Kemenag Diharapkan Sarat Prestasi

TEGAL – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal harus terus berpacu sehingga sarat akan prestasi agar mampu memberi warna di Kota Tegal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M., saat menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti ke- 76 Tahun 2022 di Halaman MAN Kota Tegal, Senin (3/1) pagi.

Johardi yang juga membacakan sambutan Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono yang didalamnya berisi sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut menyampaikan Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Yaqul mengatakan Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga pancasila, konstitusi, dan negara kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks kepuasan layanan kua meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” papar Yaqut.

Ditambahkan Yaqut, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

“Dari perspektif tata kelola keuangan, kementerian agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian agama kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016,” paparnya.

Kementerian Agama telah mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 satuan kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada hari amal bakti ke-76 ini, atas nama bapak presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016,” ujarnya.
Dalam sambutan itu, Menteri Agama RI juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pegawai aparatur sipil negara kementerian agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja kementerian agama.

Selain itu, Kepala Kementerian Agama Kota Tegal Ahmad Farhan menyampaikan bahwa Kota Tegal benar benar teduh.

“Pemerintah benar-benar mengayomi seluruh umat beragama yang ada bahkan kepercayaan pun kita ayomi dengan program-program kebersamaan kita tingkatkan. Trasformasi pelayanan kita percepat, pelayanan lebih mudah digitalisasi terwujud di 2022 ,kerukunan dan harmonisasi tetap terjalin,” ujar Farhan.

Usai upacara juga dilaksanakan tasyakuran Hari Amal Bakti ke-76 yang dihadiri Wali Kota Tegal. Wali Kota berkesempatan memotong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Kepala Kemenag Kota Tegal. Akhmad Farkhan. (*)

Berita Lainnya

Sebelum Dilarung, Ancak Diarak Keliling
Berita 01 Oct, 2017

Sebelum Dilarung, Ancak Diarak Keliling

TEGAL – Tradisi sedekah laut nelayan Kota Tegal yang setiap tahunnya digelar tidak luput menghadirkan Ancak. Ancak yang akan dilarung…

RSUD Kardinah Dapat Bantuan APD, Masker, Rapidtest Dan Thermo Gun
Berita 06 May, 2020

RSUD Kardinah Dapat Bantuan APD, Masker, Rapidtest Dan Thermo Gun

Tegal - Gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kota Tegal mendapatkan bantuan berupa 70 APD, 250 masker, 50 rapid test…

PJs Wali Kota Tegal Ahmad Rofai Lepas Pawai Kampanye Damai
Berita 18 Feb, 2018

PJs Wali Kota Tegal Ahmad Rofai Lepas Pawai Kampanye Damai

TEGAL- Pejabat Sementara Wali Kota Tegal, Achmad Rofai, melepas pawai damai para pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Tegal yang…

LAYANAN SAKLAR Memudahkan Warga Dalam Mengurus Perizinan Tertentu.
Berita 02 Aug, 2018

LAYANAN SAKLAR Memudahkan Warga Dalam Mengurus Perizinan Tertentu.

Semarang – Dari (3) tiga inovasi yang di kirimkan untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Jawa Tengah,…

Hadroh Mukhayah Maju Tingkat Nasional
Berita 21 Nov, 2019

Hadroh Mukhayah Maju Tingkat Nasional

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M melepas langsung tim Hadroh dari ponpes Nurur Rokhayah untuk berlaga…

Tingkatkan Kesehatan Pekerja Formal dan Non Formal di Puncak Bulan K3.
Berita 01 May, 2019

Tingkatkan Kesehatan Pekerja Formal dan Non Formal di Puncak Bulan K3.

Tegal - Puncak bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilaksanakan dengan penyerahan hadiah kepada tiga pemenang lomba K3. Dengan peringatan…

Most from this category