Wali Kota dan 33 Orang Terima Penghargaan di HKN

TEGAL – Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono bersama 33 orang menerima penghargaan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021.

Wali Kota menerima penghargaan sebagai Top 100 Kepala Daerah Pembawa Perubahan di Indonesia di masa pandemi Covid-19 dari Seven Sky Media Indonesia.

Penghargaan disampaikan Sekertaris Daerah Kota Tegal. Dr. Drs. Johardi, M.M., usai Wali Kota bertindak sebagai Pembina Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 di Kota Tegal yang berlangsung di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Kompleks Balai Kota Tegal, Jumat (12/11/2021) pagi.

Apel dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tersebut diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, dan jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh pelaku kesehatan di Kota Tegal.

Sementara 33 orang yang berperan dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Tegal mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal.

Mereka yang mendapat penghargaan terdiri dari Camat dan Lurah dengan capaian vaksinasi terbaik, Bhabinkamtibmas terbaik, Babinsa terbaik, dokter teladan, perawat teladan, analis kesehatan teladan, relawan teladan, kader teladan, petugas ambulance terbaik, petugas pemulasaraan jenazah teladan, petugas pemakaman teladan, petugas penggali kubur teladan, puskesmas terbaik, sekolah terbaik dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan penerapan prokes, media teraktif, Juara 1 Lomba Penerapan Protkes Tempat Pengelolaan Pangan, Juara 1 Kelurahan Siaga Aktif Mandiri dan Juara 1 lomba Film Kesehatan Terbaik Kota Tegal.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 kepada Segenap jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh pelaku kesehatan di Kota Tegal.

“Saya ucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021 kepada Segenap jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh pelaku kesehatan di Kota Tegal, Semoga sehat yang ada di jiwa-jiwa pejuang kesehatan senantiasa bergelora dan tak akan pernah padam,” ucap Wali Kota.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wali Kota Tegal, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa 57 tahun usia Hari Kesehatan Nasional sejak pertama kali diperingati adalah bukan usia yang singkat.

“57 tahun bukanlah usia yang singkat, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, namun saat ini dan ke depannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu kita hadapi bersama. Berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti yang kita alami saat ini. Sebagaimana kita ketahui, pandemi COVID-19 merupakan krisis kesehatan global dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian yang dikonfirmasi dilaporkan terjadi di 225 negara hingga awal Oktober 2021,” ucap Menteri.

Budi Gunadi Sadikin menambahkan bahwa peringatan HKN ke-57 merupakan momentum tepat keberharasilan Indonesia dalam menangani pandemi. “Pelaksanaan peringatan HKN ke-57 merupakan momentum tepat untuk bersyukur, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan adanya mutasi virus. Capaian penurunan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini sebaiknya tetap membuat kita waspada. Apalagi penyebaran virus Corona memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi,” tambah Budi Gunadi Sadikin.

Dengan mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, Budi Gunadi Sadikin mengharapkan tema tersebut menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum. Lebih khusus lagi para penggiat sektor kesehatan harus terus bangkit dari kondisi pandemi COVID-19, agar Indonesia Bangkit dan Indonesia tumbuh.

“Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal dari pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh,” harap Menteri Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari dalam laporannya menyampaikan bahwa momentum Peringatan HKN ke-57 adalah semangat untuk terus sehat dan memperjuangkan ketahanan kesehatan.

“Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 sebagai momentum penyatuan tekad, semangat untuk terus sehat untuk terus memperjuangkan ketahanan kesehatan,” ucap Prima.

Disebutkan dr. Prima, beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-57 juga digelar. Selain Apel Besar Hari Kesehatan Nasional ke-57 yang dilaksanakan Jum’at (12/11) yang terintegrasi dengan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dan Pelayanan Pemeriksaan Screening Penyakit Tidak Menular atau penyakit Degeneratif.

Kemudian pemberian penghargaan kepada unsur aparatur pemerintah, unsur pemberi layanan kesehatan dan komponen masyarakat yang telah berdedikasi tinggi dalam penanggulangan pandemic Covid-19. Juga kegiatan pengembangan kapasitas dengan agenda penyelenggaraan Midwife Update yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia pada 5-7 November 2021, Seminar diabetes mellitus up date pada masyarakat awam diselenggarakan pada 22 Nopember 2021, Lomba Kelurahan siaga Covid-19 dilaksanakan 27 September s.d 7 Oktober 2021, Lomba Film Kesehatan dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 dilaksanakan pada 23 September 2021.

“Juga pelayanan Percepatan Vaksinasi dengan berbagai inovasi yang salah satu inovasinya adalah pelayanan vaksinasi 24 jam, Persiapan Launching Open Defecation Free (ODF) pada 16 November 2021, dan eliminasi frambusia tahun 2021 serta agenda bakti sosial lainnya adalah pelayanan keluarga berencana dan IVA Gratis untuk masyarakat Kota Tegal pada tanggal 16-24 November 2021 bertempat di Gedung IBI,” pungkas Prima.(*)

Berita Lainnya

Begini Cara Kelurahan Pekauman Guna Meningkatkan Keamanan
Berita 02 Feb, 2018

Begini Cara Kelurahan Pekauman Guna Meningkatkan Keamanan

TEGAL - Guna mencegah tindak kriminalitas di wilayah Kelurahan Pekauman Kecamatan Tegal Barat. Pihak Kelurahan akan melakukan kerjasama dengan semua…

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I  T.A. 2017
Berita 05 Apr, 2017

Pemerintah Kota Tegal Membuka TMMD Sengkuyung Tahap I T.A. 2017

TEGAL – Upacara Pembukaaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Dan TMMD Sengkuyung Tahap I Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017…

Monitoring Wilayah Tegal Barat, Walkot Tinjau Pasar Muaraanyar, Kolam Retensi dan Rusun Tegalsari
Berita 12 Jun, 2020

Monitoring Wilayah Tegal Barat, Walkot Tinjau Pasar Muaraanyar, Kolam Retensi dan Rusun Tegalsari

Jum’at pagi (12/6) Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono beserta ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, Sekda Kota Tegal Johardi dan…

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.
Berita 01 Feb, 2017

Lima Kali Dapat Penghargaan WTN, Kota Tegal Siap Raih WTN Kencana.

Jakarta – Prestasi demi prestasi diraih Pemerintah Kota Tegal di Era Kepemimpinan sekarang, diawal tahun 2017 sudah bertambah satu lagi,…

Atasi Limpasan Air, Talut Segera Di Bangun.
Berita 15 Feb, 2019

Atasi Limpasan Air, Talut Segera Di Bangun.

Tegal-Monitoring Wajah Kota dengan bersepeda kembali dilakukan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd dan rombongan yang terdiri dari…

Antisipasi Covid 19, Walikota Larang Orang Tua Ajak Anak-anak Liburan
Berita 17 Mar, 2020

Antisipasi Covid 19, Walikota Larang Orang Tua Ajak Anak-anak Liburan

TEGAL-Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono melarang orang tua ajak anak-anak liburan. Upaya tersebut diambil walikota untuk mencegah penyebaran wabah Covid…

Most from this category