Pendataan Keluarga 2021, Masyarakat Diminta Berikan Data Valid

TEGAL – Pendataan Keluarga Tahun 2021 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia telah dimulai sejak Senin (01/04/2021).

Termasuk Pendataan Keluarga di Kota Tegal yang dilaksanakan sejak Senin (01/04/2021) hingga Senin (31/05/2021) mendatang.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat diminta untuk memberikan data yang valid dan sebenar-benarnya dalam menjawab pertanyaan Kader Pendata, agar menghasilkan data yang akurat dan valid.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal Muhammad Afin, saat mendampingi Pendataan Keluarga Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, Selasa (06/04/2021) di Pringgitan Rumah Dinas Wali Kota Tegal.

“Berikanlah jawaban yang sebenar-benarnya agar Pendataan Keluarga tahun 2021 menghasilkan data yang akurat dan valid, Karena data yang valid akan menjadi dasar perencanaan Pemerintah Kota Tegal dalam kegiatan BANGGA KENCANA (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana), sehingga kegiatan-kegiatan tersebut akan tepat pada sasaran. Apalagi pendataan Keluarga tahun 2021 juga akan mendata keberadaan keluarga yang memiliki Balita Stunting,” ujar Afin.

Untuk pendataan di Kota Tegal, DPPKBP2PA menerjunkan koordinator Kader Pendata sejumlah 402 personil yang terdiri dari Kecamatan Tegal Timur sebanyak 119 personil, Kecamatan Tegal Barat 100 personil, Kecamatan Tegal Selatan 98 personil dan Kecamatan Margadana 85 personil. Sedangkan untuk pelaksanaannya, masing-masing RT di Kota Tegal akan dilakukan oleh 1 personil kader pendata, dengan total jumlah kader 1100 personil.

Terkait dengan pelaksanaan pendataan di tengah pandemi, Afin menyampaikan bahwa masyarakat diharapkan bisa menerima kunjungan para kader pendata, karena selain dibekali dengan kartu identitas petugas juga dibekali perlengkapan protokol kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Data terakhir pada Selasa (6/4), berdasarkan Jurnal Pendataan Keluarga 2021 dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kota Tegal tercatat sudah sudah mendata 1.455 Kepala Keluarga yang sudah masuk ke server Pusat atau 1,93 persen dari target 75.212 KK.

Afin menyebutkan bahwa sasaran pendataan keluarga adalah seluruh keluarga yang ada di setiap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang memuat tiga aspek data antara lain Data Kependudukan, Data Kepesertaan KB, Data Pembangunan Keluarga dan Data Stunting.

Ia berpesan agar masyarakat menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, dan Kartu KB apabila menjadi akseptor KB.(*)

Berita Lainnya

Dinkes Dorong Klinik Kesehatan Untuk Akreditasi
Berita 05 Mar, 2019

Dinkes Dorong Klinik Kesehatan Untuk Akreditasi

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal mendorong semua klinik kesehatan untuk akreditasi. Sebab, akreditasi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi…

UPS Lepas 47 Calon Wisudawan Pasca Sarjana Tahun Akademik 2018/2019
Berita 05 Sep, 2019

UPS Lepas 47 Calon Wisudawan Pasca Sarjana Tahun Akademik 2018/2019

Tegal- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melepas sebanyak 47 Calon Wisudawan Pascasarjana Tahun Akademik 2018/2019. Kamis (5/9) di Pendopo Ki Gede…

97 ATM di Eks Karesidenan Pekalongan Offline Karena Gangguan Satelit Telkom
Berita 30 Aug, 2017

97 ATM di Eks Karesidenan Pekalongan Offline Karena Gangguan Satelit Telkom

TEGAL- Akibat gangguan satelit telkom, 97 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari tiga Bank yakni Bank Centra Asia (BCA), Bank…

Mahasiswa Teknik Informatika Raih Juara 1 di Event Soedirman Technoporia 2018
Berita 13 Nov, 2018

Mahasiswa Teknik Informatika Raih Juara 1 di Event Soedirman Technoporia 2018

Mahasiswa D IV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) mengikuti Grand Final Soedirman Technoporia 2018 di Fakultas Teknik…

Jumadi Berharap Muncul Dai Muda Kuasai Teknologi
Berita 14 Jan, 2020

Jumadi Berharap Muncul Dai Muda Kuasai Teknologi

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM bersama Staff Khusus Presiden RI Aminuddin Ma'ruf menjadi narasumber Seminar dan Silaturahmi Alumni…

Jumadi Usulkan Kota Tegal Ikut Pilot Project Flexi-Work
Nasional 06 Jan, 2020

Jumadi Usulkan Kota Tegal Ikut Pilot Project Flexi-Work

TEGAL - Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., mengusulkan agar Kota Tegal diikutkan menjadi pilot project penerapan flexi-work atau bekerja dengan…

Most from this category