Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

80 Anak Ikuti Jambore FANTRI
Berita 29 Aug, 2017

80 Anak Ikuti Jambore FANTRI

TEGAL – Jambore Forum Anak Tegal Bahari (FANTRI) yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Agustus 2017 diikuti oleh 80 anak (SMP/SMA)…

Perpusda Mr. Martokoesoemo Bentuk Komunitas Pemustaka.
Berita 02 Mar, 2017

Perpusda Mr. Martokoesoemo Bentuk Komunitas Pemustaka.

TEGAL-Perpustakaan Daerah Kota Tegal Mr. Besar Martokoesoemo terus menggeliatkan diri dengan berbagai aktifitas dan inovasi. Setelah beberapa waktu lalu menyuntikkan…

Program Terbaru PMI Kota Tegal
Berita 24 Jan, 2017

Program Terbaru PMI Kota Tegal

Tegal – Ketika membicarakan PMI tidak selamanya membicarakan mengenai masalah darah. PMI merupakan lembaga kemanusiaan yang diberikan kewenangan oleh negara…

Kompetisi Bahasa Indonesia Sebagai Ajang Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Berita 11 Feb, 2017

Kompetisi Bahasa Indonesia Sebagai Ajang Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

TEGAL -  Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) FKIP UPS Tegal mengadakan Kompetisi Bahasa Indonesia (KOBI) Se…

26 Calon Wisudawan Pasca Sarajana UPS di Lepas
Berita 18 Sep, 2018

26 Calon Wisudawan Pasca Sarajana UPS di Lepas

Sebanyak 26 calon wisudawan Pasca Sarjana Universitas Panca Sakti (UPS) periode genap dari program Magister Managemen dan Magister Ilmu Hukum…

DLH Kota Tegal Gelar Bintek Pelelolaan Limbah B3
Berita 14 May, 2018

DLH Kota Tegal Gelar Bintek Pelelolaan Limbah B3

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar bimbingan teknis pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Senin (14/5) di…

Most from this category