Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

SMK Al Iklash Tegal Adakan Lomba Baca Puisi
Berita 17 Nov, 2017

SMK Al Iklash Tegal Adakan Lomba Baca Puisi

TEGAL – Banyak cara dilakukan untuk memperingati sesuatu momen, seperti yang dilakukan oleh SMK Al Iklash Kota Tegal, dalam rangka…

Akhiri Tahun 2018 Dengan Pembacaan Maulid Nabi.
Berita 01 Jan, 2019

Akhiri Tahun 2018 Dengan Pembacaan Maulid Nabi.

Tegal - Maulid akbar pembacaan sholawat zikir dan doa yang bertepatan dipenghujung tahun 2018 dilaksanakan di Alun-alun Kota Tegal, Senin…

Festival Anak Sholeh, Darsiti: Ajang Persiapan Mental untuk Generasi Kuat
Berita 04 Oct, 2018

Festival Anak Sholeh, Darsiti: Ajang Persiapan Mental untuk Generasi Kuat

TEGAL-Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kota Tegal Tahun 2018 digelar 3-4 Oktober 2018 di Kawasan Balai Kota Tegal, Jalan…

Ribuan Warga Senam Bareng Feni Rose
Berita 23 Apr, 2017

Ribuan Warga Senam Bareng Feni Rose

TEGAL-Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Tegal ke-437 masih belum usai. Bertempat alun-alun, Sabtu (22/04/2017) pagi digelar jalan sehat perempuan…

Keberhasilan KB Tanggung Jawab Semua Elemen Masyarakat
Berita 26 Jul, 2017

Keberhasilan KB Tanggung Jawab Semua Elemen Masyarakat

Tegal – Pantaslah Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana, penghargaan ini merupakan penghargaan yang…

Menjaga Lingkungan Hidup Adalah Tugas Semua Elemen Masyarakat.
Berita 31 Jul, 2017

Menjaga Lingkungan Hidup Adalah Tugas Semua Elemen Masyarakat.

Tegal – Rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup yang mengangkat tema berinteraksi dengan alam (Conecting People to Nature) yang…

Most from this category