Jumadi Ikut Menyaksikan Penandatanganan Kerjasama Kemitraan PMA dan PMDN Dengan UMKM

TEGAL – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi menyaksikan Penandatanganan Kerja Sama dalam rangka Kemitraan PMA dan PMDN dengan UMKM, Senin (18/01/2021), dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat secara virtual di Command Room Diskominfo Kota Tegal.

Dalam arahannya, Presiden RI Joko Widodo menekankan bahwa kemitraan perusahaan besar baik Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Kemitraan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kelas UMKM di Indonesia.

“Usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaannya sendiri, dirinya sendiri, tolong dilihat lingkungannya, ada usaha menengah, ada usaha kecil, ada usaha mikro, libatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik levelnya,” tegas Jokowi.

Kemitraan usaha besar dengan UMKM ini juga selaras dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja. “Kemitraan strategis antara perusahaan besar dan UMKM akan terus kita kembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing dengan pasar global,” ujar Jokowi.

Presiden menegaskan, bisnis model kemitraan ini harus dilembagakan dengan pola relasi yang saling menguntungkan.

Pemerintah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif agar tercipta kolaborasi antara UMKM dan pelaku usaha besar yang saling menguntungkan tersebut.

“Kita harapkan terus berkembang. Kalau tadi yang terlibat 196 UMKM dan 56 usaha besar saya minta ini bisa diperluas, karena ini saya tahu ini baru tahap awal, bisa diperluas, bisa diperbanyak di masa-masa yang akan datang,” imbuh Jokowi.

Pada kesempatan itu Kepala Negara juga menyampaikan apresiasi kepada BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) yang telah bekerja keras di tengah pandemi untuk meningkatkan investasi yang juga berkontribusi pada pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Kerja sama kemitraan UMKM dan usaha besar kali ini melibatkan 56 perusahaan besar yang terdiri dari 29 PMA dan 27 PMDN yang akan bermitra dengan 196 UMKM dengan potensi nilai kontrak mencapai Rp1,5 triliun.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi hadir didampingi Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal Joko Syukur Badarudin dan Kepala DPMPTSP Kota Tegal Dyah Kemala Shinta.(*)

Berita Lainnya

Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Gerakan Makan Ikan, Buah dan Kuliner Khas Kota Tegal
Berita 28 Jan, 2018

Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Gerakan Makan Ikan, Buah dan Kuliner Khas Kota Tegal

TEGAL – Ribuan masyarakat Kota Tegal antusias mengikuti gerakan makan Ikan, Buah dan makanan khas Kota Tegal bersama walikota yang…

Ini Dia Manfaat Telur Bebek
Berita 05 Oct, 2017

Ini Dia Manfaat Telur Bebek

TEGAL – Dinas Kelautan dan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal (DKP3 Kota Tegal) mengelar sosialisai Gerakan Minum Susu dan…

Bhayangkari Cabang Tegal Kota Ajarkan Siswa TK Peduli Sesama
Berita 12 Jan, 2018

Bhayangkari Cabang Tegal Kota Ajarkan Siswa TK Peduli Sesama

TEGAL-Ketua Bhayangkari Cabang Tegal Kota Ny. Retty Jon Wesly mengajarkan kepada siswa dan siswi TK Kemala Bhayangkari untuk saling berbagai…

Dua Kapal Tongkang Berbenturan di Pantai Martoloyo
Berita 16 Jan, 2018

Dua Kapal Tongkang Berbenturan di Pantai Martoloyo

TEGAL - Setelah satu kapal tonggang yang terdampar di Muara Sungai Ketiwon sudah menjauh dari muara sungai Ketiwon, saat ini…

TK Hang Tuah 16 Tegal Deklarasikan Anti Narkoba
Berita 06 Mar, 2018

TK Hang Tuah 16 Tegal Deklarasikan Anti Narkoba

TEGAL - Sebanyak 43 murid TK Hang Tuah 16 Tegal mengikuti deklarasi antinarkoba di Mako Lanal Tegal. Deklarasi ini sebagai wujud…

Indahnya Senja di PAI
Berita 27 May, 2017

Indahnya Senja di PAI

TEGAL – Langit merah dan membias setiap memancarkan cahaya kala senja di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Nampak langit…

Most from this category