Warga Slerok Buat Monster Dari Kantong Kresek

Sejumlah Warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal membuat patung seekor kera raksasa dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Patung yang diberi nama Monster Kresek berdiri di gapura Jalan Nakula.

Ketua RT 02 Santoso mengatakan, dirinya bersama ketua RW mencanangkan kampanye mengurangi sampah dari kantong kresek dengan membuat monster kresek. Sampah kantong kresek dari warga.

Dia mengaku selama dua minggu berkeliling, dari rumah ke rumah hingga terkumpul 5 kuintal kantong kresek atau 500 kilogram. “Kita door to door, ke rumah warga ngumpulin kantong kresek sampai mereka kehabisan,” kata Santoso.

Santoso menceritakan, awal mulanya akan membuat model virus corona. Akan tetapi dikhawatirkan akan menakuti warga sehingga mereka tambah stres. Selain itu Kota Tegal sudah zona hijau.

Untuk itu, pihaknya memutuskan untuk membuat patung Hanoman yang bermetamorfosis menjadi hitam pekat akhibat pencemaran yang disebut Monster Kresek. “Kantong kresek tidak bisa terurai, apalagi menumpuk disungai, laut pun sudah tercemar,” ujar Santoso.

Ketua RW 06 Kelurahan Slerok, Dwidjo Prasetyo mengatakan patung Monster Kresek memiliki pesan, yakni pesan moral dan edukasi. Pesan moral agar warga kami bisa selalu hidup bersih. Sedangkan edukasinya terkait bahaya kantong kresek. Sampah kresek bisa menakutkan kalau dibuang sembarangan.

“Kita melihat bukan sekarang, tetapi anak cucu kita nanti. Kalau kantong kresek dipakai terus dan dibuang sembarangan begitu saja, mencemari lingkungan, bagaimana nasib anak cucu kita nanti,” imbuh Dwijo.

Lurah Slerok Untung Sugiarto sangat mendukung ide patung Monster Kresek sebab sampah terutama plastik masalah lingkungan. Sampah plastik kalau dibuang, butuh waktu untuk mengurai sampai puluhan tahun.

“Kita sangat mendukung apa yang digagas masyarakat, agar mereka sadar untuk mengurangi sampah plastik,” pungkas Lurah Slerok.

Berita Lainnya

Para Sastrawan Adakan Diskusi Sastra Antologi Negeri Poci 7
Berita 25 Mar, 2017

Para Sastrawan Adakan Diskusi Sastra Antologi Negeri Poci 7

TEGAL – Terlihat di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Tegal, terselenggara kegiatan Diskusi Sastra Antologi dari Negeri Poci 7 ‘’Negeri…

Siswa SMA Negeri 1 Tegal Gelar Manten di Sekolah
Berita 15 Mar, 2017

Siswa SMA Negeri 1 Tegal Gelar Manten di Sekolah

TEGAL – Gelar Manten yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Tegal bukanlah sebuah Manten sungguhan, namun para siswa kelas…

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf
Berita 10 Oct, 2017

Jelang Pembukaan MTQ, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf

TEGAL-Jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Tegal, ratusan peserta dari berbagai tingkatan sekolah di Kota Tegal ikuti pawai…

Pawai Ta’aruf dan Apel Akbar Meriahkan Pembukaan Fortasi 2018
Berita 17 Jul, 2018

Pawai Ta’aruf dan Apel Akbar Meriahkan Pembukaan Fortasi 2018

TEGAL-Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Tegal mengadakan Apel Akbar Pembukaan Fortasi 2018 IPM Kota Tegal dan Pawai Ta’aruf dalam…

Prajurit Lanal Tegal Ikuti Latihan Menembak
Berita 17 Oct, 2018

Prajurit Lanal Tegal Ikuti Latihan Menembak

TEGAL-Guna menunjang kesiapsiagaan Satuan, puluhan Prajurit Lanal (Pangkalan Tni-AL) Tegal, melaksanakan latihan menembak di Lapangan Mako Yonif 407/Padma Kusuma Desa…

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya
Berita 09 Jul, 2018

Tim Verifikasi Calon Peserta Didik Baru di SMA 1 Tegal yang Menggunakan SKTM Rampung, Ini Hasilnya

TEGAL-Tim Verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Tegal selah memverifikasi 26 calon peserta didik yang mendaftar dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak…

Most from this category