Budayakan Makan Ikan di Kalangan Generasi Muda

TEGAL – Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Tegal, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Makanan Ikan, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon saat Pelatihan Pengolahan Perikanan bersama Forum Peningkatan Konsumsi Makanan Ikan (Forikan) Sub Kegiatan Peningkatan Ketersediaan Ikam untuk Konsumsi dan Usaha Pengolahan Dalam 1 Daerah Kabupaten / Kota berlangsung di Auditorium Balai Pelatihan Penyuluhan dan Perikanan Kota Tegal, Rabu (7/9) pagi.
“Melalui kegiatan pelatihan pengolahan perikanan bagi ibu-ibu PKK , maka diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal baik dalam bentuk segar maupun olahan,” ujar Roro.
Roro juga menambahkan bahwa Penggerak PKK sangat berperan penting dalam memasyarakatkan ikan yang dapat dilakukan dengan cara mensosialisasikan di tingkat RT seperti di Posyandu dan Dasawisma.
“Saya berharap dengan pelatihan ini nanti ada diversifikasi terhadap menu harian yang berbahan ikan sehingga tidak timbul kebosanan terutama bagi anak-anak. Terciptanya inovasi baru menu berbahan baku ikan. Mencegah stunting dan meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Tegal,” ujar Roro.
Kepala Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan Tegal yang diwakilan kepada Sub Koordinator Pelatihan, Ahmad Harianto menyampaikan kepada peserta pelatihan agar memanfaatkan momen pelatihan dengan baik.
“Peserta agar bisa sungguh-sungguh, baik saat praktek dan belajar. Kami juga berharap setelah mengikuti pelatihan nantinya tumbuh wirausaha baru, baik untuk konsumsi ketahanan keluarga ataupun bisa untuk usaha,” ujar Ahmad.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Sirat Mardanus menyampaikan bahwa Kota Tegal adalah penghasil ikan, baik ikan laut ataupun ikan tambak, oleh karenanya bisa dimanfaatkan untuk ketahanan keluarga dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan usaha.
“Pelatihan ini diikuti oleh 80 peserta yang dibagai menjadi dua hari, hari ini dan besok. Hari ini ada 40 peserta. Selain itu kami bersamam Tim Penggerak PKK Kota Tegal melakukan kampanye gemar makan ikan, mudah mudahan kedepan akan lebih masif lagi,” ujar Sirat.(*)

Berita Lainnya

11.708 KK Terima Bantuan Beras Pemerintah di Masa PPKM Darurat
Berita 15 Aug, 2021

11.708 KK Terima Bantuan Beras Pemerintah di Masa PPKM Darurat

TEGAL - Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono secara simbolis membagikan bantuan kepada 11.708 Kepala Keluarga (KK) Bantuan Pangan…

Inovasi e-Kelurahan Masuk Finalis TOP 99 Pelayanan Publik Kementerian PANRB
Berita 06 Jul, 2021

Inovasi e-Kelurahan Masuk Finalis TOP 99 Pelayanan Publik Kementerian PANRB

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal kembali masuk dalam Finalis TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan…

Pemanfaatan Limbah Ikan Menjadi Produk Pakan Ikan Alternatif
Berita 18 Jul, 2019

Pemanfaatan Limbah Ikan Menjadi Produk Pakan Ikan Alternatif

Tegal - Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen program Studi (Prodi) D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama pada…

Walikota Tegal : Masjid Harus Menjadi Pelopor Tiga Sistem
Berita 28 Dec, 2018

Walikota Tegal : Masjid Harus Menjadi Pelopor Tiga Sistem

Tegal – Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd mengatakan bahwa masjid mempunyai peran dalam membangun tiga sistem dalam menghadapi fenomena…

Disdikbud Ajak Orang Tua Bentuk Karakter Anak
Berita 14 Nov, 2017

Disdikbud Ajak Orang Tua Bentuk Karakter Anak

TEGAL-Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal gelar sosialisasi Budaya Edukasi bagi keluarga, Selasa (14/11)…

Buku Biografi Kang Nur “olih olihe wong sabar” Resmi Diluncurkan.
Berita 07 Oct, 2018

Buku Biografi Kang Nur “olih olihe wong sabar” Resmi Diluncurkan.

Tegal- Kang Nur “Olih-Olihe Wong Sabar” adalah sebuah buku biografi yang di tulis oleh orang-orang dari komunitas sastrawan tegalan yang…

Most from this category