Masyarakat Bisa Laporkan Pelanggaran Protkes Bidang Kepariwisataan

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal memberikan ruang bagi masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi pelanggaran pelaksanaan penerapan Protokol Kesehatan (protkes) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Corona Virus Disease 19 (Covid-19) pada Bidang Pariwisata.

Hal tersebut termaktub dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Tegal Nomor 443/001 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Covid-19 pada Bidang Pariwisata, Sabtu (9/1).

Dalam SE yang berlaku mulai Senin (11/1) sampai Senin (25/1), menyebutkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengawasan terkait pelanggaran protkes di Bidang Pariwisata bisa dilakukan melalui gerakan _citizen jurnalism_ melalui kanal media sosial.

Seperti tercantum dalam SE tersebut, “Penerapan gerakan _citizen journalism_ sebagal partisipas| masyarakat dalam Pengawasan terhadap seluruh usaha pariwisata yang melanggar Protokol Kesehatan melalui kanal media sosial”.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, dan Pariwisata, (Dinporapar) Kota Tegal Cucuk Daryanto melalui Kapala Bidang Pariwisata Dinporapar, Maman Suherman mengatakan, masyarakat dalam pengawasan terhadap seluruh usaha pariwisata yang melanggar Protokol Kesehatan dapat mengunggah di kanal media sosial dengan menge-tag media sosial milik Pemkot dan Polresta Tegal. “Pelaporan ke Pemkot tembusan Polres,” jelas Maman.

SE tersebut, ditujukan kepada Pengelola Tempat Wisata, Pengelola Karaoke, Pengelola Spa/Panti Pijat, Pengelola Restoran atau Rumah Makan, Cafe dan Pengelola Hotel.

Mendasari Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0000429 Tanggal 8 Januari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dan Antsipasi Peningkatan Kasus Covid 19 Di Jawa Tengah dan Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 443.5/0000431 Tanggal 8 Januari 2021 perihal Petunjuk Teknis Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Covid 19 Pada Bidang Pariwisata, Pemerintah Kota Tegal melalui SE Wali Kota juga melakukan pembatasan kegiatan dibidang Pariwisata.

SE Wali Kota menginstruksikan penerapan protokol kesehatan lebih ketat kepada seluruh usaha pariwisata. Membatasi jumlah tamu usaha restoran, rumah makan atau cafe maksimal sebanyak 25% dari kapasitas normal dan pembatasan jam operasional usaha restoran, rumah makan atau cafe sampai pukul 19.00 WIB.

Selain itu, SE membatasi jumlah kunjungan wisatawan di daya tarik wisata maksimal 30% dari kapasitas normal dan pembatasan jam operasional daya tarik wisata sempai pukul 17.00 WIB dengan diberikan jeda waktu untuk sterilisasi lokasi menggunakan cairan disinfektan.

Membatasi jumlah tamu dan ketersediaan kapasitas ruangan usaha karaoke dan spa, panti pijat maksimal 50% dari kapasitas normal dan pembatasan jam operasional usaha karaoke dan spa, panti pijat sampai pukul 21 00 WIB.

Usaha Jasa Akomodasi mewajibkan tamu menunjukan surat keterangan negatif hasil Rapid Antigen yang masih berlaku.

Dan bagi seluruh usaha pariwisata yang melanggar, sesuai SE Wali Kota tersebut akan ditindak tegas berupa penutupan sementara selama 3 hari guna evaluasi lebih lanjut.(*)

Berita Lainnya

Kwartir Cabang Kota Tegal Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59
Berita 14 Aug, 2020

Kwartir Cabang Kota Tegal Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59

Tegal - Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 digelar di lapangan upacara SMP 13 Kota Tegal. Jum'at (14/08)…

UPS Tegal Siap Eksis di Kancah Internasional
Berita 21 Jul, 2018

UPS Tegal Siap Eksis di Kancah Internasional

Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang diformat dalam bentuk “roundtable discussion : on strategic partnership” yang diadakan…

Senam Sehat Bersama Pan Gu Shen Gong
Berita 20 Jan, 2017

Senam Sehat Bersama Pan Gu Shen Gong

TEGAL - Berapapun jumlah usia kita, olahraga adalah hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beragam bentuk olahraga saat ini menawarkan…

Peringati HUT Kota Tegal, PMI Laksanakan Bakti Sosial Safari Donor Darah
Berita 18 Apr, 2017

Peringati HUT Kota Tegal, PMI Laksanakan Bakti Sosial Safari Donor Darah

TEGAL- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tegal yang ke-437, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal melaksanakan kegiatan…

Walikota Sampaikan Jawaban atas PU Fraksi DPRD Kota Tegal
Berita 16 Nov, 2019

Walikota Sampaikan Jawaban atas PU Fraksi DPRD Kota Tegal

TEGAL - Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE.MM secara detail menyampaikan program unggulan Pemerintah Kota Tegal di Tahun…

Tak Benar Pengendalian Internal Pemkot Dinilai Amburadul
Berita 06 Jul, 2017

Tak Benar Pengendalian Internal Pemkot Dinilai Amburadul

Pemerintah Kota Tegal melalui Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) membantah pernyataan Anggota Badan Anggaran DPRD, Sisdiono Ahmad sebagaimana dilansir Suara…

Most from this category