Dinilai Lebih Menguntungkan, Tiga Fraksi Usul Sebagian Saldo Kas Daerah Didepositokan

TEGAL – Terkait dengan penyimpanan kas daerah milik Pemerintah Kota Tegal, tiga fraksi mengusulkan agar penyimpanan sebagian kas daerah disimpan dalam bentuk Deposito karena dinilai lebih menguntungkan.

Usulan tersebut disampaikan dalam Fraksi-fraksi tersebut dalam acara Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Tegal Terhadap pengantar Wali Kota Tegal atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (LPP APBD) Kota Tegal tahun Anggaran 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal, Rabu (22/6/2022).

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam pandangan umum fraksi yang disampaikan oleh Yusuf Al Baihaqi menyampaikan bahwa saldo Kas di Kas Daerah per 31 Desember 2021 berupa giro pada Bank Jateng dengan rekening giro sebesar Rp. 93.767.421.662,00 yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Daerah Nomor 900/007/2019 tahun 2020, tentang Penunjukkan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Koordinator Tegal sebagai pemegang rekening Kas Umum Daerah Pemerintah Kota Tegal.

Berdasarkan hal tersebut, Fraksi PKB menanyakan apakah sampai saat ini penempatan kas di kas daerah seluruhnya masih ada pada rekening giro? Menurut Fraksi PKB jika sebagian dari kas daerah tersebut disimpan dalam bentuk deposito, tentunya Pemerintah Kota Tegal pada tahun 2022 berpotensi memperoleh pendapatan (bunga/jasa bank) yang lebih besar di banding jika dana tersebut ditempatkan pada rekening giro.

Sisdiono Ahmad, yang mewakili Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dalam penyampaian Pandangan Umum Fraksi menyampaikan hal serupa. Dari laporan Neraca per 31 Desember 2021 terdapat asset lancar sebesar Rp. 211.742.440.334, yang terdiri terdiri dari : – kas di kas daerah = Rp. 93.767.421.662.00, – kas di BLUD = Rp. 40.140.842.019,75 dan – kas di bendahara BOS = Rp. 2.678.032.080,00 dan sisanya berupa piutang, penyisihan piutang dan persediaan. Semua kas ini disimpan dalam bentuk giro di bank Jateng.

Dalam pandangan umum tersebut Fraksi Gerindra meminta agar sebagian kas tersebut disimpan dalam bentuk deposito sehingga akan memperoleh pendapatan lebih besar daripada dalam bentuk giro.

“Fraksi Gerindra meminta agar sebagian kas ini disimpan dalam bentuk deposito sehingga akan memperoleh pendapatan lebih besar daripada dalam bentuk giro,” ujar Sisdiono Ahmad.

Hal senada juga disampaikan oleh Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), yang disampaikan Tengku Rizki Aljupri. Selain sebagian saldo di kas daerah, Fraksi PAN juga menyoroti saldo kas yang menjadi ada di BLUD Kardinah.

“Apakah sekarang ini masih di sana? Walaupun penguasaan keuangan BLUD ada di Direktur dan manajemen, Fraksi PAN meminta adanya controling ketat terhadap ini, harusnya saldo kas yang ada di BLUD Kardinah tidak sebesar ini, agar bagi hasil yang diperoleh lebih menguntungkan di deposito, dalam rangka meningkatkan PAD, selain itu saldo kas yang besar juga menimbulkan potensi pergeseran kas yang tidak semestinya terjadi,” ujar Politisi PAN, Tengku Rizki Aljupri.(*)

Berita Lainnya

Peringati HUT Ke-75 RI, Ada 122 Napi di Lapas Kota Tegal Dapat Remisi
Berita 17 Aug, 2020

Peringati HUT Ke-75 RI, Ada 122 Napi di Lapas Kota Tegal Dapat Remisi

Sebanyak 122 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kota Tegal menerima pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka Hari Ulang…

Kelurahan Tidak Boleh Menolak Pelayanan Hanya Karena Belum Lunas PBB
Berita 08 Jan, 2018

Kelurahan Tidak Boleh Menolak Pelayanan Hanya Karena Belum Lunas PBB

Keterlambatan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Tidak Boleh dijadikan Alasan Untuk menolak pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini disampaikan Plt.…

Kota Tegal Turut Istigasah dan Doa Keselamatan Jateng Secara Virtual
Berita 22 Jan, 2021

Kota Tegal Turut Istigasah dan Doa Keselamatan Jateng Secara Virtual

TEGAL - Istigasah dan doa bersama untuk keselamatan Jawa Tengah dan Indonesia berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. Acara…

Wali Kota Apresiasi Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja
Berita 18 Jun, 2020

Wali Kota Apresiasi Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja

Kampung Tangguh Nusantara Candi yang dicanangkan oleh Polres Tegal Kota berlangsung di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat. Dalam…

Sertijab Komandan Posal
Berita 13 Jun, 2019

Sertijab Komandan Posal

Jabatan Komandan Posal (Pos Pengamat TNI-AL) Kota Pekalongan diserah terimakan dari Peltu Mes Muksin Kepada Serma EKL Firman A ,Komandan…

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal
Berita 04 Mar, 2018

Danlanal Tegal Ziarah ke makam Posongan dan Tugu Pahlawan Comal

PEMALANG-Pada saat berlangsungnya Agresi Militer Belanda Ke-2 tahun 1947, bertempat di Dukuh Posongan Comal Kabupaten Pemalang telah terjadi Pertempuran Sengit…

Most from this category