Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.
Berita 17 Nov, 2017

Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Kesejahteraan.

Tegal – Keikutsertaan warga melalui warung teknologi kelurahan (wartekel) adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam membangun Kota Tegal ucap Plt. Walikota…

Kemenag Data Pasangan Nikah Siri
Berita 10 Oct, 2017

Kemenag Data Pasangan Nikah Siri

TEGAL- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal terus menelusuri pasangan nikah siri untuk diberikan pembinaan sekaligus menganjurkan pasangan suami istri itu…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Walikota Ajak Anggota IKBT Bangun Kota Tegal
Berita 31 Jul, 2017

Walikota Ajak Anggota IKBT Bangun Kota Tegal

Jakarta – Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengajak para anggota Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu untuk…

Capaian Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tegal
Berita 22 Aug, 2017

Capaian Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tegal

TEGAL- Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program JKN-KIS membuka akses…

Upacara Penurunan Bendera di Meriahkan Barongsay dan PBB Tanpa Aba-aba
Berita 24 Aug, 2017

Upacara Penurunan Bendera di Meriahkan Barongsay dan PBB Tanpa Aba-aba

TEGAL – Pelaksanaan Upacara Penutupan Bendera Merah Putih Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 berjalan lancar. Kegiatan …

Most from this category