26 Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Program ATENSI

TEGAL – Sebanyak 26 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19 menerima bantuan dari Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kota Tegal.
Bantuan tersebut diserahkan Wali Kota Tegal secara simbolis dan didampingi Kepala UPT Balai Besar Rehabilitasi Sosial Disabilitas Intelektual Kementerian Sosial “Kartini” Temanggung, Rahmat Koesnadi, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Johardi dan Kepala Dinas Sosial Kota Tegal Bajari, di Pringgitan Kantor Wali Kota Tegal Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (16/11/2021).
Selain bantuan untuk anak yatim piatu, Program ATENSI juga memberikan Bantuan Penunjang Kebutuhan Anak Terlantar dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) kepada tiga LKSA. Antara lain LKSA Muhammadiyah, LKSA Aisyiah, LKSA Santo Aji, yang masing-masing LKSA menerima bantuan untuk 15 anak.
Selain itu ATENSI juga memberikan alat bantu bagi disabilitas yang diserahkan kepada anggota disabilitas Tegal Bahari. Termasuk pemberian ATENSI bagi lanjut usia terlantar untuk 20 lansia serta ATENSI alat peraga edukasi sebanyak lima paket.
Wali Kota Tegal menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia atas perhatian kepada anak-anak terdampak Covid-19 di Kota Tegal.
“Saya atas nama Pemerintah Kota Tegal menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia dan Menteri Sosial, karena Kota Tegal turut mendapatkan bantuan dari program ATENSI tersebut,” ujar Wali Kota Tegal.
Dedy Yon menyampaikan bahwa dampak dari pandemi covid-19 dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah anak-anak yatim yang ditinggal orang tuannya meninggal akibat Covid 19. Mereka yang masih berada di usia kanak-kanak tentu sangat terpukul dan merasa kesulitan. Oleh karenanya pemerintah mencanangkan program ATENSI yang bertujuan untuk membantu kesulitan-kesulitan mereka.
Dedy Yon berharap semua bantuan yang disalurkan melalui program ini dapat membantu para penyandang disabilitas untuk beraktifitas dengan lebih baik. Dan kepada para penerima bantuan, Ia juga berpesan agar semua bantuan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai dipindahtangankan dengan alasan apapun.
“Hargailah niat baik pemerintah yang ingin meringankan beban anda semua. Karena sesungguhnya semua yang dilakukan oleh Pemerintah adalah untuk kebaikan masyarakat semua,” pungkas Wali Kota Tegal.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Balai Besar Rehabilitasi Sosial Disabilitas Intelektual Kementerian Sosial “Kartini” Temanggung, Rahmat Koesnadi menyampaikan bahwa ATENSI merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.
Rahmat menjelaskan bahwa UPT Kementerian Sosial RI sebagai pusat rujukan permasalahan sosial, Kota Tegal masuk dalam jangkauan wilayah kerja pelayaan UPT Balai Besar Rehabilitasi Sosial Disabilitas Intelektual “Kartini” di Temanggung
Saat ini, kata Rahmat Koesnadi, total bantuan ATENSI Balai Besar Kartini Temanggung untuk masyarakat di Kota Tegal yang diserahkan sebesar Rp. 96.100.000, yang terdiri dari bantuan untuk anak yatim piatu jumlah 26 orang selama dua bulan sejumlah Rp. 12.200.000 yang disalurkan melalui Bank Mandiri sebanyak 16 anak dan Bank Syariah sebanyak 10 anak. Bantuan ATENSI berupa Alat Bantu sejumlah Rp. 50.650.000 dan Bantuan ATENSI untuk 4 LKS, sejumlah Rp. 33.250.000.
Rahmat Koesnadi berharap program ATENSI ini bisa terus berkelanjutan dan memberikan semakin banyak manfaat, serta para penerima manfaat pun kondisinya bertambah baik setelah menerima bantuan ini.
“Semoga program ATENSI ini bisa terus berkelanjutan dan memberikan semakin banyak manfaat, serta para penerima manfaat pun kondisinya bertambah baik setelah menerima bantuan ini,” harap Rahmat Koesnadi. (*)

Berita Lainnya

Perda Adminduk dan Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggora DPRD Disahkan
Berita 09 Jul, 2018

Perda Adminduk dan Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggora DPRD Disahkan

Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Tegal telah disetujui oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal untuk ditetapkan…

Tampil di Inbox, Walikota Promosikan Kuliner Tegal
Arsip 05 Feb, 2017

Tampil di Inbox, Walikota Promosikan Kuliner Tegal

TEGAL- Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha tampil bersama sejumlah pimpinan Organisai Perangkat Daerah (OPD) tampil di sebuah acara live…

29 Peserta Bertanding di Turnamen Bulutangkis Margadana
Berita 04 Mar, 2019

29 Peserta Bertanding di Turnamen Bulutangkis Margadana

Tegal – Sebagai upaya meningkatkan sportivitas sebanyak 29 peserta bertanding di Turnamen Bulutangkis di GOR Kartika, Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana,…

Peringati Hari Kartini, Pemkot Tegal Luncurkan “Jo Kawin Bocah”
Berita 21 Apr, 2021

Peringati Hari Kartini, Pemkot Tegal Luncurkan “Jo Kawin Bocah”

TEGAL - Kasus pernikahan anak banyak terjadi di berbagai daerah dengan berbagai latar belakang. Pernikahan dini menjadi perhatian oleh Pemerintah…

Pemkot Tegal Lakukan Monitoring Protokol Kesehatan Terhadap Pusat Perbelanjaan
Berita 18 May, 2020

Pemkot Tegal Lakukan Monitoring Protokol Kesehatan Terhadap Pusat Perbelanjaan

Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Koperasi Perdagangan dan UMKM, Dinas Kominfo, Humas Kota Tegal menggelar monitoring…

Peringati HANI 2018, BNN Kota Tegal Gelar Apel Bersama.
Berita 12 Jul, 2018

Peringati HANI 2018, BNN Kota Tegal Gelar Apel Bersama.

Tegal- Peringati Hari Anti Narkotika International BNN Kota Tegal bersama Pemerintah dan Forkopimda Kota Tegal menyelenggarakan Apel Bersama di Halaman…

Most from this category