Upaya Pencegahan Korupsi, Pemprov Jateng Kukuhkan “Kompak API”

SEMARANG – Dalam rangka peningkatan upaya pencegahan korupsi di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bentuk dan kukuhkan Komunitas Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (Kompak API) Jateng, sekaligus menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Penilai Desa Antikorupsi.

Selain itu juga dilaksanakan Deklarasi Antikorupsi Bupati/Walikota Se-Jateng bersama Gubernur Jateng.

Pembukaan Pengukuhan Kompak API, Sosialisasi Anti Korupsi dan Bimtek Tim Penilai Desa Antikorupsi yang diselenggarakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin (7/8/2023).

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan dihadiri Wakil Ketua KPK RI Nawawi Pomolango dan Tim KPK RI.

Acara tersebut dihadiri, Bupati dan Wali Kota Se-Jawa Tengah termasuk Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono yang didampingi oleh Plt. Inspektur Kota Tegal, Dyah Kemala Sinta, Forkopimda Jateng, Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jateng, Inspektur Kab/Kota Se-Jawa Tengah serta Tim Penilai Desa Antikorupsi Prov/Kab/Kota.

Dalam sambutannya Ganjar menghimbau agar dalam upaya pencegahan korupsi memaksimalkan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Menurutnya, APIP harus berdaya dengan inisiatif.
Selain itu Gubernur Jawa Tengah menekankan seorang pemimpin harus berintegritas dan menjadi contoh sikap antikorupsi. Sehingga selain praktik korupsinya dapat ditekan, pelayanan publik juga akan maksimal dan masyarakat terlayani dengan baik.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI, Nawawi Pomolango menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Jateng yang telah berupaya melakukan pencegahan tindak korupsi. Ia melihat pengkukuhan Kompak API sebagai sebuah langkah yang bagus dalam rangka pencegahan korupsi.

“Saya menilai pengukuhan pengurus Kompak API, yang sudah banyak anggotanya di beberapa daerah di Jawa Tengah, sebagai langkah pencegahan korupsi yang bagus,” ujar Nawawi Pomolango.

Ia berharap perhatian Pemerintah Kab/Kota di Jawa Tengah terhadap penggiat anti korupsi juga selalu di tingkatkan dan di dorong seperti Pemprov Jateng melakukan upaya pencegahan korupsi.

Nawawi Pomolango menjelaskan, pencegahan korupsi menjadi prioritas KPK. Salah satu tugas KPK RI adalah pencegahan dan saat pencegahan sebagai tugas di urutan pertama. Hal tersebut menurutnya bukan berarti KPK tidak melakukan penindakan, namun lebih menekankan pada pencegahan agar korupsi itu tidak terjadi, termasuk didalamnya adalah pembentukan forum-forum penyuluh anti korupsi.

Pencegahan pemberantasan korupsi tidak akan dapat dilaksanakan tanpa ada partisipasi dari masyarakat. Peran serta masyarakat, apa yang dia lihat dan dilaporkan, pelibatan masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi sangat penting. Menurutnya, beberapa kasus dapat diungkap KPK beberapa diantaranya merupakan hasil dari laporan masyarakat.

“Saya sangat berharap kehadiran dari para penyuluh anti korupsi dapat menjadikan Jawa Tengah sebagai daerah percontohan daerah bebas korupsi,” harap Nawawi Pomolango.(*)

Berita Lainnya

Pemkot Serahkan Bantuan Keuangan Partai Politik
Berita 27 Apr, 2022

Pemkot Serahkan Bantuan Keuangan Partai Politik

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal menyerahkan bantuan keuangan Partai Politik (Parpol) tahun anggaran 2022 kepada tujuh Parpol yang memiliki kursi…

Pasha Ungu Masih Punya Satu Hutang ke Kota Tegal
Berita 21 Feb, 2020

Pasha Ungu Masih Punya Satu Hutang ke Kota Tegal

Jumadi Usul saat Hari Jadi Kota Tegal atau saat Apeksi JAKARTA – Sigit Purnomo alias Pasha Ungu yang juga Wakil…

Masyarakat Tak Perlu Takut Konsumsi Telur
Berita 12 Apr, 2018

Masyarakat Tak Perlu Takut Konsumsi Telur

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui DKPPP Kota Tegal mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi telur dan tak perlu khawatir beredarnya isu telur palsu.…

Sri Mulyani Himbau Tetap Jaga Akuntabilitas Laporan Keuangan
Berita 22 Sep, 2020

Sri Mulyani Himbau Tetap Jaga Akuntabilitas Laporan Keuangan

Meskipun ditengah keadaan darurat Penanganan Covid-19, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Daerah…

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA
Berita 25 Feb, 2018

Dewan Kesenian Kota Tegal Gelar MUSDA

TEGAL - Penyelenggaraan Musyawarah Daerah (MUSDA) Dewan Kesenian Kota Tegal pada Minggu (25/2) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota…

Gubernur Apresiasi Langkah Pemkot Tutup Sementara Tempat Hiburan
Berita 17 Mar, 2020

Gubernur Apresiasi Langkah Pemkot Tutup Sementara Tempat Hiburan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi Pemerintah Kota Tegal yang telah menutup tempat-tempat hiburan. Namun demikian Ganjar menyampaikan Pemerintah kota…

Most from this category