Kain Goyor dan Batik Tegal Curi Perhatian di Indonesia Hijab Walk 2021

BANDUNG – Batik Tegal dan Kain Goyor hasil karya perajin Kota Tegal berhasil mencuri perhatian pengunjung Indonesia Hijab Walk (IHW) 2021 yang diselenggarakan di Convention Centre The Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto No. 289 Kota Bandung, Sabtu (13/3).

Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Tegal, Kain Goyor yang biasanya hanya di pakai untuk pembuatan sarung, di tangan designer Bellahasura disulap menjadi busana yang bagus diperagakan model di atas catwalk dan dipadu dengan Kain Batik Tegal klasik.

Di ajang IHW 2021, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tegal menggandeng designer Bellahasura memadukan kain goyor dan batik Tegal menjadi adibusana dan tampil dalam dalam peragaan busana IHW 2021 bersama beberapa designer lainnya.

Hasil perpaduan Batik Tegal dan Kain Goyor oleh Designer Bellahasura terlihat dalam “Gotik Emotion” (Goyor dan Batik Etnik Muslim Fashion). Dekranas dan Designer Bellahasura menampilkan 15 gaun yang di peragakan oleh model.

Ditemui usai peragaan busana tersebut, designer Bella menyampaikan bahwa perpaduan antara Kain Goyor dan Batik Tegal ini sebetulnya jika tangani dengan baik mempunyai keunggulan karena keklasikan dan coraknya. Bella ingin lebih mengenalkan lagi Batik Tegal dan Kain Goyor ke khalayak luas agar orang akan senang dan bangga memakai Batik Tegal dan Kain Goyor.

Bela berpesan kepada perajin IKM
Kota Tegal agar tetap semangat, lebih berkreasi dan lebih kreatif dalam memproduksi karya-karyanya. Walaupun di tengah Pandemi Covid-19 namun para IKM harus tetap berkarya.

“Saya ingin lebih mengenalkan batik Tegal dan Goyor dan kepada perajin IKM Kota Tegal agar tetap semangat, lebih berkreasi dan lebih kreatif dalam memproduksi karya-karya, walaupun di tengah pandemi Covid-19 namun kita harus tetap berkarya,” tutur Bella.

Ia berharap kedepan akan dapat terus berkolaborasi, dengan Dekranas dan IKM Kota Tegal agar lebih maju lagi.

Ketua Dekranas Kota tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon yang turut hadir dalam peragaan busana tersebut menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengikuti pagelaran IHW 2021 dengan menggandeng designer untuk lebih mengenalkan lagi produk-produk perajin Kota Tegal di skala nasional, bukan hanya di skala lokal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal itu juga menyampaikan bahwa di tengah kelesuan IKM Kota Tegal akibat Pandemi Covid-19, Dekranas Kota Tegal terus mendorong agar IKM Kota Tegal kembali menggeliat. Salah satunya dengan menggandeng designer dan bisa tampil di event nasional seperti IHW 2021 yang baru saja diikuti. “Tujuannya agar Batik Tegal dan Kain Goyor lebih dikenal lagi,” ungkap Roro.

Secara spesifik Ketua Dekranas Kota Tegal berpesan kepada para pengrajin, agar berkreasi dan selalu berinovasi dalam membuat batik, baik batik-batik motif klasik maupun batik-batik dengan motif modern. Sedangkan untuk sarung goyor, variasi-variasi warna yang digunakan agar lebih cerah lagi dan motif lebih bervariasi.

“Kedepan saya ingin perajin batik Tegal dan kain goyor agar selalu berkreasi dan selalu berinovasi dalam membuat batik, baik batik-batik motif klasik dan batik-batik dengan motif modern. Dan untuk sarung goyor, variasi-variasi warna yang lebih cerah lagi dan motif lebih bervariasi,” ujar Ketua Dekranas Kota Tegal.

Roro berencana, jika pandemi ini sudah berakhir, Ia ingin mengadakan fashion show produk-produk IKM di Kota Tegal. Namun untuk saat-saat ini pihaknya mengaku nanti akan berupaya mengikutkan Batik Tegal dan Kain Goyor bekerja sama dengan designer di acara-acara fashion show yang berskala besar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan yang hadir mendampingi Dekranas Kota Tegal, menyampaikan bahwa ajang ini merupakan kesempatan yang bagus dan pertama Batik Tegal dan Kain Goyor mengikuti pameran sekaligus peragaan busana. Dikatakan Heru, tidak seperti sebelum-sebelumnya, Batik Tegal dan Kain Goyor hanya dipajang di etalase pameran.

“Sesuai dengan tema acaranya “Indonesia Hijab Walk 2021” jadi ini menjadi awal, kedepan kita berharap bahwa produk Kain Goyor dan Batik Tegal ini akan semakin dikenal setidainya di level nasional, sehingga menjadi daya tarik, jika orang berbicara batik dan kain goyor maka Kota Tegal akan menjadi salah satu opsi, karena produk-produk batik dan kain goyornya memang berkualitas,” pungkas Heru. (*)

Berita Lainnya

Ingat Ponggol Setan Maka Ingat Kota Tegal
Berita 12 Apr, 2017

Ingat Ponggol Setan Maka Ingat Kota Tegal

TEGAL – Terlihat di Alun-alun Kota Tegal tepatnya di depan Masjid Agung Kota Tegal pada Rabu (12/4) pagi, masyarakat Kota…

Komandan Lanal Tegal Tebar Bibit Lele
Berita 27 Feb, 2019

Komandan Lanal Tegal Tebar Bibit Lele

TEGAL-Sebanyak 12.000 bibit lele di tebar di tiga kolam buatan yang berlokasi di halaman belakang gedung SATKAMLA (Satuan Keamanan Laut)…

Dandim 0712/Tegal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit
Berita 02 Oct, 2017

Dandim 0712/Tegal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit

TEGAL-Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos, memimpin upacara kenaikan pangkat para Bintara, Tamtama dan ASN di jajaran Kodim 0712/Tegal,…

Kembangkan Batik Tulis Kolaborasi
Berita 29 May, 2017

Kembangkan Batik Tulis Kolaborasi

TEGAL-Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Canting Mas sedang mengembangkan batik kolaborasi antara batik tulis khas Tegalan dengan batik Pekalongan. Tentu tidak…

PLN Area Tegal Salurkan Bantuan Material Perlengkapan Jaringan Listrik di Palu Sigi dan Donggala.
Berita 09 Oct, 2018

PLN Area Tegal Salurkan Bantuan Material Perlengkapan Jaringan Listrik di Palu Sigi dan Donggala.

Tegal - Sebanyak 14,956 ton bantuan material perlengkapan jaringan listrik untuk normalisasi listrik di Palu Sigi dan Donggala yang tertimpa…

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng
Berita 21 Mar, 2018

Pjs. Walikota Tegal Optimis Peskid Juarai Lomba Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Tk. Jateng

TEGAL- Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tegal optimis Kelurahan Pesurungan Kidul mampu menjuarai Lomba Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat…

Most from this category