Razia untuk Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba, Aparat Gunakan Pendekatan Humanis

TEGAL – Deteksi Dini terhadap Penyalahgunaan Narkoba kembali dilakukan oleh BNN Kota Tegal, Sabtu (25/12/2021) malam di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Tegal.
Dengan menggandeng unsur dari Pemerintah Kota Tegal, TNI/POLRI dan sejumlah awak media, BNN Kota Tegal menyusuri tempat hiburan yang disinyalir terjadi penyalahgunaan narkoba.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BNN Kota Tegal, Soedirman bahwa Deteksi Dini ini sesuai dengan Instruksi Presiden.

“Hari ini kita lakukan Deteksi Dini sesuai dengan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020 supaya langkah preventif kita kedepankan, kita melakukan razia dalam bentuk humanis bukan pendekatan hukum pidana. Namun demikian kalau terindikasi ada barang bukti tentu kita proses,” jelas Soedirman.

Soedirman berharap dari hasil deteksi dini yang bersifat preventif hasilnya juga harus dapat dipertahankan.

“Alhamdulillah kita tidak menemukan barang bukti hari ini dan ternyata test urine hasilnya negatif semua, berati kesehatan masyarakat atau preventif penyalahgunaan narkoba di tempat hiburan malam. Alhamdulillah masih baik, mudah mudahan bisa dipertahankan oleh seluruh tempat hiburan malam,” jelas Soedirman.

Sementara itu, Kapolres Tegal Kota, Rahmad Hidayat menyampaikan, tempat hiburan malam agar kooperatif dalam mengantisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Kita semua berharap kooperatif dalam upaya kita bersama di dalam mengantisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah kita, ini butuh dukungan, kerjasama dan kesadaran semua pihak termasuk pengelola tempat hiburan,” ucap Rahmad Hidayat.

Terkait jam operasional, Rahmad Hidayat juga meminta, pengelola untuk mematuhi jam operasional.

“Ini menjadi bahan evaluasi kita kedepan dan terus mengingatkan tolong laksanakan kegiatannya sesuaikan dengan waktu, mungkin mereka menuntup karena melewati batas operasional, karena kita tetap melakukan pemantauan, karena tidak serta merta dengan dimatikannya lampu berarti tidak ada kegiatan, kita memastikan dulu tempat-tempat itu masih beroperasional apa tidak, ” jelas Rahmad Hidayat.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono yang turut memantau razia menegaskan bahwa Kota Tegal harus bersih dari Narkoba.

“Intinya Kota Tegal itu harus menjadi kota yang bebas narkoba, atau Bersinar , bersih narkoba atau tanpa narkoba. Itu artinya Kota Tegal jangan sampai ada penyebaran narkobanya. Narkoba adalah kejahatan besar dan harus diberantas sampai ke akar-akarnya, berati harus tuntas atau totalitas,” pungkas Wali Kota.(*)

Berita Lainnya

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik
Berita 04 Nov, 2018

Alat Batik Cap Berbahan Karton Didaulat jadi Alat TTG Terbaik

TEGAL-Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal yang berlangsung sejak Jumat (2/11) lalu, ditutup oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Yuswo…

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an
Berita 10 Apr, 2018

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an

TEGAL - Khotmil Qur'an dalam rangka hari jadi ke 438 Kota Tegal di gelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota…

Kasatpol PP Sapa Siswa SMP 10 Kota Tegal
Berita 15 Feb, 2017

Kasatpol PP Sapa Siswa SMP 10 Kota Tegal

TEGAL-Puluhan siswa SMP Negeri 10 Kota Tegal mendatangi kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Jalan Ki Gede Sebayu…

Persitema Taklukkan Persegal 2-0
Berita 17 Jul, 2019

Persitema Taklukkan Persegal 2-0

Laga pertandingan liga 3 Jawa Tengah antara Persatuan Sepak Bola Tegal (Persegal) VS Persatuan Sepak Bola Temanggung (Persitema) berakhir dengan…

Penyederhanaan Birokrasi, Pemkot Tegal Usulkan 142 Jabatan Eselon IV Setara JFT
Berita 27 Apr, 2021

Penyederhanaan Birokrasi, Pemkot Tegal Usulkan 142 Jabatan Eselon IV Setara JFT

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal saat ini sedang melaksanakan identifikasi jenis jabatan struktural Eselon IV yang akan disetarakan kedalam…

Ribuan Anak Yatim Piatu Buka Puasa Bersama PJS. Wali Kota Tegal
Berita 06 Jun, 2018

Ribuan Anak Yatim Piatu Buka Puasa Bersama PJS. Wali Kota Tegal

Ribuan anak yatim piatu Se-Kota Tegal, berbuka puasa bersama Pejabat Sementara (PJS) Wali Kota Tegal, Achmad Rofai, Rabu (6/6) di…

Most from this category