Jumadi : Ketenangan dan Kepastian Informasi Kesehatan Jadi Kunci Gerakan Sektor Ekonomi

TEGAL – Ketenangan dan kepastian kondisi kesehatan di sebuah daerah menjadi kunci menggerakkan sektor perekonomian daerah. Tanpa kepastian kondisi kesehatan, masyarakat akan selalu waswas dan khawatir dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Akibatnya masyarakat akan takut untuk pergi keluar rumah untuk melakukan aktivitas ekonomi yang bisa berdampak tersendatnya roda perekonomian.

Hal itu seperti yang diungkapkan Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., saat memimpin Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang membahas Perumusan Pasar On Line dalam Rangka Pemulihan Ekonomi di Masa New Normal, Rabu (26/8) di Ruang Rapat Lantai I Gedung Setda Kota Tegal.

Menurut Jumadi, peran pemerintah saat ini bersama TPID harus mampu memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga untuk melakukan kegiatan perekonomian. Selain itu, TPID juga harus mampu memastikan ketersediaan stok pada komoditas utama di masyarakat.

“Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan mencari keuntungan dengan menimbun komoditas yang dapat mengakibatkan inflasi. Karena itu, TPID harus mampu memastikan stok komoditas kebutuhan masyarakat aman, agar harga kebutuhan terkendali,” terangnya.

Selian itu, Jumadi meminta TPID agar selalu memantau agar jangan sampai ada pihak yang memainkan atau menaikan kebutuhan warga dengan harga seenaknya. “Bagaimana tugas kita bersama saat ini harus meyakinkan masyarakat bahwa Kota Tegal terkendali dari Covid-19 ,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Tegal Taufik Amrozy mengungkapkan bahwa selama masa Pandemi Covid-19 di Kota Tegal, harga komoditas utama bahan makanan masih relatif aman dan cenderung mengalami penurunan (deflasi) sebesar 0.05%. Hal itu lebih kepada akibat adanya ketakutan tentang penyebaran Covid-19, selain daya beli yang juga menurun. Ketidakpastian informasi tentang Covid-19, kata Taufik, membuat masyarakat enggan keluar rumah untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Karena itu pihaknya bersama pemerintah komitmen untuk memberikan kepastian berita tentang Covid-19 serta protokol kesehatan yang sudah disiplin diterapkan agar masyarakat yakin sehingga orang merasa nyaman beraktivitas.

Saat ini, ungkap Taufik, TPID tidak hanya memantau Inflasi, namun juga menahan laju deflasi agar tidak terlalu dalam. Dari data yang disampaikan TPID sendiri angka deflasi di Kota Tegal per Juli 2020 sebesar -0.05% (mtm) menurun signifikan dibandingkan inflasi bulanan Kota Tegal pada Juni 2020 yang tercatat 0.42% (mtm). Secara tahunan inflasi Kota Tegal pada Juli sebesar 1.44% (yoy) lebih rendah dibandingkan nasional sebesar 1.54 % (yoy) serta Jawa Tengah sebesar 2.08 %(yoy).

Karena itu, pihaknya bersama pemerintah akan menerapkan konsep digitalisasi UMKM. Harapannya dengan metode tersebut bisa mengangkat UMKM yang tadinya kecil menjadi besar agar bisa ditangkap oleh sektor keuangan.

“Karena selama ini sektor informal seperti UMKM telah terbukti paling tahan terhadap krisis. Oleh sebab itu digitalisasi UMKM melalui konsep pasar on line diharapkan mampu mempercepat gerak roda perekonomian,” jelas Taufik optimis. (*)

Berita Lainnya

Kemenag Kota Tegal Jamin Keamanan Koper Calon Jamaah Haji
Berita 17 Jul, 2018

Kemenag Kota Tegal Jamin Keamanan Koper Calon Jamaah Haji

TEGAL-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal menjamin keamanan 311 koper calon jamaah haji. Koper jamaah sudah ada identitas pemilik koper dengan…

Festival Of Light Dibuka, Ayo Nikmati Keindahan Kota Tegal Via Balon Udara
Berita 15 Dec, 2019

Festival Of Light Dibuka, Ayo Nikmati Keindahan Kota Tegal Via Balon Udara

Festival Of Light resmi dibuka Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE.,MM di objek wisata Pantai Alam Indah (PAI) Tegal, Sabtu…

Kelurahan Tidak Boleh Menolak Pelayanan Hanya Karena Belum Lunas PBB
Berita 08 Jan, 2018

Kelurahan Tidak Boleh Menolak Pelayanan Hanya Karena Belum Lunas PBB

Keterlambatan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Tidak Boleh dijadikan Alasan Untuk menolak pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini disampaikan Plt.…

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu  Pengendara Motor Tewas Terlindas
Berita 16 Jan, 2018

Sepeda Motor VS Bus Pariwisata, Satu Pengendara Motor Tewas Terlindas

TEGAL - Pengendara motor tewas terlindas Bus Pariwisata  di Jalan Jalingkut, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Selasa (16/01) sekitar pukul…

Kreativitas Lewat Skateboard
Berita 16 Feb, 2017

Kreativitas Lewat Skateboard

TEGAL – Berlokasi di alun-alun Kota Tegal beberapa pemuda asik berkumpul dengan skateboardnya Rabu (15/2) pagi. Terlihat pula mereka sedang beraksi…

Bolos Dihari Pertama, ASN Pemkot Tegal Bakal Kena Sanksi
Berita 03 Jul, 2017

Bolos Dihari Pertama, ASN Pemkot Tegal Bakal Kena Sanksi

TEGAL-Hai ini semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tegal harus masuk kerja dan memulai aktivitasnya seperti biasa. Tidak ada…

Most from this category