Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara
Berita 22 Apr, 2017

Pedagang Pasar Kejambon Mulai Tempati Pasar Sementara

TEGAL- Ratusan pedagang mulai menempati pasar sementara, Sabtu (22/4) sebagai dampak bakal direnovasinya pasar kejambon di Jalan Sultan Agung Kejambon.…

Kelompok Ketoprak Taruna Budaya Bawakan Lakon Suminten Edan
Berita 13 May, 2017

Kelompok Ketoprak Taruna Budaya Bawakan Lakon Suminten Edan

TEGAL – Gelaktawa pengunjung Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe Sabtu (13/5) malam pecah tak beraturan. Mereka terpingkal…

Alin Ambarwati Luncurkan Buku Antologi Naskah Lakon
Berita 10 Apr, 2018

Alin Ambarwati Luncurkan Buku Antologi Naskah Lakon

TEGAL - Peluncuran dan bedah buku kumpulan naskah lakon ''Teteugal'' karya Alin Ambarwati berlangsung meriah. Acara yang menghadirkan dua sastrawan…

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga
Berita 07 Jun, 2017

Toko Pakaian Mulai Diserbu Warga

TEGAL-Meski Idul Fitri 1438 Hijriyah masih lama, namun warga berbondong-bondong menyerbu toko pakaian di komplek Pasar Pagi Kota Tegal, Rabu…

Pasangan Nursoleh-Wartono Daftar ke KPU Kota Tegal
Berita 09 Jan, 2018

Pasangan Nursoleh-Wartono Daftar ke KPU Kota Tegal

TEGAL-Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal HM. Nursoleh-Wartono mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Selasa (9/1)…

Kodim 0712 Tegal Adakan Bersih Pantai
Berita 04 Dec, 2017

Kodim 0712 Tegal Adakan Bersih Pantai

TEGAL - Bertempat di Pantai Alam Indah (PAI) Kel. Mintaragen Kec. Tegal Timur Kota Tegal telah dilaksanakan Apel kegiatan Karya Bhakti…

Most from this category