Kunker Komisi IV DPR RI Soroti Kondisi Nelayan dan Pelabuhan Perikanan Tegalsari

TEGAL – Kunjungan Kerja (Spesifik) Anggota Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan di Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah berlangsung di Pelabuhan Perikanan Tegalsari, Jum’at (2/9).

Rombongan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI dipimpin oleh Anggia Erma Rini sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Hadir pula Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini, Direktur Jenderal PSDKP, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaludin, Pj. Sekretaris Daerah dr. Sri Prima Indraswari.

Dalam sambutan Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono yang dibacakan Sekretaris Daerah, dr. Sri Prima menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Tegal, khususnya amat menunggu kebijakan yang pro nelayan.

“Paling tidak ada empat permasalahan aktual yang dihadapi para nelayan Kota Tegal. Pertama, masalah perijinan kapal yang lama, sehingga membuat banyaknya kapal tidak bisa melaut. Kedua, penumpukkan kapal juga dipengaruhi luas pelabuhan yang sempit dan daya tampungnya sudah melebihi kapasitas kapal yang terparkir. Ketiga, persoalan solar, kadang juga masih menjadi kendala bagi nelayan kita, misalnya ketersediaan solar. Keempat, tentang akan dilakukannya kebijakan penangkapan perikanan terukur, kita berharap agar kebijakan ini nantinya tidak menimbulkan konflik, artinya tetap melindungi nelayan kecil,” papar dr. Prima yang membacakan sambutan Wali Kota.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini menyampaikan bahwa dengan adanya kunjungan kerja Komisi IV DPR RI tersebut bersama mencari aspirasi dan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan perikanan kelautan di Kota Tegal.

“Mudah-mudahan aspirasi ini nanti bisa kami selesaikan sesegera mungkin apabila bisa kita lakukan yang menjadi kewenangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tentu kami sudah melakukan sosialisasi berulang-ulang, dan Kota Tegal ini semua program yang akan kita lakukan di Kementerian Kelautan dan Perikanan baik yang berkaitan dengan perizinan maupun dengan program baru yaitu penangkapan ikan terukur kami sudah melakukan sosialisasi tentang alat-alat tangkap yang diperbolehkan dan di mana yang harus diperbolehkan dan di mana yang dilarang dan sudah kami lakukan,” ujar Zaini.

Direktur Jenderal PSDKP, Laksamana Muda TNI Adin Nurawalaudin menyampaikan bahwa sejauh ini ada aturan terkait DPI (Daerah Penangkapan Ikan).

“Kami jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki yang namanya pengawasan atau pemantauan kelautan dan perikanan. Kapal-kapal ijin pusat memiliki VMS transmitter. Jadi termonitor pergerakan kapal-kapal perikanan. Selama aturan ini belum berubah tetap kami tegak peraturan apakah WPPnya satu atau dua. Kami jajaran Dirjen PSDKP lebih mengarahkan kepatuhan, kami mendorong supaya semua pelaku usaha betul-betul patuh dengan diskresi yang ada karena bagaimanapun juga supaya tidak ada antara nelayan kecil, nelayan besar saling konflik di lapangan,” papar Adin.

Sementara itu, Riswanto selaku Ketua DPD HNSI Jawa Tengah menyampaikan keberatan atas rencana pemerintah pusat yang akan menaikan BBM bersubsidi.

“Permaslahan daerah terkait kebijkan nasional terutama harga BBM bersubsidi agar tidak naik. Kita akan memperjuangkan sampai maksimal apa yang akan menjadi harapan kita. Kita juga tadi menyampaikan pendangkalan sampai adanya korban jiwa, momen ini kita sampaikan kepada pemerintah pusat agar bisa didorong terkait dengan anggaran,” ujar Riswanto.

Selain itu,Ketua Tim, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mengutarkan bahwa pihaknya sangat peduli terhadap nelayan.

“Saya setuju bahwa BBM adalah nafas dari nelayan, tidak dapat terpisahkan. Harus ada kebijakan terutama untuk nelayan-nalayan, kita akan ngomong kepada menteri terkait nelayan. Kita juga lihat stok BBM, kapasitas kapal, hal lain juga terkait sedimentasi,” ujar Anggia.(*)

Berita Lainnya

Nafas Dukungan Melalui Yel Yel Supporter
Berita 24 Feb, 2018

Nafas Dukungan Melalui Yel Yel Supporter

TEGAL - Sorak sorai memenuhi GOR Wisanggeni Kota Tegal. Keramaian sorak sorai merupakan bukti dukungan dari supporter tim basket sekolah…

Walikota Pimpin Malam Renungan dan Ulang Janji Pramuka Kota Tegal
Berita 14 Aug, 2019

Walikota Pimpin Malam Renungan dan Ulang Janji Pramuka Kota Tegal

Tegal - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus, Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal…

Harga Telur Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha
Berita 25 Aug, 2017

Harga Telur Mengalami Kenaikan Jelang Idul Adha

TEGAL- Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Namun, menjelang Hari Raya Idul Adha, bahan pokok telur di Pasar Pagi…

Walikota Tegal Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Berita 01 Oct, 2019

Walikota Tegal Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 yang dilangsungkan di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu…

Wali Kota Apresiasi Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja
Berita 18 Jun, 2020

Wali Kota Apresiasi Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja

Kampung Tangguh Nusantara Candi yang dicanangkan oleh Polres Tegal Kota berlangsung di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat. Dalam…

Dedy Yon Harap Kader Fatayat NU Jadi Pelopor Tertib Protkes
Berita 21 Nov, 2020

Dedy Yon Harap Kader Fatayat NU Jadi Pelopor Tertib Protkes

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono,S.E., M.M., mengingatkan bahwa Pandemi Virus Corona atau Covid-19 belum berakhir. Untuk…

Most from this category