Di Kelas Kreatif Tegal UMKM Bangkit, Jumadi Minta UMKM Bangun Branding

Di Kelas Kreatif Tegal UMKM Bangkit, Jumadi Minta UMKM Bangun Branding

TEGAL – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diminta untuk membangun branding produk unggulan mereka sehingga lebih laku di pasar.
Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., saat menjadi narasumber Kelas Kreatif Tegal UMKM Bangkit yang mengambil tema from Local to Global, Kamis (22/10) di Hotel Karlita Tegal.

Jumadi mencontohkan “Intip” yang terbuat dari nasi yang gosong apabila dibranding maka akan menambah nilai jual. Apabila ke mall besar maka akan ditemukan produk “rice crackers”. “Produk itu sebenarnya “Intip” yang dibranding,” kata Jumadi.

Jumadi menuturkan Warteg dari Kota Tegal yang sudah menjadi brand diharapkan dapat membangkitkan ekonomi kreatif Kota Tegal. Menurut Jumadi, WARTEG juga merupakan akronim dari Wish All Regions (country) Think & talk Export from TeGal. Dengan akronimi tersebut, diharapkan bisa menjadi New Hope atau harapan baru.

“Apa Itu, Wish All Regions (country) Think & talk Export from TeGal. Pemkot Tegal mendorong agar UMKM terus tumbuh. Saya berharap pemerintah pusat mendorong agar pelaku UMKM di Kota Tegal dapat mengekspor produknya. Apalagi produk UMKM seperti Wedang Uwuh yang di ekspor ke Jepang, Singapura hingga ke negara-negara Asia, termasuk sarung goyor khas Tegal,” jelas Jumadi.

Pada kesempatan tersebut Jumadi siap mempromosikan produkUMKM lokal. “Misalnya, dibuatkan space diruang kerja. Jadi apabila ada tamu yang datang bisa langsung mempromosikan produk UMKM Kota Tegal,” tuturnya.

Selain itu, Jumadi menceritakan, saat menjadi narasumber dalam pertemuan virtual usaha skala internasional membahas peningkatan perkembangan perekonomian dan pembangunan Kota Tegal, Jumadi memaparkan tentang WARTEG. Hasilnya pengusaha dari berbagai negara tertarik menjadi investor di Kota Tegal.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti, mengatakan Presiden Jokowi telah mengeluarkan kebijakan untuk membantu UMKM melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Tujuan gerakan itu, kata Yuana, pemerintah yakin bahwa pertumbuhan ekonomi harus tetap berjalan masa pandemi.

“Semua Kementerian turun membantu UMKM, salah satunya Kemenparekraf melalui Program Beli Kreatif Lokal karena UMKM menjadi tumpuan dimasa pandemi Covid-19,” ujar Yuana.

Pemerintah tidak membiarkan pelaku UMKM untuk berjuang sendiri. Yuana menuturkan, melalui kelas kreatif Tegal ini diharapkan mampu meningkatkan packaging, pemasaran dengan platform market place dan sebagainya.

Disinggung produk UMKM Kota Tegal, Yuana merasa bangga dan kagum. Sebab, Yuana baru mengetahui bahwa banyak produk UMKM Tegal yang dihasilkan dengan kualitas bagus.

Kepala OJK Tegal Ludy Arianto menambahkan, pemerintah terus berusaha untuk memajukan UMKM. Kondisi pandemi ini, Ludy meminta UMKM terus berproduksi dan berkarya.

Ludy menambahkan produk UMKM Tegal bagus dan murah karena membeli langsung di sumbernya. Untuk itu, kata Ludy, pihanya membuat platform untuk memperpendek rantai distribusi. OJK telah membuat platform umkmbangkit.id untuk pengembangan UMKM di Jawa Tengah.

“Platfom ini terkoneksi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di 35 Kab/Kota. Platfom ini (umkmbangkit.id) rumah digital untuk pelaku UMKM,” ungkap Ludy.

Sementara itu, kegiatan Kelas Kreatif Tegal UMKM Bangkit: from Local to Global diikuti sejumlah pelaku UMKM di Kota Bahari. (*)

Berita Lainnya

Jumadi : Era Teknologi Momentum Bagi Anak Untuk Lebih Maju.  
Berita 22 Jul, 2019

Jumadi : Era Teknologi Momentum Bagi Anak Untuk Lebih Maju.  

TEGAL- Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM mengatakan era teknologi seperti saat ini, banyak peluang dapat dimanfaatkan anak-anak untuk…

KONI Kota Tegal Targetkan Masuk 10 Besar Porprov 2018
Berita 17 Sep, 2018

KONI Kota Tegal Targetkan Masuk 10 Besar Porprov 2018

Komite Olah Raga Nasional (Koni) Kota Tegal Targetkan Kota Tegal masuk dalam peringkat 10 besar , pada perhelatan Pekan Olah…

Sarasehan Kebangsaan, Walikota Ajak Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama
Berita 27 Oct, 2019

Sarasehan Kebangsaan, Walikota Ajak Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Tegal menggelar Sarasehan Kebangsaan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Sabtu (26/10).  Sejumlah tokoh hadir pada…

Seluruh Fraksi DPRD Kota Tegal Setuju Pembahasan Penambahan Penyertaan Modal Untuk PT. Bank Jateng
Berita 05 Mar, 2020

Seluruh Fraksi DPRD Kota Tegal Setuju Pembahasan Penambahan Penyertaan Modal Untuk PT. Bank Jateng

Seluruh Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal setuju untuk melanjutkan pembahasan rencanan penambahan penyertaan modal Pemerintah Kota…

Pencanangan Pembangunan Zona Integrasi Adalah Langkah Preventif
Berita 05 Feb, 2020

Pencanangan Pembangunan Zona Integrasi Adalah Langkah Preventif

Tegal – Usai menandataangani Piagam Pencanangan Zona Integritas Menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) polres Tegal Kota bersama seluruh jajaran…

Sekar Mentari Terpilih Menjadi Mbak Duta Wisata Jawa Tengah Tahun 2017
Berita 27 Oct, 2017

Sekar Mentari Terpilih Menjadi Mbak Duta Wisata Jawa Tengah Tahun 2017

TEGAL - Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata (Duwis) Jawa Tengah 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata…

Most from this category