Peringati HUT Ke-75 Korps Marinir, Dankormar Ziarah TMP Tegal

TEGAL – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Korps Marinir, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar. Suhartono, M.Tr.(Han) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Purakusuma Negara Kota Tegal, Senin (9/11).

Hadir dalam giat tersebut Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar. Ridwan Azis, Kapolres Tegal Kota, AKBP. Rita Wulandari Wibowo dan Komandan Kodim 0712 Tegal, Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar dan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi.
Mayjen Mar. Suhartono menyampaikan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke -75 Korps Marinir yang jatuh pada (15/11) mendatang, Korps Marinir melakukan beberapa kegiatan dalam rangkaian HUT Marinir, dan salah satunya adalah ziarah ke makam-makam para pahlawan, para pendahulu Korps Marinir.

Ia mejelaskan, pihaknya melaksanakan ziarah di TMP di Kota Tegal sebab Kota Tegal, merupakan cikal bakal berdirinya Korps Marinir, dimana di Tegal dulu merupakan tempat awal pembentukan Corp Armada (CA) IV Tegal, dimana di dalamnya ada Korps Marinir, dan masih dalam ejaan Belanda, Corps Mariniers (CM) CA IV Tegal.

“Memang kami dari Korps Marinir melakukan beberapa kegiatan dalam rangkaian HUT Marinir, dan salah satunya adalah ziarah ke makam-makam para pahlawan, para pendahulu Korps Marinir, dan di Tegal ini merupakan cikal bakal dari Korps Marinir karena di Tegal dulu ada CA IV Tegal, dimana didalamnya ada Korps Marinir, dan masih dalam ejaan Belanda Corps Mariniers CA IV Tegal,” tutur Suhartono.
Di TMP Purakusuma Negara Kota Tegal, terdapat 66 makam anggota Korps Marinir. Selain berziarah di TMP Purakusuma Kota Tegal, Dankormar akan melanjutkan ziarah di Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.

“Di samping di Kota Tegal, saya juga akan melaksanakan perjalanan kembali untuk melakukanziarah di daerah Pemalang, kemudian ke Pekalongan dan Kabupaten Batang,” jelas Dankormar.

Ia menyampaikan bahwa, makam pahlawan yang di singgahi merupakan makam yang selama ini secara rutin disinggahi dan di ziarahi menjelang peringatan HUT Korps Marinir.

Dalam kesempatan tersebut, Suhartono juga berpesan kepada seluruh anggota marinir dan masyarakat, agar mengingat pesan Bung Karno “Jas Merah”, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah, menurutnya apapun itu, Korps Marinir, selalu melacak jejak langkah sejarah yang selama ini ditinggalkan oleh para pendahulu, sesepuh kita.

“Mari kita bersama-sama mengingat kembali perjalanan sejarah Bangsa ini mulai dari merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan sampai saat ini, mengisi kemerdekaan, sehingga apapun yang kita lakukan untuk NKRI sesuai dengan bidang kita masing-masing,” pungkas Dankormar. (*)

Berita Lainnya

RSUD Kardinah Dapat Bantuan APD, Masker, Rapidtest Dan Thermo Gun
Berita 06 May, 2020

RSUD Kardinah Dapat Bantuan APD, Masker, Rapidtest Dan Thermo Gun

Tegal - Gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kota Tegal mendapatkan bantuan berupa 70 APD, 250 masker, 50 rapid test…

Pendidikan Bahasa Indonesia UPS Tegal Hadirkan Empat Pementasan Drama
Berita 03 Dec, 2017

Pendidikan Bahasa Indonesia UPS Tegal Hadirkan Empat Pementasan Drama

TEGAL – Nampak mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal sedang menyaksikan pementasan drama yang dihadirkan oleh kawan-kawannya di semester lima Program Studi…

Plt. Wali Kota : Pramuka Mencetak Calon Pemimpin
Berita 14 Aug, 2018

Plt. Wali Kota : Pramuka Mencetak Calon Pemimpin

Dalam sambutan Renungan Suci, Ulang janji dan Tasyakuran Hari Pramuka Ke-57, Senin (13/8) Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Tegal…

OPD Belajar Teknik Pembawa Acara dan Keprotokolan
Berita 29 Sep, 2020

OPD Belajar Teknik Pembawa Acara dan Keprotokolan

TEGAL - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, mendapatkan pelatihan keprotokolan yang diadakan oleh Bagian Protokol…

Pemkot Tegal Gelar Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja
Berita 03 May, 2017

Pemkot Tegal Gelar Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja

TEGAL-Tim teknis penyusunan analisis jabatan dan beban kerja mengikuti workshop Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Perangkat Daerah di…

Walikota Siap Hadir dan Buka Bahari Open Marching Band Competition 2017
Berita 25 Mar, 2017

Walikota Siap Hadir dan Buka Bahari Open Marching Band Competition 2017

Tegal – Dalam rangka lebih menyemarakan kegiatan Bahari Open Marching Band Competition 2017, segenap panitia yang dudk di kepengurusan PDBI…

Most from this category