicairkan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal telah mengganggarkan Rp…

Most from this category