Es Sagwan, Resep Turun Temurun yang Gurih dan Manis

TEGAL –Banyak ragam minuman es di Nusantara, bahkan Es lokal asli Indonesia ada yang diadopsi oleh Merk tenama. Ketika kita mendengar Es Dawet maka kita tertuju kepada Kabupaten Banjarnegara. Begitu pula dengan Es Pisang Hijau, maka nampak dibenak kita adalah Makasar. Dengan demikian, kuliner yang berupa makanan atau minuman suatu daerah bisa mebawa dampak positif dalam promosi daerah adal kuliner tersebut. Orang akan mudah mengingat, tatkala di ingatkan dengan sebuah kuliner khas. Banyak daerah – daerah yang namanya terangkat karena kuliner khas daerah tersebut.

Kota Tegal yang dewasa ini akan mencanangkan sebagai Kota Kuliner juga harus memiliki maskot atau kuliner andalan, agar nama Kota Tegal dapat terangkat karena keunikan rasa, jenis kuliner tersebut. Dari jenis makanan dan minuman khas Tegal maka kita tidak dapat luput dari yang namanya Es Sagwan. Es Sagwan adalah es yang masih bertahan pada saat ini, dari tahun – ketahun Es Sagwan tetap utuh dengan rasa khasnya. Oleh karenanya Es Sagwan juga dapat dijadikan andalan masyarakat Tegal di bidang kuliner jenis es. Es yang terdiri dari gula merah atau gula coklat ditambah buliran tepung kanji yang ditambah serutan es menambah kenikmatan kala dinikmati disiang hari.

Konon Es Sagwan yang berasal dari nama seseorang sudah ada sejak tahun 60 an, Es dengan rasa khas gurih dan manis ini sangat memanjakan lidah para pembelinya. Resep Es Sagwan yang turun temurun masih menjaga rasa. Memanjakan setiap pembelinya dengan rasa manis dan gurih. Terbukti bila kita kurang beruntung, mendapati Es Sagwan sudah habis di borong orang. Maklum saja Es Sagwan yang memiliki harga jual perbungkusnya cukup dengan merogoh kocek Rp, 5.000,-.

Nah, tidak kalah lezat dan segar di banding es yang lain. Es Sagwan di Kota Tegal dapat di jumpai di beberapa pangkalan diantaranya Jalan. Cendrawasih, Jalan Srigunting, Jalan KS Tubun, Jalan AR Hakim dan di beberapa daerah lain.

Seperti yang diungkapkan oleh Ning, salah satu penjual Es Sagwan di Jalan AR Hakim, bahwa dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB. (16/3). (S.Mu’min)

 

Berita Lainnya

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah
Berita 30 Oct, 2017

Kang Nur Letakan Batu Pertama Pembangunan M.I. Ihsaniah

Tegal – Usai menjadi ispektur upacara dalam rangka hari lahir M.I. Ihsaniah yang ke 84, Kang Nur panggilan Akrab Plt…

Kapal Tongkang Kandas di Pantai Muarareja Tegal
Berita 24 May, 2018

Kapal Tongkang Kandas di Pantai Muarareja Tegal

BERITA FOTO: Satu unit Tongkang kandas di perairan pantai Muarareja, Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Kandasnya tongkang tersebut akibat air…

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House
Berita 22 Jun, 2018

Lebih Dekat dengan Warga, Ghautsun-Muslih Gelar Open House

TEGAL - Halalbihalal dengan open house dilakukan oleh Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Nomor urut 2 H.…

Walikota : Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Sesuai Target Pembangunan Nasional
Berita 16 Mar, 2017

Walikota : Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Sesuai Target Pembangunan Nasional

TEGAL – Perencanaan pembangunan daerah harus sesuai dengan target pembangunan nasional. Hal diungkapkan walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno…

Masa Depan Generasi Penerus Bangsa Tanggung Jawab Bersama
Berita 26 Jul, 2017

Masa Depan Generasi Penerus Bangsa Tanggung Jawab Bersama

Tegal – Masa depan generasi penerus bangsa khususnya anak anak Kota Tegal jadi perhatian utama Pemerintah Kota Tegal. Melalui Walikota…

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an
Berita 10 Apr, 2018

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tegal, Pemkot Tegal Adakan Khotmil Qur’an

TEGAL - Khotmil Qur'an dalam rangka hari jadi ke 438 Kota Tegal di gelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota…

Most from this category