Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Ada Tari Topeng Endhel di Tegal Tempo Dulu
Berita 14 May, 2017

Ada Tari Topeng Endhel di Tegal Tempo Dulu

TEGAL-Lomba Tari Topeng Endhel dalam pembuatan proyek perubahan (proper) bidang kebudayaan digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Sabtu (13/5)…

TPHD Diminta Secara Berkala Melakukan Visitasi Kepada Para Jamaah Calon Haji.
Berita 02 Aug, 2017

TPHD Diminta Secara Berkala Melakukan Visitasi Kepada Para Jamaah Calon Haji.

Tegal – Sesaat setelah secara resmi melepas Jamaah Calon Haji Kota Tegal tahun 1438 H / 2017 M , Selasa…

Nenek Berusia 88 Tahun Jadi Jemaah Calon Haji Tertua Kota Tegal
Berita 01 Aug, 2017

Nenek Berusia 88 Tahun Jadi Jemaah Calon Haji Tertua Kota Tegal

TEGAL-Karwi Karmad Dasmad merupakan salah satu jemaah calon haji yang akan menunaikan ibadah haji. Nenek dari 15 cucu itu masuk…

M. Jumadi : PLN Harus Terus Berinovasi Cukupi Kebutuhan Pelanggan
Berita 04 Nov, 2019

M. Jumadi : PLN Harus Terus Berinovasi Cukupi Kebutuhan Pelanggan

Tegal - Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM mengutarakan pentingnya memaksimalkan energi terbarukan bagi PLN untuk mencukupi kebutuhan…

PHB Tingkatkan Mutu Jurnal
Berita 26 Feb, 2020

PHB Tingkatkan Mutu Jurnal

Dalam rangka peningkatan Jurnal Ilmiah, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI)…

Manfaatkan Momen Ramadhan Untuk Berjualan Aneka Takjil
Berita 30 May, 2017

Manfaatkan Momen Ramadhan Untuk Berjualan Aneka Takjil

TEGAL - Sebulan lamanya umat islam menjalankan puasa di bulan yang sangat mulia, penuh berkah dan ampunan, Disamping diwajibakan berpuasa,…

Most from this category