Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Jumadi Usulkan “Saka Perhubungan”
Berita 19 Aug, 2019

Jumadi Usulkan “Saka Perhubungan”

Wakil Wali Kota Tegal, sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal Muhamad Jumadi mengusulkan dibentuknya Pramuka di dalam Direktorat…

Ramadhan Bulan Yang Penuh Rejeki.
Berita 05 Jun, 2018

Ramadhan Bulan Yang Penuh Rejeki.

Tegal – Taraweh dan Silaturakhim (Tarkhim), Pjs. Walikota Tegal Drs. Acmad Rofai, M.Si di Masjid Baitussalam, Kelurahan Slerok di padati…

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat
Berita 16 Jun, 2017

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat

TEGAL – Permintaan jenis olahan ikan menjelang hari lebaran makin ada peningkatan. Beberapa olahan ikan terus diminati oleh konsumen. Seperti…

Sejumlah Perwira TNI Ziarah Nasional ke TMP Pura Kusuma Negara
Berita 03 Oct, 2018

Sejumlah Perwira TNI Ziarah Nasional ke TMP Pura Kusuma Negara

Tegal - Sejumlah Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Jl. Melati Kelurahan…

BNN Tegal Datangi Makodim 0712/Tegal
Berita 11 Dec, 2017

BNN Tegal Datangi Makodim 0712/Tegal

TEGAL, Badan Narkotika Nasional Kota Tegal mendatangi Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0712/Tegal guna melaksanakan tes urine kepada 100 prajurit…

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional
Berita 05 Sep, 2018

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional

TEGAL-UPS Tegal melaksanakan sosialisasi pembelajaran daring (Online learning) bestrandar internasional di Aula YPP UPS Tegal, Selasa (5/9). Hadir dalam kegiatan…

Most from this category