Kejar Penunggalan Data, Disdukcapil Lakukan Percepatan

TEGAL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, tengah melakukan Percepatan Penunggalan data Kependudukan Kota Tegal.

Tujuan Penunggalan Kependudukan tersebut untuk melakukan verifikasi kepada masyarakat yang memiliki data kependudukan ganda agar memilih apakah akan masuk menjadi warga dengan data kependudukan Kota Tegal atau tidak.

Hal tersebut diungkap dalam Rakor Penunggalan Data Kependudukan Kota Tegal, di Ruang Adipura Komplek Balai Kota Tegal, yang dihadiri Wali Kota Tegal, Ketua DPRD Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, OPD terkait, Lurah dan Relawan Administrasi Kependudukan, Senin (13/6/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Basuki dalam Rakor tersebut menyampaikan bahwa data Ganda lengkap dengan alamat Kota Tegal sejumlah 8.149. Ia menyampaikan bahwa saat ini, DKB by sistem konsolidasi akhir 2021 jumlah Warga Kota Tegal 288.145.

Basuki menyampaikan bahwa percepatan meliputi penunggalan data ganda yang berdomisili di Kota Tegal, penunggalan data penduduk melalui perekaman KTP-El ditujukan bagi warga atau masyarakat yang masih berdomisili di Kota Tegal dan semua data penunggalan harus di kroscek di lapangan.

Relawan Administrasi kependudukan akan mencatat dan laporkan apabila ada warga yang sudah tidak ada ditempat atau meninggal atau warga sudah memiliki KTP, laporan catatan tersebut sebagai data balikan yang akan digunakan untuk bahan penghapusan data penduduk dan bagi yang meninggal akan diterbitkan akta kematian.

Apabila waktu dua hari tidak cukup maka dilanjutkan dengan perekaman KTP-El oleh masing-masing warga hadir di Tempat Perekaman Data Kependudukan di Kantor Kecamatan.

“Bagi warga yang memiliki Kebutuhan Khusus, disabilitas, ODGJ atau penduduk rentan perekaman KTP-El akan dilakukan dengan jemput bola pada hari lain,” ujar Basuki.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dalam Rakor tersebut menyampaikan konsolidasi data kependudukan semester I bulan Juni 2022 tinggal dalam hitungan hari, satu minggu lagi dan masih banyak penunggalan data yang harus dilaksanakan cara yang efektif agar DKB sesuai harapan adalah dengan melakukan kegiatan perekaman KTP bagi penduduk Warga Kota Tegal.

“Saya minta para Lurah / Camat agar agar benar-benar teliti data penunggalan yang sudah diterima, agar dicek di lapangan, apakah warganya benar-benar masih ada. Catat semua kondisinya warganya mana yang sudah mutasi/meninggal dan laporkan koordinasikan dengan petugas Disdukcapil Kota Tegal,” kata Wali Kota.

Sementara bagi relawan adminduk, Wali Kota menyampaikan apresiasi yang telah tulus membantu Warga Kota Tegal dalam menyelesaikan urusan dokumen kependudukan sehingga Tegal Amazing dalam pelayanan publik bisa semakin nyata dan lebih mudah.(*)

Berita Lainnya

Perpusda  Wujudkan Perpustakaan Modern dan Living Library
Berita 16 Feb, 2017

Perpusda Wujudkan Perpustakaan Modern dan Living Library

TEGAL-Perpustakaan modern harus mampu bermitra dengan banyak pemangku kepentingan. Tujuannya untuk mencerdaskan, memotivasi, mengadvokasi, memberdayakan masyarakat, tak hanya gemar membaca,…

60 Jamaah Calon Haji Gelombang Pertama Kota Tegal Dilepas
Berita 18 Jul, 2018

60 Jamaah Calon Haji Gelombang Pertama Kota Tegal Dilepas

Sebanyak 60 jamaah calon haji, gelombang pertama kota Tegal dilepas oleh Plt. Wali Kota Tegal. M. Nursholeh, Rabu (18/7) dari…

M. Jumadi : “Ground Breaking” Taman Pancasila September 2020
Berita 05 Aug, 2020

M. Jumadi : “Ground Breaking” Taman Pancasila September 2020

Jakarta - Pemerintah Kota Tegal dan PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Persero menyepakati pelaksanaan Ground Breaking (peletakan batu pertama)…

Endang Nursoleh Buka Pesta Siaga Kwarcab Kota Tegal
Berita 24 Feb, 2018

Endang Nursoleh Buka Pesta Siaga Kwarcab Kota Tegal

TEGAL-Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Kota Tegal Endang Nursoleh, Sabtu (24/2/2018) meresmikan pembukaan Pesta Siaga tingkat Kota Tegal di Bumi Perkemahan…

Spasi! Wadah Kreatif Anak Muda Tegal
Berita 10 Jan, 2019

Spasi! Wadah Kreatif Anak Muda Tegal

Tegal – Wadah kreatif untuk menyalurkan hasil karya masyarakat Tegal dan sekitarnya kini dapat ditampung dalam sebuah wadah yakni Spasi…

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkot Tegal Siapkan Rusun Tegal Sari dan GOR Tegal Selatan untuk Karantina
Berita 23 Nov, 2020

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkot Tegal Siapkan Rusun Tegal Sari dan GOR Tegal Selatan untuk Karantina

TEGAL - Penggunaan Rumah Susun (Rusun) Tegal Sari dan GOR Tegal Selatan sebagai tempat karantina pasien Orang Tanpa Gejala (OTG)…

Most from this category