Dedy Yon: Jadikan Baznas Ujung Tombak Inspirator Masyarakat

TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal diminta sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat. Utamanya dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono pada acara Pelantikan Pimpinan Baznas Kota Tegal masa bakti 2022-2027 di Ruang Adipura, Jum’at (17/6/2022).

Dedy Yon resmi melantik Pimpinan Baznas berdasar Surat Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 451.1.12/064/2022 tentang Penetapan Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kota Tegal Periode 2022-2027. Susunan kepengurusan yakni Ketua Harun Abdi Manaf, Wakil Ketua I Gito Mursriyono, Wakil Ketua II Akrom Khafid, Wakil Ketua III Herlien Tedjo Oetami dan Wakil Ketua IV Ade Dian Is Kurniasih.

Pada acara pelantikan yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Wali Kota Tegal, Dedy Yon meminta kepada para pengurus Baznas untuk menjadikan Baznas ini sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat, dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

“Melalui baznas, masyarakat dapat menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh untuk membantu saudara yang lain yang membutuhkan, termasuk kemiskinan,” pungkas Dedy Yon.

Dedy Yon juga menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan Baznas yang baru dilantik dan dikukuhkan. Wali Kota berharap para pengurus baru mampu mengemban amanah untuk berbakti dengan tulus untuk memajukan Kota Tegal.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kota Tegal, mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan Baznas yang dilantik dan dikukuhkan pada hari ini. Semoga para pengurus baru mampu mengemban amanah untuk berbakti dengan setulus hati demi memajukan Kota Tegal yang kita cintai ini,” tutur Wali Kota Tegal.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji yang hadir dalam acara pelantikan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus lama, atas pengabdiannya dalam melaksanakan tugas di Bazmas Kota Tegal.

Ahmad Darodji menyampaikan bahwa Baznas merupakan Lembaga Pemerintah Non Struktural. Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaanya Baznas Kota Tegal harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal.

Ia berpesan bahwa, Baznas harus bisa membantu Pemerintah pada kegiatan-kegiatan pemberian bantuan yang tidak dicover Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II, sebab menurutnya Baznas bisa lebih fleksibel untuk memberikan bantuan yang bersifat darurat.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah mencontohkan bantuan yang diberikan untuk orang sakit, dan RTLH dalam keadaan darurat, yang tidak bisa tercover APBD II, bisa dibantu oleh Baznas.

Disisi lain, Ahmad Darodji juga berharap kepada Pemerintah Kota Tegal melalui Wali Kota untuk mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Tegal.(*)

Berita Lainnya

Tak Benar Pengendalian Internal Pemkot Dinilai Amburadul
Berita 06 Jul, 2017

Tak Benar Pengendalian Internal Pemkot Dinilai Amburadul

Pemerintah Kota Tegal melalui Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) membantah pernyataan Anggota Badan Anggaran DPRD, Sisdiono Ahmad sebagaimana dilansir Suara…

Wali Kota: Ketika Budaya Jaga Jarak Jadi Mazhab Baru, Seni Harus Akrab dengan IT
Berita 17 Mar, 2021

Wali Kota: Ketika Budaya Jaga Jarak Jadi Mazhab Baru, Seni Harus Akrab dengan IT

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono mengharapkan Dewan Kesenian Tegal (DKT) dapat menggapai sasaran strategis dan membangun…

Fatayat NU Kota Tegal Adakan Senam Fatayat NU
Berita 12 May, 2017

Fatayat NU Kota Tegal Adakan Senam Fatayat NU

TEGAL – Dalam rangka hari lahirnya Fatayat NU ke 67 tahun, Fatayat NU Kota Tegal menyelenggrakan kegiatan berbagai kegiatan diantaranya…

Tingkatkan Kompetensi Guru ditengah kekurangan Guru
Berita 29 Jan, 2018

Tingkatkan Kompetensi Guru ditengah kekurangan Guru

Ditengah kurangnya guru PNS di Kota Tegal, tenaga pendidik khususnya kepala sekolah diminta untuk tetap meningkatkan kompetensinya untuk kemajuan dunia…

Berita 16 Aug, 2017

sambutan gub detik-detik Proklamasi

[embeddoc url="http://wartabahari.com/wp-content/uploads/2017/08/attachment.pdf" download="all"]

Dalam Waktu 1 Sampai 2 Hari,  Nelayan Sudah Bisa Melaut Lagi Dengan Tenang Tanpa Khawatir Ada Penangkapan.
Berita 19 Jul, 2017

Dalam Waktu 1 Sampai 2 Hari, Nelayan Sudah Bisa Melaut Lagi Dengan Tenang Tanpa Khawatir Ada Penangkapan.

Tegal – Dalam waktu dekat, keinginan nelayan yang selama ini menggunakan jaring cantrang kembali bisa melaut bakal terealisasi, kepastian itu…

Most from this category