Bertemu Sineas Kota Tegal, Jumadi Tekankan Tingkatkan Kreativitas

TEGAL – Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mendorong kreativitas anak-anak muda Kota Tegal, khususnya di bidang perfilman.

Ia menyampaikan hal tersebut saat bertemu dengan kru dan pemain film pendek “Nang Rusun Bae” di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Jl. Kartini Kota Tegal, Minggu (29/11).

“Kota Tegal memiliki sutradara yang bagus-bagus, kemarin mas Wisnu Juga film “Turah” itu luar biasa, saya kira mereka harus berbangga, dan mereka harus tetap meningkatkan kreativitasnya,” tutur Jumadi.

Selain kreativitas di kalangan sineas, Jumadi juga menyampaikan agar anak-anak muda yang kreatif di bidang seni tari, seni rupa dan lainnya bisa mengembangkan dan lebih kreatif lagi. Jumadi menyebut untuk membangkitkan kreativitas sebaiknya dimulai dari level bawah yaitu mulai dari anak-anak.

“Dan bukan hanya di bidang film saja, melainkan tari, menggambar, seni rupa, seni musik, dan industry. Kreatif ini harus dikembangkan dan dibangkitkan dari level yang paling bawah, yaitu anak-anak,” kata pria yang akrab disapa MJ itu.

Salah satu sineas Kota Tegal, Wicaksono Wisnu, menyampaikan saat ini, penggiat film di Kota Tegal sudah mulai menjamur. Hal tersebut terbukti dari tahun 2019 kemarin ketika Wisnu membuat Festival Film Tegal, ternyata pesertanya cukup banyak. “Ada 28 film,” tutur Wisnu.

Selain itu, Wisnu juga melihat ketika diadakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan seputar perfilman, pelatihan, pemutaran film, peminatnya juga lumayan. Termasuk terakhir ada Festival Film Jogja yang sistemnya di kumpulkan di komunitas-komunitas di 15 kota. Salah satunya di Kota Tegal dengan peminat yang juga banyak.

“Peminatnya sudah ada, pembuatnya sudah ada, ya tinggal sedikit lagi Kota Tegal bisa jadi seperti kota-kota lain dimana sinemanya berkembang,” ucap Wisnu.

Ia juga memberikan tips kepada sineas-sineas yang baru, agar jangan takut untuk berkarya, dan jangan terlalu banyak berpikir. Jika ada ide, dan keinginan agar langsung di eksekusi. Sebab menurutnya jika terlalu banyak berpikir nantinya tidak akan bergerak.

“Bagi sineas-sineas yang baru memulai, sebaiknya jangan terlalu banyak berfikir, ambil gambar saja, pengin bikin apa, bikin aja, pengin rekam, rekam saja, jangan terlalu banyak berfikir. Jika kita terlalu banyak berfikir, nantinya kita tidak bergerak. Makanya kalau ada ide apa, langsung eksekusi, nanti kita akan belajar dari hasil yang sudah kita buat, kita akan tahu dimana kekurangan kita, kalau kebanyakan mikir diawal tidak jalan-jalan,” pungkas Wisnu. (*)

Berita Lainnya

Ke Terminal Tegal, Wali Kota Bantu TBM dan Pedagang Asongan
Berita 14 Jun, 2017

Ke Terminal Tegal, Wali Kota Bantu TBM dan Pedagang Asongan

TEGAL-Wali Kota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan pedagang asongan di Terminal Kota Tegal sebelum ramp…

Literasi Mampu Selesaikan Masalah Bangsa
Berita 07 Sep, 2019

Literasi Mampu Selesaikan Masalah Bangsa

Makassar - Puncak acara Hari Aksara Internasional 2019 dengan Tema "Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat" Sabtu (7/9/2019) di gelar…

Melalui Pagelaran Budaya, Bawaslu Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019
Berita 05 Apr, 2019

Melalui Pagelaran Budaya, Bawaslu Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

TEGAL – Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilu 2019 yang digelar oleh Bawaslu Kota Tegal dirangkum dalam sebuah pagelaran budaya (wayang, teater,…

Jelang Penilaian Adipura, Pemkot Tegal Adakan Rakor
Berita 13 Mar, 2018

Jelang Penilaian Adipura, Pemkot Tegal Adakan Rakor

TEGAL-Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal menggelar rapat koordinasi dan Sosialisasi program Adipura, Selasa (13/3) di…

ASN Pemkot Tegal Pakai Baju Adat dan Gunakan Bahasa Tegal
Lokal 03 Jan, 2020

ASN Pemkot Tegal Pakai Baju Adat dan Gunakan Bahasa Tegal

TEGAL - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Tegal diwajibkan menggunakan pakaian adat dan bahasa Tegal setiap hari Kamis…

Penyuluh Agama Latih Managemen Masjid
Berita 22 Apr, 2019

Penyuluh Agama Latih Managemen Masjid

Tegal - Sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia, penyuluh agama melatih tentang managemen masjid. Pelatihan tersebut untuk pengurus masjid. Terutama…

Most from this category