Enam Fraksi Soroti Raperda Penataan PKL

TEGAL – Enam Fraksi di DPRD Kota Tegal menyoroti Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Hal tersebut disampaikan masing-masing Fraksi dalam Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Penjelasan Wali Kota atas Empat Raperda Kota Tegal di Ruang Paripurna DPRD Kota Tegal, Kamis (2/6/2022).

Selain membahas Raperda tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL, DPRD juga membahas tiga Raperda lain juga disampaikan dalam Rapat Paripurna tersebut, Raperda tentang Pengarustamaan Dender (PUG). Raperda tentang Fasilitasi Pencegahaan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) dan Raperda Tentang Penanggulangan Tuberkulosis (TBC).

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono hadir langsung dalam Rapat Paripurna tersebut, bersama Sekrataris Daerah Kota Tegal, Johardi bersama jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal mengikuti Paripurna secara hybrid.

Raperda Penataan dan Pemberdayaan PKL menjadi perhatian khusus Fraksi-fraksi, Partaai Gerindra dalam pandangan umumnya yang dibacakan Sisdiono Ahmad menyampaikan bahwa keberadaan Perda tersebut nantinya harus bisa memberikan perlindungan, sokongan dan penguatan pembinaan serta pembinaan.

“Pedagang kaki lima (PKL) adalah penggerak perekonomian sektor informal yang terbukti mampu bertahan disaat badai Covid-19 melanda, sehingga paradigma pembangunan harus dirubah yang semula PKL sebagai obyek menjadi subyek dalam pembangunan,” ujar Sisdiono Ahmad.

Dengan adanya regulasi Penataaan dan Pemberdayaan OKL, Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan oleh Edi Suripno berharap Pemerintah Kota Tegal akan memunculkan kepastian dan perlindungan bagi keberadaan dan keberlangsungan PKL di Kota Tegal dengan adanya regulasi ini akan memunculkan kepastian dan perlindungan bagi keberadaan dan keberlangsungan PKL di Kota Tegal.

“Raperda ini agar Pemerintah Kota segera menetapkan zonasi Kawasan lokasi PKL yang strategis agar PKL tidak lagi dianggap sebagai sumber kekumuhan dengan mempertimbangkan pusat keramaian dan ketertiban lalu lintas, termasuk kalau dipandang perlu Pemerintah Kota dapat merumuskan jenis PKL dan karakteristiknya sampai bentuk tempat usahanya PKL biar tidak menyebabkan Kawasan PKL yang terkesan kumuh, kotor dan kurang sedap dipandang karena tidak memperhatikan kebersihan dan estetika bagi penampilan wajah sebuah kota,” ujar Edi Suripno.

Sementara itu, Fraksi PKS, yang dibacakan Rahmat Raharjo berharap Raperda PKL ini benar-benar dapat mengatur secara lengkap mencakup semua aspek antara lain; lokasi dan kawasan tempat berusaha PKL, hak kewajiban baik bagi PKL maupun penyelenggara pemerintahan, pendataan, pendaftaran, dan perijinan, pemberdayaan, monitoring dan evaluasi, serta regulasi turunan dari raperda ini yang mengatur lebih detail tentang PKL.(*)

Berita Lainnya

Tabligh Akbar Harlah NU ke-94, Kyai Said Ajak Teladani Kiprah Kyai Hasyim Asy’ari
Berita 13 Mar, 2020

Tabligh Akbar Harlah NU ke-94, Kyai Said Ajak Teladani Kiprah Kyai Hasyim Asy’ari

Menjadi pembicara pada tabligh akbar peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke-94 di halaman masjid Ats Tsumairi, Kecamatan Margadana, Kota…

Gedung Baru SMK Mutu Diresmikan, Walikota Berharap Semangat Belajar Meningkat
Berita 28 Dec, 2019

Gedung Baru SMK Mutu Diresmikan, Walikota Berharap Semangat Belajar Meningkat

TEGAL-SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal meresmikan gedung baru, Sabtu (28/12). Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.,MM berharap semangat…

Sejumlah Perwira TNI Ziarah Nasional ke TMP Pura Kusuma Negara
Berita 03 Oct, 2018

Sejumlah Perwira TNI Ziarah Nasional ke TMP Pura Kusuma Negara

Tegal - Sejumlah Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Jl. Melati Kelurahan…

Meriahkan Perayaan Cap Go Meh, Wali Kota Tegal Gotong Tao Pe Kong
Berita 07 Feb, 2020

Meriahkan Perayaan Cap Go Meh, Wali Kota Tegal Gotong Tao Pe Kong

Tegal - Ada yang unik dan special dalam Perayaan hari Raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go…

19 PMKS Terjaring Operasi
Berita 06 Feb, 2020

19 PMKS Terjaring Operasi

TEGAL- Sebanyak 19 orang terjaring dalam operasi yang digelar oleh Tim Gabungan Kegiatan Pelaksanaan KIE Konseling dan Kampanye Sosial Bagi…

Ribuan Warga Ikuti Jalan Santai Bersama Plt. Wali Kota Tegal.
Berita 21 Sep, 2017

Ribuan Warga Ikuti Jalan Santai Bersama Plt. Wali Kota Tegal.

TEGAL- Ribuan masyarakat mengikuti jalan santai bersama Plt. Wali Kota Tegal HM. Nursoleh M. M.Pd, Kamis (21/9) pagi. Kegiatan tersebut…

Most from this category