Kemerdekaan Indonesia Diraih Dengan Perjuangan Tak Kenal Lelah Para Pahlawan

Tegal – Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M, menyampaikan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia patut kita syukuri, sebab keberhasilan kemerdekaan Indonesia ini diwujudkan melalui perjuangan yang tidak mengenal lelah dari para pendahulu kita, dengan berbekal tekad satu tujuan yakni Indonesia merdeka dari belenggu penjajahan, dan atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kemerdekaan Indonesia ini dapat kita rasakan.

Hal itu disampaikan pada malam tasyakuran peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu (16/8/2020) malam di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balaikota Tegal.

“Alhamdulillah besok (Senin, 17 Agustus 2020) kita akan melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan ke – 75, walaupun kita menyelenggarakannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. sebab kita belum bebas dari belenggu bahaya corona,” ucap Walikota mengawali sambutan.

Walikota juga menambahkan untuk agenda rutin tahunan berupa karnaval, pawai, termasuk lomba dan pentas seni untuk sementara tahun ini ditiadakan untuk mencegah penyebaran covid-19, meski digelar dengan lebih sederhana dan minimalis, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Tegal ini tetap harus khusyuk dengan menjaga semangat dan kreativitas masyarakat.

“Kini kita tinggal mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan derap pembangunan. Proklamasi kemerdekaan yang merupakan tonggak perjuangan sebagai bangsa yang merdeka, sekaligus menjadi energi yang luar biasa bagi pembangunan bangsa,” tambah Walikota.

Sementara itu DR (HC) Muhadi Setiabudi dalam tausiahnya menyampaikan bahwa dari sisi caranya, bersyukur meliputi tiga aspek, yaitu hati, lisan, dan perbuatan. Bersyukur dengan hati dilakukan dengan cara mengakui dan menyadari sepenuhnya bahwa segalanikmat yang diperoleh berasal dari Allah Swt.

Bersyukur dengan lisan dilakukan dengan cara mengungkapkan secara lisan rasa syukur itu dengan mengucapkan tahmid, yaitu“alhamdulillah”, sedangkan bersyukur dengan perbuatan adalah dengan cara melakukansemua perbuatan yang baik dan diridloi Allah SWT.

Hikmah dan manfaat yang kita dapatkan dari sikap bersyukur dan ketulusan beribadah di antaranya mendapatkan keberkahan dari setiap rizki yang kita terima, sebagaimana janji-Nya dalamfirman-Nya; “… jika kalian bersyukur, niscaya akan Kami tambah nikmat baginya, dan jikakalian kufur (mengingkari nikmat-Ku) maka sesungguhnya siksa-Ku itu teramat pedih” (Q.S.Ibrahim/14:7).

Di akhir taushiahnya Muhadi menagatakan bahwa Bangsa Indonesia harus menjadi negara yang hebat dan disegani oleh bangsa lain, dan bisa bersaing dan sejajar dengan bangsa yang maju di dunia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM, Sekretaris Daerah Kota Tegal, DR.Drs. Johardi, M.M Jajaran forkopimda dan tamu undangan.

Berita Lainnya

PMI Kota Tegal Kukuhkan Anggota PMR Wira dan Madya
Berita 12 Dec, 2018

PMI Kota Tegal Kukuhkan Anggota PMR Wira dan Madya

TEGAL-PMI Kota Tegal mengukuhkan Relawan Muda Palang Merah Remaja (PMR) Wira dan Madya pada Apel Hari Relawan Internasional dan Hari…

Menyambut Hari Armada RI, Lanal Tegal Ajak Mahasiswa Mencintai NKRI
Berita 29 Nov, 2018

Menyambut Hari Armada RI, Lanal Tegal Ajak Mahasiswa Mencintai NKRI

TEGAL - Dalam rangka menyambut Hari Armada RI, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bekerjasama dengan Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan…

PHB Fasilitiasi Kelas Internasional
Berita 16 Oct, 2018

PHB Fasilitiasi Kelas Internasional

Tegal - Sebagai upaya untuk bersaing secara global, dan tantangan Era Revolusi Industri 4.0, PHB telah mengimplementasikan visi menjadi Politeknik…

Lindungi Pekerja Dengan BPJS Ketenagakerjaan.
Berita 02 Apr, 2018

Lindungi Pekerja Dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Tegal - Pjs Walikota Tegal Drs.  Achmad Rofai, M.Si secara resmi membuka sosialisasi pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaksana sektor…

Brandal Mas Cilik Mentas Di TMII
Berita 22 Jul, 2018

Brandal Mas Cilik Mentas Di TMII

Lakon Brandal Mas Cilik mentas di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Lakon yang mengisahkan tentang sosok kepahlawanan…

Buku Karya Wijanarto, “Gejolak Revolusi di Tegal 1945-1949” Diuji Petik
Berita 10 Jan, 2019

Buku Karya Wijanarto, “Gejolak Revolusi di Tegal 1945-1949” Diuji Petik

Brebes – Buku Gejolak Revolusi Di Tegal 1945 – 1949 karya Wijanarto yang telah di Uji Petik oleh pakar sejarah,…

Most from this category