Sosialisasi BOS Digelar

TEGAL- Kepala Sekolah dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP mengikuti sosialisasi BOS Tahun Anggaran 2017 di aula eks Samsat kompek Balai Kota Tegal, Rabu, 29 Maret 2017.  Sosialisasi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) itu, dihadiri Kepala Disdikbud , Pengawas SD/SMP, Bakeuda, Inspektorat  dan pejabat lain.

Kepala Disdikbud Kota Tegal, Johardi mengatakan sosialisasi BOS Tahun Anggaran 2017 dilakukan ke semua kepala sekolah dan bendahara BOS SD dan SMP. Kegiatan tersebut dilakukan bertahap. ”Hari ini (29/3) sosialisasi untuk sekolah di wilayah Kecamatan Tegal Selatan dan Margadana.  Untuk sekolah di wilayah Kecamatan Tegal Timur dan Tegal Barat sudah disosialisasikan kemarin (27/3),” kata Johardi.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kata Johardi,  mengamanatkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar.  Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya pendidikan dasar.

“Perwujudan program wajib belajar ini didukung dengan adanya BOS,” imbuh Johardi

Lebih lanjut, adanya BOS sangat penting sebab dapat meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan, meningkatkan akses pendidikan dasar 9 tahun,  memberikan kepastian masyarakat miskin dapat bersekolah dan memberikan kepastian bahwa lulusan SD dapat melanjutkan pendidikan ketingkat SMP.

Besaran dana BOS yang diterima oleh satuan pendidikan dihitung berdasarkan jumlah siswa di sekolah. Data jumlah siswa tersebut berdasarkan data dari data pokok pendidikan (Dapodik). Dana BOS yang diterima siswa SMP sebesar 1.000.000 pertahun, sedangkan dana BOS yang diterima siswa SD sebesar 800 ribu per tahun.

Johardi berharap melalui kegiatan ini, penyelenggaran BOS dapat memahami aturan dan dalam pembuatan SPJ harus pemgacu ada aturan dan undang-undang. “Pengelolaan keuangan yang benar dan transapraan sehingga akhir dari kegiatan akan benar dan valid. Nantinya bilamana diperiksa lembaga-lembaga  audit benar-benar  tidak ada masalah,” pungkasnya .(Sa. Amin)

Berita Lainnya

Sri Rejeki: Batik Tegal Bukan Batik Ecek-ecek
Berita 03 Oct, 2017

Sri Rejeki: Batik Tegal Bukan Batik Ecek-ecek

TEGAL-Para pengrajin batik patut bangga sebab batik kini sudah menjadi warisan dunia. Salah satunya, Sri Rejeki ketua KUBE Canting Mas…

Lulusan SUPM Negeri Tegal dilirik Perusahaan Besar Asal Jepang
Berita 26 Apr, 2017

Lulusan SUPM Negeri Tegal dilirik Perusahaan Besar Asal Jepang

TEGAL – Permintaan kerja sama degan SUPM Negeri Tegal nampak tak surut dan terus mengalir. Terbukti pada Rabu (26/4) kedatanggan…

Pembuatan AK I Meningkat
Berita 07 Jul, 2017

Pembuatan AK I Meningkat

TEGAL-Pasca hari raya idul fitri 1438 H, aktifitas pembuatan kartu pencari kerja atau AK I di Dinas Tenaga Kerja dan…

Tampil di Inbox, Walikota Promosikan Kuliner Tegal
Arsip 05 Feb, 2017

Tampil di Inbox, Walikota Promosikan Kuliner Tegal

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha tampil bersama sejumlah pimpinan Organisai Perangkat Daerah (OPD) tampil di sebuah acara live…

Peringati Hari Laut Sedunia dengan Bersih Pantai
Berita 08 Jun, 2017

Peringati Hari Laut Sedunia dengan Bersih Pantai

TEGAL – Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra,…

Paskibra Diminta Menunjukan Keteladanan Sebagai Pelajar Yang Berprestasi, Berdisiplin Dan Bermoral, Serta Memiliki Jiwa Nasionalisme Yang Tinggi.
Berita 16 Aug, 2017

Paskibra Diminta Menunjukan Keteladanan Sebagai Pelajar Yang Berprestasi, Berdisiplin Dan Bermoral, Serta Memiliki Jiwa Nasionalisme Yang Tinggi.

Tegal – Pengukuhan (Pasukan Pengibar Bendera) Paskibra Kota Tegal Tahun 2017, Rabu, 16 Agustus 2017, pukul 07:30 WIB, di halaman…

Most from this category