Pasangan Menikah Maupun Cerai, Langsung Peroleh KTP dan KK Baru

TEGAL – Setelah sebelumnya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal meluncurkan program KTP Layanan Nikah Langsung Kelar, dimana setiap pasangan yang baru menikah langsung memperoleh KTP dan Kart Keluarga (KK) dengan status baru, saat ini atas kerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Tegal, Kemenag Kota Tegal dan Disdukcapil kota Tegal kembali meluncurkan program Sistem Informasi Layanan Perceraian-Pernikahan dengan Cepat, terintegrasi dan Tanggap (Si Cerpen Cinta), Selasa (16/2), di Kantor Pengadilan Agama Kota Tegal.
Acara peluncuran Si Cerpen Cinta, dihadiri langsung Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, bersama Sekda Kota Tegal Johardi, Kepala Kantor Kementerian Agama Akhmad Farkhan, Kepala Pengadilam Agama Kota Tegal, Udin Najmudin, Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki.
Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan dengan Program Si Cerpen Cinta, kerjasama Tiga Pilar, Disdukcapil, Pengadilan Agama Kota Tegal dan Kantor Kemeterian Gama Kota Tegal, mampu menyamakan data status warga, antara status di Kemenag, Pengadilan Agama dan Disdukcapil, baik status menikah maupun cerai.
Dedy Yon berharap, dengan program ini, data kependudukan akan lebih tertib lagi dan khususnya data terkait status warga akan sama, baik yang dimiliki Disdukcapil, Kemenag dan Pengadilan Agama Kota Tegal.
Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki menyampaikan bahwa sistem ini dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukan usai bercerai karena langsung terintegrasi dengan data lainnya.
Dengan Program ini dokumen kependudukan bisa langsung didapat, baik akta cerai maupun isbat nikah. kemudian, jika perkara sudah berkekuatan hukum tetap, maka yang bersangkutan akan langsung memperoleh KTP Elektronik dan KK baru, begitu juga dengan Kemenag, ketika isbat nikah akan memperoleh KTP Elektronik dan KK baru.
Secara urutan basuki menjelaskan bahwa, petugas KUA akan menghimpun, data ke sistem yang sudah dibangun bersama, semua dokumen bisa terlayani, baik akta nikah, buku nikah, KTP Elektronik, dan KK. Bagi warga yang akan melakukan perceraian tinggal mendaftarakan diri ke Pengadilan Agama, kemudian petugas akan menverifikasi data, ke sistem yang sudah ada.
melalui sistem ini hak untuk anak terjamin dan ketika hak asuh anak dapat langsung dimasukan ke dalam KK. Domisili suami dan istri akan jelas usai bercerai, sehingga tidak ada kesulitan jika yang bersangkutan akan menikah lagi.
Sementara, kepala Kantor Kemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan, menyampaikan bahwa inovasi ini merupakan program yang sangat dibutuhkan oleh Kemenag Kota Tegal, karena sekian tahun permasalahan yang selalu muncul terkait data kependudukan dan pernikahan.
Saat KUA hendak menikahkan calon pengantin yang berstatus sudah cerai, tetapi begitu di cek KTP -nya masih berstatus kawin, ini berarti ada kontradiksi data, dan saat ini dengan Program Si Cerpen Cantik ia berharap persoalan ini bisa segera teratasi.(*)

Berita Lainnya

Lautan manusia penuhi Alun Alun Kota Tegal peringati Maulid Nabi Muhammad SAW
Berita 27 Dec, 2016

Lautan manusia penuhi Alun Alun Kota Tegal peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Tabligh Akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tegal – Lautan manusia kembali memenuhi Alun alun Kota Tegal, tidak kurang ribuan…

Wali Kota Ikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi secara Virtual
Berita 17 Aug, 2020

Wali Kota Ikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi secara Virtual

TEGAL – Sesuai tata upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Senin (17/08/2020), Pemerintah Daerah…

Disdukpencapil Kota Tegal Pecahkan Rekor Muri
Berita 21 Oct, 2019

Disdukpencapil Kota Tegal Pecahkan Rekor Muri

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kota Tegal pecahkan rekor muri dengan kategori pengiriman dokumen kependudukan terbanyak dalam sehari. Disdukpencapil…

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban
Berita 30 Jun, 2017

Libur Lebaran menjadi Berkah Bagi Penyedia Jasa Sewa Ban

TEGAL – Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H menjadi berkah bagi penyedia jasa sewa ban di lokasi Obyek Wisata…

Pemerintah Kota Tegal Dorong Pengembangan IKM
Berita 14 Dec, 2018

Pemerintah Kota Tegal Dorong Pengembangan IKM

Belgia - Memenuhi undangan dari AWEX Wallonia Region, Belgia, Walikota Tegal memimpin delegasi untuk acara penandatanganan MoU antara AWEX dengan…

Walikota Tegal Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2571
Berita 06 Feb, 2020

Walikota Tegal Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2571

Tegal - Perayaan Tahun Baru Imlek Makin Tegal 2571 Kongzili Tahun 2020 berlangsung di Sangrila Convention Hall Tegal, Rabu (5/2)…

Most from this category