Kota Tegal Kini Miliki Sentra Industri Logam

TEGAL – Kota Tegal, kini memiliki Sentra Industri Logam, tempat tersebut menjadi showroom dan tempat pelatihan untuk Pelaku industri logam. Sentra Industri Logam Kota Tegal atau yang disingkat ” SILKOT ” yang berlokasi di Jalan Cempaka Nomor 14, Kelurahan Kejambon diresmikan langsung oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Kamis (9/11/2023).

Peresmian juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Koordinator Fungsi IKM Alat Angkut Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Ivan Kuswardana dan Kepala Balai Industri Logam dan Kayu Disperindag Prov Jateng Husni.

SILKOT merupakan tempat yang dimanfaatkan untuk pelatihan, riset, teaching factory dan produksi. Untuk optimalisasi, Disnakerin telah menjajaki perjanjian kerja sama atau MoU dengan sejumlah pihak.

Wali Kota Tegal, dalam kesempatan tersebut menyampaikan merasa bahagia dan antusias untuk me-launching SILKOT, menurutnya SILKOT telah siap untuk dimanfaatkan bagi para perajin logam Kota Tegal sekaligus menjadi pusat pelatihan siswa SMK/SMA/Perguruan Tinggi dengan program studi terkait.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para pelaku IKM Logam di Kota Tegal ataupun pihak berkepentingan lainnya atas berdirinya SILKOT yang saat ini menjadi rumah bagi kita semua untuk membangun dan mengembangkan potensi IKM logam yang kita miliki,” Tutur Dedy Yon.

Berdirinya silkot di kota tegal menjadi semangat baru bagi industri logam kota tegal untuk lebih meningkatkan daya saing industri logam kota tegal di kancah global. selain itu, pembangunan ini menjadi salah satu upaya strategis kami pemerintah kota tegal melalui program sinergitas stakeholder membangun hebat industri logam kota tegal atau dikenal sinse bah inlok, dalam mencapai perwujudan pembangunan industri di kota tegal agar semakin kreatif dan mendunia.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Kepala Balai Industri Logam dan Kayu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Husni menyampaikan bahwa Silkot merupakan salah satu wujud komitmen bersama untuk mengembangkan sektor industri logam diwilayah Kota Tegal.

Ia percaya bahwa UKM logam memiliki potensi yang besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahtaraan masyarakat Kota Tegal yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya kesejahtaraab masyarkat Jawa Tengah.

Ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembentukan SILKOT, serta para pelaku industry, asosiasi, lembaga pemerintah, perbaankkan dan semua pihak yang telah berkerja sama dalam mewujudkan SILKOT.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R. Heru Setyawan menuturkan, SILKOT dibangun mulai tahun 2022 berupa rehab eks-dapur induksi dengan biaya Rp 215.076.860.

Pembangunan berlanjut di tahun ini (2023) dengan rincian biaya Rp 188.320.380 untuk rehab dan Rp 147.011.000 untuk menakinal serta elektrikal eks-dapur induksi.

“SILKOT, dulu dimanfaatkan untuk dapur induksi pada tahun 2010-2011 dan diprotes warga karena menyebabkan polutif serta berisik,” kata Heru.

Heru berharap SILKOT harus jadi sarana yang dapat dimanfaatkan secara sinergis oleh para perajin logam dengan lembaga pendidikan, baik SMK maupun pendidikan tinggi/vokasi. Menurutnya SILKOT harus menjadi tempat untuk mendisplay produk, untuk pelatihan dan sekaligus riset logam. “Dengan sinergi nyata, tekad untuk mengembalikan brand Tegal sebagai Jepang nya Indonesia bukan hal yang mustahil diwujudkan. Semua kembali kepada semangat para perajin dan stakeholder terkait lainnya,” pungkas Heru.

Berita Lainnya

Kota Tegal, Tuntas Sekolah Kurikulum 2013
Berita 06 Aug, 2018

Kota Tegal, Tuntas Sekolah Kurikulum 2013

TEGAL-Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tegal menerapkan Kurikulum 2013 atau kurtilas. Kepala Bidang Pendidikan Dasar…

Baznas Beri Bantuan Ini untuk Korban Banjir
Berita 26 Feb, 2018

Baznas Beri Bantuan Ini untuk Korban Banjir

TEGAL - Baznas Kota Tegal mendapatkan bantuan uang tunai sebesar 50 juta rupiah yang akan dipergunakan untuk membantu korban banjir.…

Peserta MTQ Tingkat Kota Tegal Meningkat
Berita 11 Oct, 2017

Peserta MTQ Tingkat Kota Tegal Meningkat

TEGAL-Palaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2017 Pelajar dan Umum tingkat Kota Tegal, hari ini (11/10) digelar di kompek Balai Kota…

Dedy Yon : Pemerintah Akan Kaji Permintaan SUPM
Berita 05 Aug, 2019

Dedy Yon : Pemerintah Akan Kaji Permintaan SUPM

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE. MM bersama jajaran Forkopimda dan OPD di Lingkungan Pemerintah Tegal meninjau…

PHB Buka Prodi D3 Perhotelan
Berita 19 Oct, 2018

PHB Buka Prodi D3 Perhotelan

TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (PHB) telah resmi membuka Program Studi (Prodi) D3 Perhotelan. Peresmian tersebut ditandai dengan penerimaan Surat…

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik
Berita 28 Nov, 2018

Walikota Serahkan Bantuan Peralatan Kerja untuk Mustahik

TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal mengawali kegiatan pentasharufan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) dengan penyerahan bantuan…

Most from this category