Ada Anugrah Mr. Besar Martokoesoemo Award dan Launcing Buku dalam Kinarya Perpusda 2021

Tegal – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Tegal menggelar Anugerah ‘’Mr. Besar Martokoesoemo Award’’ dan Launching dan Bedah Buku Terbitan Perpusda Kota Tegal tahun 2021. Acara tersebut berlangsung di Halaman Gedung Perpusda Jalan K.H. Ahmad Dahlan 12 Kota Tegal, Rabu (10/11).

Anugerah ‘’Mr. Besar Martokoesoemo Award’’ merupakan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dinilai telah berjasa dalam pembangunan literasi di Kota Tegal, pemustaka tergiat.

Peraih anugerah Mr. Besar Martokoesoemo Award tahun ini adalah dr. Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon selaku Bunda Baca Kota Tegal, Haryo Guritno sebagai perintis Perpustakaan Umum Daerah Kota Tegal, S.N Ratmana dan Piek Ardijanto Soeprijadi selaku sastrawan angkatan 1966, Bontot Sukandar dari pekerja sastra, Naeni Herawati selaku pengelola perpustakaan kelurahan Kejambon, Nadiyatul Qomariyah tokoh perpustakaan sekolah yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Sekolah SD Ihsaniyah Kota Tegal, Sismiyati tokoh perpustakaan sekolah yang juga sebagai Kepala Sekolah SMP N 1 Kota Tegal, Sri Indarwati tokoh perpustakaan sekolah sekaligus sebagai Kepala Sekolah SMK N 3 Kota Tegal dan Tedi Kartino tokoh dongeng dan Ketua Kampung Dongeng Jawa Tengah.

Sedangkan penghargaan pemustaka tergiat 2021 diberikan kepada Rahil Kayyisah Asma warga Jalan Teratai, Roidin Mahabu, SKM warga Dampyak, Nailal Husna warga Slerok, Daniroh warga Debong Tengah, Luqman Khosyi Fadlurrahman warga Panggung, Fitri Nurindahsari warga Kramat Mejasem, Budi Widjajasakti warga Mejasem Barat, Andito W. A. Prabowo warga Margadana, Wafi Ahdil Hafiz warga Mangkukusuman, Wiwit Cahyani jalan Durian Tegal.

Johardi sekaku Sekretaris Daerah Kota Tegal dalam sambutannya mengapresiasi giat tersebut, sekaligus menyatakan dukungan kepada Perpustakaan Umum Daerah Kota Tegal Mr. Besar Martokoesoemo. Dikatakannya, pembangunan di Kota Tegal tidak bisa lepas dari budaya, karena pembangunan juga melihat berbagai karakter warga di Kota Tegal, memenuhi hak-haknya.

“Inilah dinamika kehidupan, terkadang butuh perubahan, jadi mari kita gali terus potensi-potensi yang ada di Kota Tegal, hak-haknya harus terpenuhi dan tidak terkurangi suatu apapun. Tentu kalau kita akumulasi potensi-potensi warga Kota Tegal, menjadi kekuatan Kota Tegal,” ujar Johardi.

Melalui “Kinarya Perpusda 2021″ juga menghadirkan tokoh sastrawaan besar yakni Eko Tunas dalam bedah buku mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Perpusda Kota Tegal yang mampu mengumpulkan karya cerpen remaja Kota Tegal dan dibukukan serta diterbitkan.

‘’Setiap orang bisa menulis. Makanya, menulislah dan menulislah, pengalaman dan pengalaman. Tulislah, maka kehidupan anda akan abadi,” ujar Eko.

Herviyanto dalam kesempatannya menyampaikan fenomena kegiatan literasi dan budaya di Kota Tegal, serta perkembangan Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo, termasuk diantaranya inovasi-inovasi seperti Mr. Besar Corner yang dapat digunakan untuk menjadi mengekspos potensi-potensi Kota Tegal.

“Saya ingin, perpustakaan atau gerai buku harus hadir di semua ruang publik. Jadi bukan lagi gemar membaca, namun produksi. Harus hadir penulis-penulis baru yang masih origin. Saya ingin Perpusda menjadi sentra peradaban Kota Tegal, ” harapnya.

Berita Lainnya

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon
Berita 12 Oct, 2018

Kang Nur Monitoring Pembangunan di Kelurahan Tunon

Tegal – Monitoring Wajah Kota dengan bersepeda kembali dilakukan oleh Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd bersama jajaran Forkopimda,…

Hujan Ringan Akan Guyur Kota Tegal Dua Hari Kedepan
Berita 28 Sep, 2017

Hujan Ringan Akan Guyur Kota Tegal Dua Hari Kedepan

TEGAL- Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Tegal memprediksi cuaca di wilayah Kota Tegal selama dua hari kedepan akan diguyur…

Dukung Pengembangan BREGASMALANG, Kota Tegal Mendapat 8 Kegiatan P 1.
Berita 03 Oct, 2019

Dukung Pengembangan BREGASMALANG, Kota Tegal Mendapat 8 Kegiatan P 1.

Semarang - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M hadiri Dialog Perpres Rencana Induk Percepatan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah,…

Masyarakat Perlu Pengetahuan Tentang Penggunaan Obat
Berita 17 Dec, 2017

Masyarakat Perlu Pengetahuan Tentang Penggunaan Obat

Selama ini masyarakat kurang memahami bagaimana penggunaan obat secara benar, serta pemahaman tentang obat yang dikonsumsi, salah satu tugas apoteker…

DKP Himbau Hewan Yang Dijual Miliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan
Berita 07 Aug, 2017

DKP Himbau Hewan Yang Dijual Miliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan

TEGAL- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tegal menghimbau kepada para peternak dan penjual hewan kurban agar kambing atau sapi…

Dinporapar Tegal Adakan Lomba Senam Gemu Famire
Berita 07 Apr, 2017

Dinporapar Tegal Adakan Lomba Senam Gemu Famire

TEGAL – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tegal ke 437 tahun dan memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar…

Most from this category