Masuk Kloter 43, Jemaah Calon Haji Kota Tegal Berangkat 1 Juli 2022

TEGAL – Jemaah calon haji Kota Tegal yang masuk Kloter 43 Embarkasi Adi Sumarmo Solo (SOC) direncanakan akan diberangkatkan dari Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal ke Asrama Haji Donohudan pada Jum’at, 01 Juli 2022 pukul 23.00 WIB.

“Masuk Asrama Haji Donohudan hari Sabtu, 02 Juli 2022 pukul 08.00 WIB dan terbang ke tanah suci hari Minggu, tanggal 03 Juli 2022 pukul 02.55 WIB dan tiba di Jeddah tanggal 03 Juli 2022 pukul 11.55 WAS,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Kota Tegal, Fathul Himam, selaku Penyelenggara Haji Kota Tegal tahun 2022 M / 1443 H, saat acara Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Tegal Tahun 2022 di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Selasa (14/06).

Dalam laporannya, Fathul Himam menyebut Jemaah Haji Kota Tegal ini seharusnya berjumlah 214 orang, karena ada pengurangan kouta dari Negara Arab Saudi, maka untuk Kota Tegal hanya mendapatkan 110 orang pada kuota Provinsi Jawa Tengah. Termasuk untuk tahun ini bagi jemaah haji yang usianya 65 tahun atau yang lahir pertanggal 30 Juni 1957 tidak bisa diberangkatkan. Ini ketentuan dari Arab Saudi karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan tahun depan kuota haji sudah normal kembali hingga tidak ada batasan usia. Adapun jemaah yang mendaftar pada saat sekarang ini, diprediksi akan berangkat pada tahun 2052,” ungkap Fathul Himam.

Sesuai data dari Kantor Kemenag Kota Tegal, jemaah haji usia tertua 64 tahun atas nama Darsono Giatmoko Kaswad dan yang termuda usia 23 tahun atas nama Andri Maulana Asikin. Sementara untuk pendidikan jemaah dengan rincian SD 17 orang, SLTP 19 orang, SLTA 28 orang Sarjana Muda 13 orang, S1 40 orang dan S2 3 orang. Dengan jenis kelamin laki-lakoi 47 orang dan perempuan 63 orang.

Jemaah haji Kota Tegal masuk dalam Kloter 43 Embarkasi SOC bergaubung dengan Kabupaten Purbalingga sebanyak 39 orang, Kota Pekalongan 162 orang, Kabupaten Sleman sebanyak 33 orang dan mendapat tambahan jemaah cadangan sebanyak 8 orang. Disebutkan Fathul Himam, jemaah Kota Tegal menempati sektor 4 Maktab No. 36 Hotel Kiswah 401 yang berkapasitas 24.154 orang di Wilayah Jarwal.

Jemaah haji Kota Tegal didampingi oleh empat orang petugas kloter yang terdiri dari TPHI, Teguh Basuki dari Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, TPIHI atas nama Mundakir dari Kantor Kemenag Kota Pekalongan, TKHI terdiri dari satu dokter atas nama dr. Wiwit Prastuti dan satu orang paramedis atas nama Hasan Asari Makhruji serta satu orang TPHD atas nama Syaefuddin.

Syaefuddin atas nama perwakilan jemaah haji Kota Tegal merasa sangat berbahagia karena diberangkatkan tahun ini ke Tanah Suci. “Ini merupakah hal patut disyukuri karena telah kita ketahui pemberangkatan tahun lalu dibatalkan dengan alasan keselamatan dan kesehatan seluruh jemaah. Karena situasi pandemi Covid-19 yang belum kondusif,” ungkap Syaefuddin yang juga berjanji untuk berusaha menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin sehingga seluruh rangkaian haji, baik rukun maupun wajib serta sunah dapat dilaksanakan dengan baik. Demikian juga tolong menolong dan menjalin tali persaudaraan diantara jemaah haji.

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono yang hadir bersama anggota Forkopimda Kota Tegal dan Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal melepas jemaah calon haji Kota Tegal ditandai dengan penyerahan bendera lambang Kota Tegal kepada TPHD Kota Tegal. Sementara dalam sambutannya, Wali Kota atas nama pribadi  dan Pemerintah Kota Tegal, dengan suka cita dan turut berbahagia mengucapkan  selamat  atas  akan  diberangkatkannya calon jamaah   haji   tahun   1443   H / 2022   Masehi ke   Tanah   Suci. Tak lupa, Wali Kota memberikan wejangan apa yang perlu dilaksanakan dan tidak perlu dilaksanakan jemaah calon haji saat beribadah haji di Tanah Suci.

“Saya    ucapkan    selamat    jalan,    selamat menunaikan   ibadah  haji,   semoga   Allah   SWT   senantiasa melindungi  dan  memberikan  kesehatan serta memberkahi  bapak-ibu sekalian  selama  menunaikan  ibadah  haji. Semoga  menjadi haji yang mabrur dan pulang dengan selamat,” harapan dan do’a Wali Kota.(*)

Berita Lainnya

ASN Kota Tegal Pelopori Penggunaan Bright Gas
Berita 06 Dec, 2017

ASN Kota Tegal Pelopori Penggunaan Bright Gas

TEGAL – Terlihat Aparutur Sipil Negera (ASN) Pemerintah Kota Tegal sedang menukarkan tabung gas 3 kg dengan 1 Bright Gas…

Tim Penggerak PKK Adakan Sosialisasi Kesehatan
Berita 27 Nov, 2017

Tim Penggerak PKK Adakan Sosialisasi Kesehatan

TEGAL -  Tim Pengerak PKK Kota Tegal pada hari Senin (27/11) mengadakan sosialisasi di Ruang PKK Kota Tegal yakni kompleks…

PD. BPR BKK Kota Tegal, Gelar Undian Tabungan dan Deposito
Berita 14 Dec, 2019

PD. BPR BKK Kota Tegal, Gelar Undian Tabungan dan Deposito

PD. BPR BKK Kota Tegal, Sabtu (14/12), di gedung Swam, menggelar Undian Tabungan dan Deposito bagi nasabahnya. Acara undian tersebut…

Peserta Apel Senam Bersama Cuci Tangan
Berita 13 Mar, 2020

Peserta Apel Senam Bersama Cuci Tangan

TEGAL – Seluruh peserta Apel dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Batamsari, Jum’at (13/03/2020), melaksanakan senam bersama…

Wali Kota Tegal Resmikan Masjid Darussalam
Berita 26 Nov, 2018

Wali Kota Tegal Resmikan Masjid Darussalam

Tegal – Masjid Darussalam yang terletak di jalan Tanjung Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur telah diresmikan oleh Wali Kota Tegal…

Antisipasi DBD Melalui 3M
Berita 24 Jan, 2017

Antisipasi DBD Melalui 3M

TEGAL- Ancaman deman berdarah (DB) pada masyarakat kita tidak dapat dipandang sebelah mata, hal ini nampaknya harus benar-benar diperhatikan secara…

Most from this category