Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Disdikbud Adakan Diklat E-Training

TEGAL-Tenaga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menggelar sosialisasi e-training, diklat berjenjang bagi tenaga pendidik, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2017, Kamis (6/4) di aula eks Samsat komplek Balaikota Tegal.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kabid PPTK Sudoro, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, Penilik PNFI Kota Tegal, IGTKI Kota Tegal, Himpaudi Kota Tegal, guru PAUD  Kota Tegal  dan sebagai narasumber Jamaludin dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi melalui Kepala Bidang PPTK Disdikbud Kota Tegal Sudoro mengatakan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang professional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”, kata Sodoro.

Dalam Permen tersebut, Sudoro menyebutkan bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan adiministrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD.

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikoogi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” ungkap Sudoro.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, narasumber dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah Jamaludin dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh. Terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan. (Sa. Amin)

Berita Lainnya

Dishub Gelar Operasi Gabungan Tertibkan Parkir
Berita 30 Jan, 2017

Dishub Gelar Operasi Gabungan Tertibkan Parkir

TEGAL-Dinas Perhubungan Kota Tegal gelar operasi gabungan bekerja sama dengan Polres Tegal Kota, Kejaksaan Kota Tegal, TNI, dan Satpol PP…

Pembangunan Harus Dibarengi Dengan Prestasi
Berita 28 Jan, 2017

Pembangunan Harus Dibarengi Dengan Prestasi

Tegal – “ Insyaallah tahun 2017 ini Kota Tegal akan bisa meraih piala Adipura, karena sekarang ini program pembangunan juga…

Polres Tegal Kota Bentuk Satgas untuk Patroli di Media Sosial
Berita 10 Jan, 2018

Polres Tegal Kota Bentuk Satgas untuk Patroli di Media Sosial

TEGAL-Untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada Kota Tegal berjalan dengan aman dan damai, Kepolisian Resor Tegal Kota Polda Jateng membentuk Tim Cyber…

Kemenpar Berikan Bimbingan Kepada Pelaku Pariwisata Kota Tegal
Berita 06 Oct, 2017

Kemenpar Berikan Bimbingan Kepada Pelaku Pariwisata Kota Tegal

TEGAL – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar…

Disdikbud Gelar Lomba Apresiasi PTK
Berita 24 May, 2017

Disdikbud Gelar Lomba Apresiasi PTK

TEGAL-Sedikiynya 21 peserta mengikuti Lomba Apresiasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  PAUDNI dan Dikmas Berprestasi Tingkat Kota Tegal Tahun 2017, Selasa…

Sejumlah Pasar di Kota Tegal Dilengkapi Running Text Harga Kebutuhan Pokok
Berita 23 Jan, 2018

Sejumlah Pasar di Kota Tegal Dilengkapi Running Text Harga Kebutuhan Pokok

TEGAL-Sejumlah pasar di Kota Tegal kini telah dilengkap dengan running text harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas). Kepala Dinas UMKM, Koperasi,…

Most from this category