Pemkot Tegal Lakukan PKS dengan Direktorat Jenderal Pajak Secara Virtual

TEGAL- Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E. M.M melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI tentang Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah, Rabu (26/08) siang.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan serentak dengan 78 Pemerintah Daerah di Indonesia secara virtual. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengikuti Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Astera Primanto Bhakti selaku Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kerjasama ini dilakukan secara virtual semoga tidak mengurangi esensi apa yang dilakukan.

“Dampak Covid-19 berpengaruh terhadap global, sehingga menimbulkan kontraksi pertumbuhan yang negatif,  terjadi kebanyakan dari Pemda Provinsi di seluruh Indonesia, yang terbesar provinsi yang ada di Pulau Jawa dan Bali lebih dari 20 persen,” ujar Astera.

Pemda perlu memperkuat perpajakan daerah sebagai salah satu sumber PAD untuk meningkatkan kemandirian  dan melaksanakan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.

“Kita tahu saat ini porsi terbesar daripada APBD dari segi pendataan rata-rata secara nasional adalah bergantung dari transfer ke daerah. sementara besarnya PAD kalau kita lihat walaupun ini bervariasi secara nasional rata-rata porsinya untuk daerah-daerah atau provinsi ini baik, bisa kisaran 30-40 persen, kita lihat kabupaten kota rata-rata kisaran 13 persen.  Untuk itu kita perlu mendorong PAD daerah,” ujar Astera.

Sedangkan Suryo Utomo Direktur Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan  menyampaikan bahwa dengan adanya penandatanganan perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penerimaan pajak.

“Selain itu dengan penandatanganan kerja sama ini sejatinya adalah mendukung program pemberantasan korupsi, bagaimana kita dapat melakukan Peraturan Presiden No. 54  tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi. Kalau data semua elektronik, menggunakan identitas yang sama kita akan lebih mudah. Ini yang ketiga adalah kita dapat melakukan pengawasan bersama,” ujar Suryo Utomo.

Koordinator Wilayah 2 KPK Asep Rahmat Suwandha mengapresiasi kepada Dirjen Pajak, kami senang sekali dan bersukur ada kegiatan yang pnting ini.

“Ini langkah maju sejak 2019 khususnya untuk sektor optimlisasi pendapatan daerah. Kami mengapresiasi kegiatan ini, ini KPK mendorong pajak daerah dan pusat,” ujar Asep.

Dengan didampingi Sekretaris Daerah Dr. Drs. Johardi, M.M., Wali Kota Tegal menandatangani perjanjian kerjasama tersebut secara virtual. (*)

Berita Lainnya

Jalan Mulus dan Bebas Rob, Kini Bisa Dinikmati Warga Muaraanyar
Berita 19 Jan, 2017

Jalan Mulus dan Bebas Rob, Kini Bisa Dinikmati Warga Muaraanyar

Tegal – Rasanya bagaikan mimpi, siapa sangka dulu daerah Muaraanyar yang menjadi langganan banjir atau Rob yang biasa menggenangi jalan…

30 Anggota DPRD Kota Tegal Disumpah
Berita 21 Aug, 2019

30 Anggota DPRD Kota Tegal Disumpah

Sebanyak 30 Anggota DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, masa bakti 2019-2024 diambil sumpah/janji dalam rapat paripurna yang digelar di Pendopo…

Fasilitas Lengkap, Pulo Kodok Semakin Diminati Pengunjung
Berita 15 Mar, 2019

Fasilitas Lengkap, Pulo Kodok Semakin Diminati Pengunjung

Tegal - Pantai Martoloyo, Pulo Kodok, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, semakin diminati pengunjung luar daerah. Sehingga mereka tertarik untuk…

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang
Berita 31 May, 2017

Kepadatan Pemudik Diprediksi Berkurang

TEGAL-Kepadatan arus kendaraan pemudik jalur pantura (pantai utara) diprediksi bakal berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dikarenakan tol pejagan-pemalang…

Gandeng UKM Unggulan Kota Tegal
Berita 08 Apr, 2017

Gandeng UKM Unggulan Kota Tegal

TEGAL- Seusai pembukaan ritel  yang menawarkan konsep 4 in 1 (Bebelanja, Bersantap, Bermain, dan Menonton), Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti…

Kesbangpol Gelar Diskusi Peningkatan Toleransi Umat Beragama
Berita 13 Dec, 2017

Kesbangpol Gelar Diskusi Peningkatan Toleransi Umat Beragama

TEGAL-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tegal gelar diskusi peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama, Rabu (13/12) di aula…

Most from this category