TMMD Tahap I TA 2021, Targetkan Saluran Air di Kelurahan Mangkukusuman

TEGAL – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Tahun Anggaran 2021 Kota Tegal, menargetkan sasaran fisik berupa saluran air di Jl. Merah Putih, RT 01 dan RT 02 RW I, Kelurahan Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.
Hal tersebut disampaikan Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021, di wilayah Kodim 0712/Tegal, Kapten Inf. Shokib Setyadi, dalam laporannya saat Pembukaan dan Penyerahan Program TMMD di Pringgitan, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (2/3).
Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dalam kesempatan itu menyerahkan dokumen Program TMMD Tahap I Tahun Anggaran 2021 kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap I Tahun Anggaran 2021, Komandan Kodim 0712, yang diwakili Kepala Staf Kodim Mayor. CBA. Eko Budi Sarjono.
Dijelaskan Shokib, sasaran fisik pada giat TMMD di Kelurahan Mangkukusuman berupa pemasangan saluran U-Ditch dengan panjangan 1,20 meter, lebar 0,40 meter, tinggi 0,50 meter, sepanjang 186,5 meter dan pemasangan cover U-Ditch 40 x 60 sepanjangan 186,5 meter.
Sementara itu, untuk pelaksanaan Pra TMMD, Shokib melaporkan sudah dilaksanakan mulai Selasa- Kamis (16-25/2) lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan mulai Selasa-Rabu (2-31/3).
Dalam Program TMMD Tahap I ini, selain sasaran fisik juga dilaksanakan kegiatan untuk sasaran non fisik, yang meliputi penyuluhan TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan pencegahan bahaya stunting pada anak, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba, penyuluhan Keluarga Berencana, kesehatan dan posyandu.
Total anggaran untuk giat TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 ini sejumlah, Rp. 502.000.000,- yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp. 251.000.000,- dan APBD Kota Tegal Rp. 251.000.000,-.
Camat Tegal Timur, Dorres Indrian Nugroho menyampaikan dengan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangkukusuman, sangat membantu pihaknya. Sebab Kelurahan Mangkukusuman, menurut Dorres, merupakan etalasenya Kota Tegal. Disebutkan, sebagian besar tempat fasilitas publik di Kota Tegal ada di Kelurahan Mangkukusuman.
“Giat ini implikasinya sangat positif untuk Kelurahan Mangkukusuman khususnya untuk revitalisasi saluran. Saya berharap dari kegiatan TMMD ini akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat,” harap Dorres.
Dalam kesempatan tersebut, Dorres menghimbau kepada masyarakat di sekitar Kelurahan Mangkukusuman, khususnya di sekitar lokasi giat agar bisa guyub rukun turut bergotong royong untuk bisa membantu TNI dalam melaksanakan revitaslisasi saluran.
“Masyarakat juga diharapkan nantinya bisa membantu menjaga dan merawat yang sudah dikerjakan, kemudian bisa menjaga lingkungan agar selalu bersih,” pungkas Camat Tegal Timur.(*)

Berita Lainnya

243 Kader Siaga Trantib Dikukuhkan
Berita 21 Nov, 2017

243 Kader Siaga Trantib Dikukuhkan

Sebanyak 243 Kader Siaga Trantib (KST) Se-kota Tegal dikukuhkan oleh Plt. Wali Kota Tegal, M Nursholeh, Selasa (21/11) di ruang…

Tidak Disangka, Guru TK Ini Boyong Expander Dari Bank Jateng
Berita 28 Feb, 2019

Tidak Disangka, Guru TK Ini Boyong Expander Dari Bank Jateng

TEGAL- Rochani (60) warga Kelurahan Mintaragen Kota Tegal menjadi salah satu orang beruntung yang berhasil mendapatkan hadiah utama berupa satu…

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal
Berita 28 Apr, 2018

Puisi Tegalan Dilombakan dalam Pekan Seni Tingkat Kota Tegal

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan lomba baca puisi Tegalan SMP dalam rangka…

PPP Tegalsari : Perpanjangan Dokumen Kapal Segera Diurus
Berita 22 Jul, 2017

PPP Tegalsari : Perpanjangan Dokumen Kapal Segera Diurus

TEGAL- Setelah adanya kebijakan dari pemerintah bahwa nelayan kapal cantrang diperbolehkan untuk melaut sampai dengan Desember 2017, Pelabuhan Perikanan Pantai…

Polisi Ungkap Kasus Penembakan di Parkiran Hotel Karlita
Berita 28 Sep, 2017

Polisi Ungkap Kasus Penembakan di Parkiran Hotel Karlita

TEGAL- Terjadinya insiden penembakan yang terjadi di halaman Hotel Karlita Kamis (28/9) pukul 03.00 yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia…

Forum Anak Berharap Ada  Zona Sekolah
Berita 17 Mar, 2017

Forum Anak Berharap Ada Zona Sekolah

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal menggelar Musrenbangkot, Kamis 17 Maret 2017 di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali…

Most from this category