Pemkot Tegal Gali Tiga Sektor di Pemkab Manggarai Barat

MANGGARAI BARAT – Pemerintah Kota Tegal menggali ilmu tiga sektor unggulan yang ada di Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ketiga sektor itu antara lain optimalisasi pengembangan budidaya perikanan, pelayanan perijinan dan potensi kepariwisataan yang mendukung ketahanan pangan dan ekonomi di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kami memiliki konsen yang tinggi pada tiga sektor yang ingin kita ketahui di Kabupaten Manggarai Barat, yakni pengembangan budidaya perikanan, pelayanan perijian dan pariwisata. Sektor – sektor inilah yang hendak kita gali lebih dalam disini,” ungkap Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono di hadapan Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, S.E., saat memimpin Kunjungan Kerja Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rombongan diterima oleh Bupati, Forkopimda, Sekda dan beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di La Cecile Hotel Manggarai Barat, Minggu (4/1) malam.

Anggota Forkopimda Kota Tegal yang turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut antara lain Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, S.T., Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E, Kapolresta Tegal AKBP Rahmad Hidayat, S.S., Kajari Kota Tegal Slamet Siswanta, S.H., M.H., Pj. Sekda Kota Tegal Dr. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK., M.M., M.H., Asisten I Dyah Kemala Sintha, S.H., M.H., dan beberapa pejabat eselon II dan III terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Wali Kota Tegal berharap pertemuan dan kunjungan ke Kabupaten Manggarai Barat selain untuk menjalin silaturahmi dua kota, juga sebagai kunjungan kerja maupun studi komparasi serta studi tiru untuk mengetahui, menggali dan selanjutnya dikembangkan di Kota Tegal.

“Sebab Kabupaten Manggarai Barat dan Kota Tegal memiliki potensi yang hampir sama, yakni sebagai kota pantai dan pusat perdagangan, dan pariwisata. Saya berharap ada oleh-oleh yang dapat kami terapkan dan implementasikan di Kota Tegal demi kemajuan pembangunan Kota Tegal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Tegal. Terima kasih dan tentunya kita berharap ada kunjungan balasan ke Tegal. Kita cari pengalaman disini, dengan banyak belajar akan lebih baik,” tutur Wali Kota.

Bupati Manggarai Barat merasa senang Wali Kota Tegal bersama Forkopimda, Pj. Sekda Kota Tegal dan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal datang ke Manggarai Barat. Bupati menerima Wali Kota Tegal dan rombongan didampingi Sekda Manggarai Barat Drs. Fransiskus Sales Sodo, Pabungdim 1612/Manggarai Mayor Inf. Ery Ninu, Kadis Parekrafbud Pius Baut, SE, Kaban Litbangda Manggarai Barat Petrus Antonius Rasyid, S.STP, Kaban Kesbangpol Ir. Fransiskus Partono, Kabag Prokopim Rafael Guntur, SE.

“Senang dan bahagia kami didatangi oleh orang-orang luar biasa. Kalau dulu bicara Tegal itu begitu jauh. Tapi kalau hari ini Tegal itu di seberang. Dekat di hati jauh di mata. Tapi kebersamaan kita hari ini dan hari-hari kedepan, Tegal itu dekat di hati dan dekat di mata,” ungkap Bupati Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat juga mengungkapkan potensi luar biasa dari Kabupaten Manggarai Barat, utamanya potensi pariwisata. Banyak tempat di Kabupaten yang karena pemekaran kini baru berusia 20-an tahun itu yang menawarkan keindahan dan keunikan untuk dikunjungi.

“Ada 52 spot diving di Labuhan Bajo yang berada di pulau-pulau kecil punya keindahan dan keunikan berbeda serta menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Silakan dicoba,” ungkap Bupati.

Dikatakan Edistasius, daerahnya terus berbenah dan berubah dalam rangka menjadikan Manggarai Barat sebagai daerah tujuan wisata nasional maupun internasional. Apalagi dulunya banyak penduduknya yang bekerja sebagai petani, namun lima tahun terakhir banyak yang berkecimpung di bidang pariwisata.

“Dari tahun ke tahun ada perubahan. Tahun depan bandara Labuhan Bajo sudah jadi bandara intenasional. Jadi dari Australia, Singapura, Taiwan, Dubai langsung ke Labuhan Bajo. Pemerintah Pusat berencana akan memperpanjang landasan,” ungkap Edistasius.

Demikian juga, kata Edistasius, hotel-hotel di wilayahnya sedang bertumbuh dan berkembang. “Tiga tahun terakhir hotel bintang 5 sudah mulai bertumbuh di tempat ini. Tahun 2023 Manggarai Barat rencana menjadi tuan rumah ASEAN Summit,” tutur Edistasius. (*)

Berita Lainnya

Atlet Yunior Kota Tegal Raih Empat Juara dalam Kejurnas Tenis Yunior Walikota Tegal Cup 2019
Berita 09 Nov, 2019

Atlet Yunior Kota Tegal Raih Empat Juara dalam Kejurnas Tenis Yunior Walikota Tegal Cup 2019

Tegal - Kejuaraan Nasional Tenis Yunior Walikota Tegal Cup XII 2019 yang berlansung dari 4-9 November 2019 telah usai. Ditandai…

Hebat! Kampung KB Panggung Melaju ke Provinsi
Berita 14 Mar, 2018

Hebat! Kampung KB Panggung Melaju ke Provinsi

TEGAL - Kampung Keluarga Berencana (KB) yang berada di RW X Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, maju ke tingkat provinsi…

Roro Ireng, Sekelumit Kisah yang Mengharu Biru
Berita 01 Dec, 2018

Roro Ireng, Sekelumit Kisah yang Mengharu Biru

TEGAL – Rangkaian Festival Teater Tegal dihari terakhir menempatkan Teater Gemblong Tegal dalam pementasan sesi pertama dihari terakhir. Dengan membawakan…

Kesadaran Masyarakat Untuk Mengeluarkan Zakat Semakin Tinggi
Berita 30 Dec, 2017

Kesadaran Masyarakat Untuk Mengeluarkan Zakat Semakin Tinggi

Tegal - Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Baznas Kota Tegal secara resmi dimulai oleh Plt. Walikota Tegal, …

9.888 KPM  Kota Tegal Terima Bansos Tunai
Berita 12 Jan, 2021

9.888 KPM Kota Tegal Terima Bansos Tunai

TEGAL - Sebanyak 9.888 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kota Tegal mulai terima Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan tersebut sudah mulai…

Jumadi Hadiri Upacara Penyerahan Simbul Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Peringatan Hari Infanteri
Berita 19 Dec, 2019

Jumadi Hadiri Upacara Penyerahan Simbul Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Peringatan Hari Infanteri

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM menghadiri upacara Penyerahan Simbul Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Peringatan Hari Infanteri Ke…

Most from this category