Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam, Pemkot Tegal Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar Apel Kesiapsiagaan Satuan dalam rangka Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020 bersama TNI Polri di Pantai Alam Indah, Selasa (10/11).

Acara tersebut merupakan wujud kesiapsiagaan seluruh elemen, baik Pemerintah, TNI Polri dan masyarakat, dan upaya antisipasi datangnya musim penghujan tahun 2020-2021.

“Pada hari ini kita melaksanakan apel siaga bencana tingkat kota Tegal. dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen, baik Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat, sebagai langkah antisipasi datangnya musim penghujan tahun 2020-2021. Karena kita perlu mempersiapkan segala hal sebelum terjadi bencana alam di Kota Tegal. Hal ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam penanggulangan bencana di Kota Tegal,” ujar Wali Kota Tegal.

Dedy Yon dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Tegal merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang rentan terjadinya bencana banjir, air pasang dan angin kencang. Memasuki awal bulan November ini merupakan bulan pancaroba, dengan cuaca yang cukup ekstrim.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota menghimbau kepada seluruh elemen terkait di kota Tegal dan unsur TNI, Polri, dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana tersebut.

Ia juga menyampaikan Pemkot Tegal yang telah menyiapkan mobil untuk menyedot air dengan kapasitas 8.000 liter per menit dan mobil tersebut disiapkan untuk menyedot air jika terjadi genangan air di sebuah lokasi yang tidak langsung surut setelah hujan. Rencananya kedepan pihaknya akan melakukan penambahan mobil semacam dengan kapasitas yang lebih besar menjadi 16.000 liter per menit.

Di depan peserta Apel, yang terdiri dari BPBD Kota Tegal, unsur TNI Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan komponen masyarakat, Dedy Yon berharap, agar semua tim siap siaga tanggap bencana. Termasuk juga tim kesehatan. Ia menyinggung kesiapan dapur umum apabila memang dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy Yon juga memberikan apresiasi kepada jajaran tim reaksi cepat tanggap yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, DPU-PR, Disperkim, Dinkes, Dinas Sosial, Dishub, Pemadam Kebakaran, PLN, Camat dan Lurah serta rekan-rekan dari media massa.

“Sebelum mengakhiri sambutan pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran tim reaksi cepat tanggap yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, DPU-PR, Disperkim, Dinkes, Dinas Sosial, Dishub, Pemadam Kebakaran, PLN Camat dan Lurah serta rekan-rekan dari media massa,” ujar Dedy Yon.

Ia berpesan kepada seluruh tim penanggulangan bencana untuk selalu berkoordinasi dalam menangani setiap kejadian-kejadian kebencanaan di Kota Tegal dan meminta seluruhnya agar tetap siap siaga apabila terjadi bencana. (*)

Berita Lainnya

Presiden Jokowi : Hadapi Covid-19, Kesehatan dan Ekonomi Harus Seimbang
Berita 30 Jun, 2020

Presiden Jokowi : Hadapi Covid-19, Kesehatan dan Ekonomi Harus Seimbang

Tegal - Dalam arahanya kepada 35 Kepala Daerah Kabupaten /Kota di Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo menegaskan dalam menghadapi Pandemi…

GP Ansor Kota Tegal Gelar Khaul Gus Dur ke 10
Berita 29 Dec, 2019

GP Ansor Kota Tegal Gelar Khaul Gus Dur ke 10

Tegal - Khaul Gus Dur ke 10, sekaligus do'a bersama dan refleksi akhir tahun digelar oleh GP Ansor Kota Tegal…

Kampanye Damai Pilwalkot Tegal 2018 Dideklarasikan
Berita 18 Feb, 2018

Kampanye Damai Pilwalkot Tegal 2018 Dideklarasikan

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Minggu (18/2) bersama para Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal…

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar S.B Manurung Beri Arahan
Berita 20 Mar, 2018

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar S.B Manurung Beri Arahan

TEGAL-Komandan Lanal Tegal Letkol Mar S.B Manurung memberikan arahan Keluarga Besar Lanal Tegal dan TK Hang Tuah 16 Tegal, Selasa…

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi
Berita 05 Apr, 2018

Keluarga Tri Setyowati Maju ke Tingkat Provinsi

TEGAL - Adalah keluarga Tri Setyowati dan Suherman, salah satu keluarga di RT 6 RW 1 Keluarahan Tunon Kecamatan Tegal…

Tegal Bakal Selenggarakan Invofest 2018 : Event IT untuk Kaum Millenial
Berita 09 Oct, 2018

Tegal Bakal Selenggarakan Invofest 2018 : Event IT untuk Kaum Millenial

TEGAL - Dalam rangka mengembangkan potensi kaum millennial dalam bidang IT di wilayah Tegal pada khususnya dan di Indonesia pada…

Most from this category