Pembersih Daun dan Aplikasi Tegal Bisnis Juarai Krenova 2022

TEGAL – Inovasi dan Kreasi “GLOCERA” Pengkilap daun tanaman hias dan “TEGAL ONLINE BISNIS” Aplikasi/Platform berjualan online Produk Tegal berhasil menjuarai lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kota Tegal tahun 2022, kategori pelajar dan kategori umum.

Pengumuman pemenang lomba krenova tersebut dilakukan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Senin (20/6/2022) dan dihadiri langsung Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dan Sekretaris Daerah Kota Tegal Johardi.

Untuk kategori Pelajar, Glocera merupakan inovasi yang di buat oleh 3 Pelajar Kelas 11, SMA Ikhsaniyah Kota Tegal, Andriani Eka Putri, Putri Nurhasliza Artifa dan Zahra Nur Fitria.

Zahra Nur Fitria ditemui sesaat setelah menerima piala dan penghargaan menjelaskan bahwa Glocera merupakan cairan yang terbuat dari air kelapa yang sudah tua, yang digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan daun pada tanaman hias.

Idenya diawali dari situasi pandemi Covid-19 yang membuat semakin banyak orang mulai memelihara tanaman hias. Mereka juga melihat banyaknya air kelapa tua yang dibuang. Ia dan teman-temannya berpikir untuk memanfaatkan air kelapa tua tersebut dengan mencampur beberapa bahan lain.

Sedangkan untuk kategori umum Tegal Bisnis online diusung oleh Dr. Tjahjanto dan teman-temannya dari Kelurahan Panggung Kota Tegal. Tjahjanto menyampaikan bahwa aplikasi tersebut merupakan tempat bisnisnya Orang Tegal, dengan membuka www.tegalonline.biz.

“Ini merupakan sebuah portal, dimana masyarakat Kota Tegal bisa memamerkan produk-produknya, kemudian dijual secara online baik itu buat lokal maupun internasional,” ujar doktor lulusan ITB tersebut.

Tjahjanto mengajak Masyarakat Kota Tegal yang dulu mendapatkan gelar “Jepangnya Indonesia” untuk kembali memamerkan produk-produknya melalui portalnya tersebut.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dalam sambutan pada acara tersebut menyampai bahwa penghargaan Krenova adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota Tegal kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

Dedy Yon berpesan agar selalu mengembangkan inovasi tanpa henti untuk kemajuan Kota Tegal.
Selanjutnya para pemenang lomba Krenova tingkat Kota Tegal ini akan diikut sertakan ke lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah.(*)

Berita Lainnya

Kota Tegal Masuk 50 Kab/Kota Pendampingan Smart City Kemkominfo
Berita 21 Apr, 2022

Kota Tegal Masuk 50 Kab/Kota Pendampingan Smart City Kemkominfo

TEGAL - Kota Tegal bersama 49 kabupaten/kota seluruh Indonesia turut menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik…

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat
Berita 16 Jun, 2017

Jelang Lebaran Produksi Olahan Ikan Meningkat

TEGAL – Permintaan jenis olahan ikan menjelang hari lebaran makin ada peningkatan. Beberapa olahan ikan terus diminati oleh konsumen. Seperti…

KPU Gelar Debat Putaran Kedua Pilwalkot Tegal
Berita 07 May, 2018

KPU Gelar Debat Putaran Kedua Pilwalkot Tegal

KPU Kota Tegal Telah menggelar Debat Publik putaran kedua Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pada Senin 7 Mei…

Sri Mulyani Himbau Tetap Jaga Akuntabilitas Laporan Keuangan
Berita 22 Sep, 2020

Sri Mulyani Himbau Tetap Jaga Akuntabilitas Laporan Keuangan

Meskipun ditengah keadaan darurat Penanganan Covid-19, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Daerah…

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan
Berita 05 Jun, 2018

UPS Tegal Adakan Buka Bersama dan Santunan

TEGAL - Buka puasa bersama keluarga besar UPS Tegal yang digelar di Auditorium Dariyoen Seno Atmodjo Universitas Pancasakti Tegal disertai…

Bersepeda Ke Tegalsari, Kang Nur Tinjau Proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan
Berita 24 Nov, 2017

Bersepeda Ke Tegalsari, Kang Nur Tinjau Proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan

TEGAL-Plt. Walikota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd menyempatkan diri memantau proyek Pembangunan Kawasan Pemukiman Nelayan / Tepi Air di Kelurahan…

Most from this category