Penguatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju

Tegal – Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2020 digelar oleh Perpustakaan Nasional RI dan didukung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal di Ruang Adipura Komplek Balai Kota Tegal. Senin (26/10).

Dengan tema ‘’Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat untuk mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Maju dihadiri oleh Penggiat Literasi, Bunda Baca, Pustakawan Kota Tegal.

Dalam pembukaan acara tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal, Herviyanto menyampaikan bahwa Perpustakaan Daerah Mr. Besar terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

‘’Kami menyampaikan bahwa kami bukanlah orang yang menyerah, manja terhadap situasi, perpustakaan daerah dalam hal ini melawan covid 19 dalam tugas dan funsi pada Dinas Arpusda. Terbukti kami mampu meraih prestasi baik tingkat nasional ataupun provinsi,’’ ujar Hervi.

Hervy menyampaian bahwa prestasi yang dicapai yakni diperoleh predikat akreditasi A untuk Perpustakaan.

‘’Bukan hanya itu saja, beberapa pecan lalu kami memperoleh Juara 3 Lomba Perpustakaan Kab/Kota Tingkat Jawa Tengah, dan 21 Oktober 2020 kami meraih penghargaan teringgi juara pertama Prasidatama Award melalui buku antologi Cerpen Karya SN Ratmana. Penghargaan tersebut bukan langkah akhir kami, melainkan ini langkah awal,’’ papar Hervi.

Selain itu, Hervi mengungkapkan bahwa pengembangan perpustakaan akan terus dilakukan seperti yang direncanakan akan adanya Mini Museum agar Tegal lebih kaya budaya serta tidak hanya berkutat pada buku saja, namun juga dengan media lain.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Ofy Sofiana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya meningkatkan pengetahun dan daya baca masyarakat.

‘’Ini merupakan salah satu aksi pemerintah yakni Perpusnas dalam mewujudkan 2020 – 2024 pembangunan SDM yang hakikatnya perilaku membaca budaya kolektif membaca, membaca merupakan transfer ilmu pengetahuan struktur pemikiran yang produktif untuk kemajuan masyarakat,’’ ujar Ofy.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kota Tegal Johardi mengungkapkan bahwa peningkatan pengembangan literasi di masyarakat harus dikembangkan.

‘’Kita bersemangat untuk memberikan sosialisasi kepada pemimpinan lembaga, untuk meningkatkan literasi di Kota Tegal seperti minat baca dan tulis,’’ ujar Johardi.

Dalam kegiatan tersebut selaku narsumber Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana dengan materi ‘’Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Penguatan Indeks Literasi untuk Mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Maju,’’, Narasumber 2 Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI H. Abdul Fikri, dan Narasumber 3 Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Jawa Tengah Adib Suharto serta Narasumber 4 Atmo Tan Sidik dengan materi Best Practice Menumbuhkan Budaya Baca dan Literasi Masyarakat.

 

 

Berita Lainnya

Pegawai KPPN Tegal dites Urine
Berita 26 Jan, 2017

Pegawai KPPN Tegal dites Urine

Tegal – Bukti nyata BNNK Tegal dalam menekan peredaran gelap narkoba di lingkungan masyarakat ataupun di kalangan pemerintah telah berjalan…

Calon Peserta KTI Dilatih Tuangkan Gagasan
Berita 03 Apr, 2017

Calon Peserta KTI Dilatih Tuangkan Gagasan

TEGAL-Perpustakaan Mr. Besar Martokoesumo bakal menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah. Selain sebagai event yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan…

KPU Sediakan 4 Titik Baliho Paslon Wali Kota Tegal
Berita 12 Mar, 2018

KPU Sediakan 4 Titik Baliho Paslon Wali Kota Tegal

TEGAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal telah menetapkan empat titik pemasangan baliho untuk kampanye para pasangan calon Wali Kota dan…

Batik Tegal Makin Diminati
Berita 02 Oct, 2018

Batik Tegal Makin Diminati

TEGAL - Dengan adanya batik Tegal, lambat laun mempengaruhi perputaran ekonomi bagi pengrajin batik di beberapa wilayah di Tegal, seperti…

TMMD Reguler Ke-105, Targetkan Pengerasan Jalan 2,37 Km
Berita 11 Jul, 2019

TMMD Reguler Ke-105, Targetkan Pengerasan Jalan 2,37 Km

Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-105 Kabupaten Tegal, menargetkan pengerasan jalan (makadam) sepanjang 2.370 meter dengan lebar 3…

Gerakan Stabilitas Pangan oleh Bulog
Berita 13 Jun, 2017

Gerakan Stabilitas Pangan oleh Bulog

TEGAL – Pelaksanaan kegiatan gerakan stabilitas pangan oleh Bulog terus dilaksankan, baik dalam rangka menjdaga stabilitas pangan yang diminta oleh…

Most from this category