Kota Tegal Kini Miliki 136 Relawan Pemadam Kebakaran

TEGAL – Target untuk memiliki Relawan Pemadam Kabakaran (Redkar) di setiap kelurahan mulai dirintis Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal, dimana Pemadam Kebakaran merupakan bagian dari Saptpol PP.

Senin (31/10/2022), bertempat di Ruang Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, sebanyak 136 orang Redkar resmi di kukuhkan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Tegal, mengucapkan selamat kepada seluruh tenaga Redkar di masing – masing kelurahan di Kota Tegal, pada hari ini hadir 136 orang relawan yang dikukuhkan.

Menurut Wali Kota, keberadaan Redkar, memiliki nilai strategis, guna memperkuat petugas pemadam kebakaran Kota Tegal. Redkar merupakan garda terdepan, pendeteksi dini terjadinya kebakaran di wilayahnya masing-masing. Selain juga membantu serta ikut menjaga setiap jengkal wilayah tempat saudara berdomisili dari bahaya kebakaran.

“Dengan terbentuknya redkar ini, tentunya saya berharap, saudara-saudaralah yang menjadi mata dan telinga, sekaligus sebagai ujung tombak penanggulangan dan dapat memberikan edukasi serta sosialisasi pecegahan bahaya kebakaran kepada masyarakat,” harap Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Tegal.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal Hartoto menyampaikan bahwa pembentukan Rekdar mendasari keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 364.1-306 tahun 2020 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Damkar. Hal tersebut sejalan dengan arahan Wali Kota Tegal sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran.

Redkar merupakan organisasi sosial berbasis masyarakat secara sukarela yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat di lingkungan Kelurahan.
“Kami laporkan bahwa jumlah relawan yang akan dikukuhkan sebanyak 136 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelurahan,” tutur Kasatpol saat memberikan laporan penyelenggara.

Dengan adanya perwakilan Redkar dari masing-masing kelurahan, sehingga dengan pelibatan relawan pemadam kebakaran ini diharapkan bisa mendukung pencapaian SPM yaitu tercapainya respon time, penanggulangan dini kejadian kebakaran dan pencegahan resiko kebakaran.

Selanjutnya, Redkar yang baru dikukuhkan akan mengikuti sosialisasi dan pelatihan Redkar yang dilaksanakan di GOR Wisanggeni Kota Tegal.(*)

Berita Lainnya

UPS Tegal Adakan Workshop Menulis untuk Menumbuhkan Literasi Global
Berita 01 Jan, 2019

UPS Tegal Adakan Workshop Menulis untuk Menumbuhkan Literasi Global

TEGAL-UPT Kerja sama Dalam Negeri dan Luar Negeri (KDLN) UPS Tegal mengadakan workshop penulisan karya ilmiah di ruang Aula YPP…

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia
Berita 19 Jan, 2017

28 Pelajar SD IT BIAS Assalam Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

TEGAL- Sebanyak 28 siswa siswi SD IT BIAS Assalam Kota Tegal terpilih menjadi peserta  program Student Exchange (pertukaran pelajar) di…

Jet Ski dan Parasailing  Akan menjadi Daya Tarik  Obyek Wisata PAI
Berita 31 May, 2020

Jet Ski dan Parasailing Akan menjadi Daya Tarik Obyek Wisata PAI

Obyek wisata Pantai Alam Indah (PAI) kota Tegal bersiap untuk luncurkan wahana permainan baru, beberapa wahana baru yang akan melengkapi…

Kajian Ramadhan, Darsiti: Bulan Ramadhan Bulan Luar Biasa
Berita 08 May, 2019

Kajian Ramadhan, Darsiti: Bulan Ramadhan Bulan Luar Biasa

TEGAL - Mengapa Bulan Ramadhan sebagai bulan yg luar biasa? Karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh ampunan,…

Forkompincam Galtim Terus  Bersinergi
Berita 09 Oct, 2018

Forkompincam Galtim Terus Bersinergi

TEGAL - Forum Komunikasi Kecamatan (Forkompincam) bersinergi untuk menyelesaikan masalah wilayah di Kantor Kecamatan Tegal Timur, Senin, (8/10). Mereka berdiskusi…

Penasehat KPK: Tindak Pidana Korupsi Termasuk Kategori Kejahatan Luar Biasa
Berita 02 Oct, 2018

Penasehat KPK: Tindak Pidana Korupsi Termasuk Kategori Kejahatan Luar Biasa

TEGAL- Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) singgah di Kota Tegal. Berbagai kegiatan digelar pada rangkaian roadshow pada, Selasa-Rabu (2-3/10/2018). Salah…

Most from this category