Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Membaur Bersama dalam Tasyakuran Kemerdekaan di Kelurahan Pesurungan Lor
Berita 29 Aug, 2017

Membaur Bersama dalam Tasyakuran Kemerdekaan di Kelurahan Pesurungan Lor

TEGAL – Kemeriahan dalam peringatan HUT RI Ke 72 dapat dirasakan dari tingkat RT hingga tingkat kota. Seperti yang terjadi…

Pengemis, Geladangan, dan Orang Terlantar Kembali Dirazia
Berita 27 Mar, 2018

Pengemis, Geladangan, dan Orang Terlantar Kembali Dirazia

TEGAL-Tim gabungan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal, Satpol PP dan Polres Tegal Kota kembali menggelar razia Pengemis, Geladangan, dan Orang…

Pekauman Juara 1, Melaju Tingkat Provinsi Mewakili Kota Tegal
Berita 10 Apr, 2018

Pekauman Juara 1, Melaju Tingkat Provinsi Mewakili Kota Tegal

TEGAL - Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, mendapat Juara 1 setelah memperoleh nilai tertinggi dalam lomba evaluasi perkembangan kelurahan Tingkat…

Siti Mashita Dituntut 7 Tahun Penjara
Berita 02 Apr, 2018

Siti Mashita Dituntut 7 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut Wali Kota Tegal Non Aktif Siti Mashita Soeparno dituntut 7 tahun penjara…

Sat Sabhara Polres Tegal Kota Internsifkan Patroli Toko Emas dan Perbankan
Berita 06 Jun, 2017

Sat Sabhara Polres Tegal Kota Internsifkan Patroli Toko Emas dan Perbankan

TEGAL-Guna mencegah adanya tindak kejahatan diwilayah Kota Tegal selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri, jajaran anggota…

Pantau Kondisi Jamaah Haji di Tanah Suci, Walikota Lakukan Video Conference dengan TPHD dan TPIHI
Berita 24 Aug, 2017

Pantau Kondisi Jamaah Haji di Tanah Suci, Walikota Lakukan Video Conference dengan TPHD dan TPIHI

TEGAL- Pantau kondisi terakhir Jamaah Haji Asal Kota Tegal di Tanah Suci, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyempatkan…

Most from this category