Jelang Ramadhan, Tiga Pilar Canangkan Mal Siaga Candi

TEGAL – Menjelang Bulan Ramadhan, Polres Tegal Kota, Pemerintah Kota Tegal dan Kodim 0712/Tegal menyiapkan potensi pusat-pusat keramaian di mal menjadi posko Mal Siaga Candi. Tujuannya sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 sekaligus mendukung program Pemerintah. Yakni agar Polri melakukan pengawalan pemulihan ekonomi nasional.

Pencanangan Mal Siaga Candi di Kota Tegal yang pertama dicanangkan di Rita Supermal Kota Tegal, Sabtu (27/3).

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo saat bersama Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dan Komandan Kodim 0712, Letkol. Inf. Sutan Pandapotan Siregar saat pencanangan Mal Siaga Candi, di Rita Supermal Kota Tegal.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menggarisbawahi bahwa pemulihan perekonomian, salah satunya di mal-mal harus tetap tumbuh. Dedy Yon berharap bahwa tiga Pilar, yakni Polres Tegal Kota, Pemkot Tegal dan Kodim 0712 turut mendorong meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki ekonomi dengan langkah kegiatan ekonomi harus tetap berjalan akan tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Ini diharapkan bahwa kami tiga pilar, Polres, Pemkot dan Kodim 0712 turut mendorong meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki ekonomi dengan langkah kegiatan ekonomi harus tetap berjalan akan tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Dedy Yon.

Menurut Dedy Yon, Mal Siaga Candi ini merupakan langkah taktis yang harus didukung bersama. Selain pertumbuhan ekonomi, pihaknya juga tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan yang diterapkan di mal-mal.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap Pemerintah, TNI dan Polri, mendukung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perbaikan ekonomi yang di waktu kemarin menurun drastis akibat pandemic Covid-19, dan kedepan perekonomian masyarakat pelaku usaha akan lebih baik akan tetapi penanganan Covid-19 juga harus lebih baik lagi,” terang Wali Kota Tegal.

Wali Kota menghimbau agar seluruh petugas keamaan di mal benar-benar memperhatikan penerapan protokol kesehatan, termasuk didalamnya memperhatikan kapasitas mal, dan bisa membatasi pengunjung apabila melebihi kapasitas. Selain itu, petugas yang ada juga harus memberikan arahan kepada security agar antrian-antrian di loket, kasir tetap memperhatikan jarak agar tidak berkerumun.

Rita Mal merupakan mal yang pertama diterapkannya Mal Siaga Candi. Direncanakan nantinya akan ada tiga mal lagi yang akan menerapkan Mal Siaga Candi. Seperti yang disampaikan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo, bahwa ini merupakan mal pertama, dari empat mal yang direncanakan akan dijadikan Mal Siaga Candi di Kota Tegal.

“Pada intinya ini semua akan digunakan untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 sekaligus mendukung program pemerintah, agar Polri melakukan pengawalan pemulihan ekonomi nasional,” papar Kapolres Tegal.

Mengenai teknis pelaksanaannya, Rita menjelaskan bahwa Tiga Pilar bersama Satgas Covid-19 Kota Tegal akan terus bersama-sama memberikan rekomendasi diawal dan terus melakukan evaluasi-evaluasi secara berkesinambungan untuk memberikan satu rekomendasi apakah sebuah tempat usaha bisa diberikan rekomendasi untuk tetap beroperasi atau tidak, jika dinilai tidak memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

Rita menjelaskan bahwa pihaknya tidak sekadar memberikan rekomendasi di awal kepada mal-mal dan tidak melakukan pengawasan. Polresta juga akan terus berupaya melakukan pengawasan dan kontrol bersama Satgas Covid-19 Kota Tegal di mal-mal yang menjadi Mal Siaga Candi.

“Transaksi kegiatan ekonomi silahkan berjalan, tetapi tetap protokol kesehatan harus tetap di laksanakan dengan baik,” pungkas Kapolres Tegal Kota.(*)

Berita Lainnya

HUT RI Ke-74, Sebanyak 170 Warga Binaan Terima Remisi
Berita 17 Aug, 2019

HUT RI Ke-74, Sebanyak 170 Warga Binaan Terima Remisi

Sebanyak 170 Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Kota Tegal mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman, Sabtu (17/8).…

Plt. Walikota Tegal Ingin Rumah Kreatif BUMN (RKB) Mampu Dorong Digitalisasi UMKM dI Kota Tegal
Berita 12 Sep, 2017

Plt. Walikota Tegal Ingin Rumah Kreatif BUMN (RKB) Mampu Dorong Digitalisasi UMKM dI Kota Tegal

TEGAL- Pada era yang serba digital ini, persaingan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semakin kompetitif. Para pelaku…

Bulan Ramadhan, Harga Kepokmas Kota Tegal, Relatif Stabil
Berita 28 May, 2018

Bulan Ramadhan, Harga Kepokmas Kota Tegal, Relatif Stabil

Dari hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah terkait harga dan ketersediaam komoditas Kebutuhan Pokok Masyarakat (kepokmas),…

Antisipasi Meroketnya Harga Beras, Sekda Provinsi Sidak Pasar Pagi
Berita 23 Jan, 2018

Antisipasi Meroketnya Harga Beras, Sekda Provinsi Sidak Pasar Pagi

Menyikapi meroketnya harga beras di beberapa daerah di Jawa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan Sekeretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah…

BI Tegal Tabur Bunga Di TMP Pura Kusuma Negara
Berita 15 Aug, 2017

BI Tegal Tabur Bunga Di TMP Pura Kusuma Negara

TEGAL-Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tegal melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara, Selasa (15/8/17). Tabur bunga tersebut…

108 Penjaga Makam Terima Insentif
Berita 19 Dec, 2017

108 Penjaga Makam Terima Insentif

Sebanyak 108 penjaga makam Se-Kota Tegal menerima insentif dari Pemerintah Kota Tegal. Pemberian innsentif ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis…

Most from this category